Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

FARIH RAHMAN HAKIM, 3351402561 ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP RASIO PEMBAYARAN DEVIDEN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG MEMBAGIKAN DEVIDEN.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "FARIH RAHMAN HAKIM, 3351402561 ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP RASIO PEMBAYARAN DEVIDEN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG MEMBAGIKAN DEVIDEN."— Transcript presentasi:

1 FARIH RAHMAN HAKIM, ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP RASIO PEMBAYARAN DEVIDEN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG MEMBAGIKAN DEVIDEN DAN TERDAFTAR DI BEJ TAHUN

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : FARIH RAHMAN HAKIM - NIM : PRODI : Akuntansi - JURUSAN : Akuntansi - FAKULTAS : Ekonomi - farikh_mranggen pada domain yahoo.co.id - PEMBIMBING 1 : - PEMBIMBING 2 : - TGL UJIAN :

3 Judul ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP RASIO PEMBAYARAN DEVIDEN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG MEMBAGIKAN DEVIDEN DAN TERDAFTAR DI BEJ TAHUN

4 Abstrak Kebijakan deviden bersangkutan dengan penentuan pembagian pendapatan antara penggunaan pendapatan untuk dibayarkan kepada para pemegang saham sebagai deviden atau untuk digunakan di dalam perusahaan. Terdapat beberapa kontroversi tentang penentuan besarnya deviden yang dibayarkan. Pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEJ di tahun 2002 diperoleh fakta bahwa banyak perusahaan yang tidak membagikan deviden pada tahun tersebut. Sedangkan rasio deviden yang dibagikan pada tahun tersebut sangat bervariatif sekali. Berasal dari fenomena dan kontroversi teori yang diungkapkan diatas maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang kebijakan deviden. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana cash position, profitability, firm size, debt to equity ratio dan devidend payout ratio pada perusahaan manufaktur yang membagikan deviden dan terdaftar di BEJ tahun ?. (2) Bagaimana pengaruh cash position, profitability, firm size dan debt to equity ratio secara simultan terhadap devidend payout ratio pada perusahaan manufaktur yang membagikan deviden dan terdaftar di BEJ tahun ?. (3)Bagaimana pengaruh cash position, profitability, firm size dan debt to equity ratio secara parsial terhadap devidend payout ratio pada perusahaan manufaktur yang membagikan deviden dan terdaftar di BEJ tahun ?. Penelitian ini merupakan penelitian populasi dengan populasi perusahaan manufaktur yang membagikan deviden dan terdaftar di BEJ tahun berjumlah 30 perusahaan. Adapun variabel dependen dari penelitian ini adalah dividend payout ratio dan variabel independent dalam penelitian ini adalah cash position, profitability, firm size dan debt equity ratio. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel cash posisition, profitability, firm size dan debt to equity ratio secara simultan berpengaruh signifikan terhadap variabel devidend payout ratio. Secara parsial variabel cash posisition dan profitability berpengaruh secara signifikan terhadap variabel devidend payout ratio. Sedangkan variabel firm size dan debt to equity ratio tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel devidend payout ratio. Secara bersama-sama variabel cash posisition, profitability, firm size dan debt to equity ratio memberikan sumbangan 21,8% dalam menjelaskan dividend payout ratio, sedangkan sisanya sebesar 78,2% dijelaskan oleh faktor-faktor lain diluar model. Dari hasil tersebut maka manajemen dapat memperhatikan faktor cash posisition, profitability, firm size dan debt to equity ratio sebagai prediksi untuk menentukan kebijakan deviden.

5 Kata Kunci cash position, profitability, firm size, debt to equity ratio, dividend payout ratio.

6 Referensi Algifari Analisis Regresi Teori, Kasus dan Solusi. Yogyakarta:BPFE Ang, Robert Buku Pintar: Pasar Modal Indonesia. Mediesoft Indonesia Arikunto, Suharsimi Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta Bringham dan Houston Manajemen Keuangan,Buku II. Jakarta: Erlangga C. Erna Susilawati 'Dampak Faktor-faktor Keagenan dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Biaya Transaksi Terhadap Rasio Pembayaran Deviden'. Jurnal Siasat Bisnis. Vol,2.No.5, Maret. Hal ECIFN Indonesian Capital Market Directory. Jakarta : The Jakarta Stock Exchange Gitosudarmo, Indriyo Manajemen Keuangan. Yogyakarta: BPFE Ghozali, Imam Aplikasi Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Uneversitas Diponegoro Horne James C Van dan John M. Wachowich Prinsip-Prinsip Manajemen Keuangan. Jakarta: Salemba Empat Husnan, Suad Manajemen Keuangan. Yogyakarta: BPFE Hanafi M. Mamduh Manajemen Keuangan. Yogyakarta: BPFE Riyanto, Bambang Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan. Yogyakarta: BPFE Munawir Analisis Laporan Keuangan. Bandung: Transito Mutamimah, Sulistyo 'Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Deviden Per Share Perusahaan-Perusahaan yang Go Public Di Bursa Efek Jakarta'. Ekobis Vol.1. No.3. September 2000 : Sudarsi, Sri 'Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Devident Payout Ratio pada Industri Perbankan yang Listed Di Bursa Efek Jakarta (BEJ)'. Jurnal Bisnis dan Ekonomi. Vol.9, No.1, Maret. Hal Sunarto dan Andi Kartika ‘Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Dividen Kas di Bursa Efek Jakarta’. Jurnal Bisnis dan Ekonomi. Vol.10, No.1, Maret. Hal Wasis Pembelanjaan Perusahaan. Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana Yuniningsih 'Interpendensi Antara Kebijakan Devidend Payout Ratio, Financial Leverage, dan Investasi pada Perusahaan Manufaktur yang Listed di Bursa Efek Jakarta’. Jurnal Bisnis dan Ekonomi, Vol.9,No.2, September: Hal

7 Terima Kasih


Download ppt "FARIH RAHMAN HAKIM, 3351402561 ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP RASIO PEMBAYARAN DEVIDEN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG MEMBAGIKAN DEVIDEN."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google