Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

LISTYA PUJI RAHAYU, 7350406602 PENGARUH MODAL SENDIRI DAN MODAL PINJAMAN TERHADAP PEROLEHAN SISA HASIL USAHA (SHU) PADA KOPERASI PEGAWAI REPUBLIK INDONESIA.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "LISTYA PUJI RAHAYU, 7350406602 PENGARUH MODAL SENDIRI DAN MODAL PINJAMAN TERHADAP PEROLEHAN SISA HASIL USAHA (SHU) PADA KOPERASI PEGAWAI REPUBLIK INDONESIA."— Transcript presentasi:

1 LISTYA PUJI RAHAYU, PENGARUH MODAL SENDIRI DAN MODAL PINJAMAN TERHADAP PEROLEHAN SISA HASIL USAHA (SHU) PADA KOPERASI PEGAWAI REPUBLIK INDONESIA (KPRI) DI KABUPATEN PATI.

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : LISTYA PUJI RAHAYU - NIM : PRODI : Manajemen (Manajemen Keuangan) - JURUSAN : Manajemen - FAKULTAS : Ekonomi - Listy_lophely87 pada domain yahoo.co.id - PEMBIMBING 1 : Dra. Murwatiningsih, MM. - PEMBIMBING 2 : Moh. Khoiruddin, SE. M.Si. - TGL UJIAN :

3 Judul PENGARUH MODAL SENDIRI DAN MODAL PINJAMAN TERHADAP PEROLEHAN SISA HASIL USAHA (SHU) PADA KOPERASI PEGAWAI REPUBLIK INDONESIA (KPRI) DI KABUPATEN PATI.

4 Abstrak KPRI adalah salah satu jenis koperasi yang terdapat di kota Pati. Dalam menjalankan usahanya koperasi tersebut bertujuan untuk mendapatkan perolehan SHU. Permasalahan penelitian ini adalah apakah ada pengaruh modal sendiri dan nmodal pinjaman terhadap perolehan SHU pada KPRI di Kabupaten Pati baik secara parsial maupun simultan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh modal sendiri dan modal pinjaman terhadap perolehan SHU pada KPRI di Kabupaten Pati. Populasi penelitian ini adalah Laporan Keuangan KPRI yang berada di Kabupaten Pati sebanyak 37. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode teknik sensus sehingga diperoleh semua Laporan Keuangan KPRI yang berjumlah 37 koperasi. Ada tiga variabel yang dikaji dalam penelitian ini yaitu perolehan SHU, modal sendiri dan modal pinjaman. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda dengan pengujian hipotesis uji parsial (t) dan uji simultan (F) serta koefisien determinasi (R2 dan r2). Analisis regresi data menunjukkan persamaan regresi sebagai berikut: Y = 2,255E8 + 0,268 X1 + 0,196 X2 + ei. F sebesar 12,091 menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara modal sendiri, dan modal pinjaman terhadap perolehan SHU. thitung untuk modal sendiri (X1) sebesar 3,320, dan thitung untuk modal pinjaman (X2) sebesar 2,156 menunjukkan bawa modal sendiri dan modal pinjaman berpengaruh signifikan terhadap perolehan SHU. Koefisien determinasi (R2) 38,1% perolehan SHU pada KPRI di Kabupaten Pati dipengaruhi oleh modal sendiri dan modal pinjaman sedangkan sisanya 61,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang berada di luar variabel yang diteliti dalam penelitian ini. Koefisien determinasi (r2) kontribusi modal sendiri sebesar 24,50% sedangkan kontribusi modal pinjaman sebesar 12,04%. Simpulan penelitian ini adalah ada pengaruh yang positif antara modal sendiri dan modal pinjaman terhadap perolehan SHU pada KPRI di Kabupaten Pati baik secara parsial maupun simultan. Modal sendiri merupakan variabel yang paling berpengaruh terhadap perolehan SHU pada KPRI di Kabupaten Pati dibanding dengan modal pinjamannya. Berkaitan dengan modal sendiri hendaknya berusaha mengajak para anggotanya untuk menaikkan besarnya simpanan pokok dan simpanan wajib, sehingga dapat meningkatkan jumlah modal sendiri di koperasi tersebut. Berkaitan dengan modal pinjaman hendaknya perlu adanya pembinaan dalam modal pinjaman sehingga dapat digunakan untuk pengembangan usaha secara efisien dan efektif untuk memperoleh SHU yang maksimal.

