Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ALFIAH, 7350406583 ANALISIS MANAJEMEN PERSEDIAAN BAHAN BAKU DAN BAHAN PENOLONG DENGAN METODE ECONOMICAL ORDER QUANTITY (EOQ) PADA PT. SUKOREJO INDAH TEXTILE.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ALFIAH, 7350406583 ANALISIS MANAJEMEN PERSEDIAAN BAHAN BAKU DAN BAHAN PENOLONG DENGAN METODE ECONOMICAL ORDER QUANTITY (EOQ) PADA PT. SUKOREJO INDAH TEXTILE."— Transcript presentasi:

1 ALFIAH, ANALISIS MANAJEMEN PERSEDIAAN BAHAN BAKU DAN BAHAN PENOLONG DENGAN METODE ECONOMICAL ORDER QUANTITY (EOQ) PADA PT. SUKOREJO INDAH TEXTILE BATANG.

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : ALFIAH - NIM : PRODI : Manajemen (Manajemen Keuangan) - JURUSAN : Manajemen - FAKULTAS : Ekonomi - alfiah6583 pada domain yahoo.co.id - PEMBIMBING 1 : Dr. H. Achmad Slamet, M.Si - PEMBIMBING 2 : Arief Yulianto, SE. MM. - TGL UJIAN :

3 Judul ANALISIS MANAJEMEN PERSEDIAAN BAHAN BAKU DAN BAHAN PENOLONG DENGAN METODE ECONOMICAL ORDER QUANTITY (EOQ) PADA PT. SUKOREJO INDAH TEXTILE BATANG.

4 Abstrak Penentuan kuantitas persediaan bahan baku dan bahan penolong yang optimal merupakan hal yang sangat penting dalam proses produksi perusahaan. Kuantitas persediaan bahan baku dan bahan penolong yang terlalu besar akan berakibat pada besarnya biaya penyimpanan dan merupakan pemborosan. Hasil observasi awal di PT. Sukorejo Indah Textile Batang diperoleh data bahwa perusahaan selalu membeli bahan baku dan bahan penolong dalam jumlah yang besar. Kebijakan ini mengakibatkan besarnya persediaan bahan baku dan bahan penolong yang menumpuk di gudang sehingga biaya total persediaan bahan baku dan bahan penolong sangat besar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah belum optimalnya persediaan bahan baku dan bahan penolong pada PT. Sukorejo Indah Textile Batang sehingga biaya total persediaan yang dikeluarkan perusahaan menjadi besar. Untuk mendiskripsikan dan menganalisis persediaan yang optimal dan meminimumkan biaya total persediaan bahan baku dan bahan penolong maka dilakukan penelitian kualitatif ekstrapolasi (deskriptif) dengan menggunakan metode Economical Order Quantity (EOQ). Objek penelitian ini adalah jumlah persediaan bahan baku dan bahan penolong pada PT. Sukorejo Indah Textile Batang. Bahan baku dalam penelitian ini adalah benang lusi dan benang pakan. Sedangkan bahan penolong meliputi kimia celup, kimia kanji, dan kimia finishing. Hasil penelitian diperoleh pembelian benang lusi yang optimal pada tahun 2009 sebesar bale dan pada tahun 2010 sebesar bale. Pembelian benang pakan pada tahun 2009 adalah bale dan tahun 2010 sebesar bale. Pembelian bahan kimia celup, kimia kanji dan kimia finishing pada tahun 2009 masing-masing sebesar kg, kg, dan kg. Secara finansial, perusahaan dapat melakukan penghematan biaya total persediaan hingga Rp ,00. Simpulan dari penelitian ini yaitu penentuan kuantitas persediaan bahan baku dan bahan penolong dengan metode EOQ lebih efisien dibandingkan dengan kebijakan perusahaan. Persediaan yang optimal dan penghematan biaya total persediaan dapat diperoleh dengan metode EOQ sehingga perusahaan dapat memperoleh keuntungan yang maksimal. Saran yang berkaitan dengan penelitian ini adalah perusahaan sebaiknya mengadakan evaluasi terhadap kebijakan yang diterapkan dan menerapkan metode EOQ dalam pengelolaan persediaan bahan baku dan bahan penolong untuk memperoleh keuntungan yang maksimal.

5 Kata Kunci Persediaan Bahan Baku, Persediaan Bahan Penolong, Economical Order Quantity (EOQ)

6 Referensi Arikunto, Suharsimi Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta. Assauri, Sofjan Manajemen Produksi dan Operasi. Jakarta: BPFE UI. Baroto, Teguh Perencanaan dan Pengendalian Produksi. Jakarta: Ghalia Indonesia Buffa, Elwood S Manajemen Produksi/Operasi Jilid 1. Jakarta: Erlangga. Gitosudarmo, Indriyo dan Hasan Manajemen Keuangan Edisi 4. Yogyakarta: BPFE. Handoko, T Hani Manajemen Produksi dan Operasi. Yogyakarta: BPFE. Hasan, M. Iqbal Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Jakarta: Ghalia Indonesia. Heizer, Jay dan Barry Operation Management. Jakarta: Salemba Empat. Henmaidi dan Suci “Analisis Kinerja Manajemen Persediaan pada PT. United Tractors Tbk Cabang Padang”. Jurnal: FT Universitas Andalas. Horne, James C. Van and Wachowicz, JR.,John M Fundamentals of Financial Management. Jakarta: Salemba Empat. Prawirosentono, Sujadi Manajemen Produksi dan Operasi. Jakarta: Bumi Aksara. Riyanto, Bambang Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan. Yogyakarta: BPFE. Sartono, Agus Manajemen Keuangan Edisi 3. Yogyakarta: BPFE Slamet, Achmad Penganggaran Perencanaan dan Pengendalian Usaha. Semarang: UPT UNNES Press. Sumayang, Lalu Dasar-dasar Manajemen Produksi dan Operasi. Jakarta: Salemba Empat. Susanto, Tedy dan Sarwadi “Optimasi Produksi dan Pengendalian Bahan Baku Studi Kasus pada PT. Joshua Indo Export”. Jurnal: FMIPA UNDIP.

7 Terima Kasih


Download ppt "ALFIAH, 7350406583 ANALISIS MANAJEMEN PERSEDIAAN BAHAN BAKU DAN BAHAN PENOLONG DENGAN METODE ECONOMICAL ORDER QUANTITY (EOQ) PADA PT. SUKOREJO INDAH TEXTILE."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google