5 Kata Kunci SHU, Modal Sendiri, Modal Pinjaman

6 Referensi Algifari Analisis Regresi: Teori, Kasus dan Solusi, Yogyakarta: BPFE Arikunto, Suharsimi Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Edisi Revisi Kelima, Jakarta: Rineka Cipta Amalia, Tri Pengaruh Efektifitas Pengendalian Biaya dan Tingkat Perputaran Modal Kerja terhadap Rentabilitas pada Koperasi Serba Usaha (KSU) di Kabupaten Tegal. UNNES Deelchand, Tara The Relationship Between Risk, Capital and Efficiency.Inggris: University of Reading. Ghozali, Imam Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro Gilarso,T Pengelolaan Koperasi, Yogyakarta: Kanisius. Gitosudarmo, Indriyo Manajemen Keuangan. Yogyakarta: BPFE. Gujarati, D Ekonometrika Dasar. Jakarta: Erlangga. Hadiwidjaja Modal Koperasi, Bandung: CV. Pionir Jaya. Hendrojogi Asas-asas Teori dan Praktek. Jakarta: PT. Raja Grafindo Peersada. Kartasapoetra G, dkk Koperasi Indonesia yang Berdasarkan Pancasila dan UUD1945. Jakarta: Rineka Cipta. Munawir Analisa Laporan Keuangan, Yogyakarta: Liberty. Riyanto, Bambang Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan, Yogyakarta: BPFE. Rustriati, Nisa Bequimaniar Analisis Modal Sendiri Pengaruhnya terhadap Tingkat Perolehan Sisa Hasil Usaha (SHU) pada Primkopad Kupus II di TKUAD Kota Bandung. Bandung: Universitas Komputer Indonesia. Santoso, Singgih Buku Latihan SPSS Statistik Parametik. Jakarta: PT Elex Media Komputindo. Saputro, Ilham Hendy Pengaruh Modal, Pelayanan dan Partisipasi Anggota terhadap SHU KPRI di Kabupaten Brebes. UNNES. Sartono, R. Agus Manajemen Keuangan (Teori dan Aplikasi) Edisi kedua. Yogyakarta: BPFE. Setiyono, Aji Pengaruh Modal Sendiri, Modal Asing, dan Volume Usaha terhadap Sisa Hasil Usaha (SHU) pada KUD Kebumen. UNNES. Sitio dan Tamba Koperasi Teori dan Praktik. Jakarta: Erlangga. Soemarso S.R Akuntansi Suatu Pengantar. Jakarta: Salemba Empat. Sudjana Metode Statistika. Edisi 6. Bandung: Tarsito. Sugiyono Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta. Sukamdiyo, Ign Manajemen Koperasi. Semarang: Erlangga. Suryaningrum, Lubuk Novi Pengaruh Modal Sendiri terhadap Perolehan Sisa Hasil Usaha (SHU) pada KPRI di Kota Semarang. UNNES. Syafrizalhelmi.blogspot.com Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 tahun 1992, tentang Perkoperasian, Cetakan Pertama, Semarang: Aneka Ilmu. Wasis Pembelanjaan Perusahaan, Salatiga:UKSW Widiyanti, Ninik Koperasi dan Perekonomian Indonesia, Jakarta: PT Rineka Cipta. Zhao, Li Multi Stakeholder Cooperative and Their Capital Base: Evidence from China. Istanbul:Catholic University of Leuvan.

7 Terima Kasih


Download ppt "LISTYA PUJI RAHAYU, 7350406602 PENGARUH MODAL SENDIRI DAN MODAL PINJAMAN TERHADAP PEROLEHAN SISA HASIL USAHA (SHU) PADA KOPERASI PEGAWAI REPUBLIK INDONESIA."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google