Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Bioinformatika. Contents informasi dan panduan mengenai bioinformatika aplikasinya di berbagai bidang, seperti kedokteran, farmasi, dan lain-lain. Ilmu.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Bioinformatika. Contents informasi dan panduan mengenai bioinformatika aplikasinya di berbagai bidang, seperti kedokteran, farmasi, dan lain-lain. Ilmu."— Transcript presentasi:

1 Bioinformatika

2 Contents informasi dan panduan mengenai bioinformatika aplikasinya di berbagai bidang, seperti kedokteran, farmasi, dan lain-lain. Ilmu biologi dan Teknologi Informasi

3 Asal Kata Bioinformatika adalah disiplin ilmu yang merupakan perpaduan dari (i) ilmu biologi molekuler, (ii) ilmu komputasional: (iii) teknologi informasi yang bertujuan untuk memecahkan problema yang terdapat di biologi molekuler.

4 Definisi Bioinformatika (bioinformatics) adalah ilmu yang mempelajari penerapan teknik komputasional untuk mengelola dan menganalisis informasi biologis.komputasionalbiologis Bidang ini mencakup penerapan metode-metode matematika, statistika, informatika, fisika, biologi, dan ilmu kedokteran untuk memecahkan masalah-masalah biologis, terutama dengan menggunakan sekuens DNA dan asam amino serta informasi yang berkaitan dengannya.DNAasam amino Contoh topik utama bidang ini meliputi basis data untuk mengelola informasi biologis, penyejajaran sekuens (sequence alignment), prediksi struktur untuk meramalkan bentuk struktur protein maupun struktur sekunder RNA, analisis filogenetik, dan analisis ekspresi gen.basis dataproteinRNAfilogenetik gen

5 Dasar berpikir bahwa semua gejala yang ada di alam ini bisa dibuat secara artificial melalui simulasi dari gejala-gejala tersebut. Untuk mewujudkan hal ini diperlukan data- data yang yang menjadi kunci penentu tindak-tanduk gejala alam tersebut, yaitu gen yang meliputi DNA atau RNA.

6 Kemajuan ilmu Bioinformatika ini lebih didesak lagi oleh genome project yang dilaksanakan di seluruh dunia dan menghasilkan tumpukan informasi gen dari berbagai makhluk hidup, mulai dari makhluk hidup tingkat rendah sampai makhluk hidup tingkat tinggi

7 Pada tahun 2001, genom manusia yang terdiri dari 2.91 juta bp (base-pare, pasangan basa) telah selesai dibaca [2]. Baru-baru ini genom mikroba Plasmodium penyebab Malaria dan nyamuk Anopheles yang menjadi vektor mikroba tersebut juga telah berhasil dibaca [3-4]. Dan masih banyak lagi gen-gen dari makhluk hidup lainnya yang sudah dan sedang dibaca

8 Peran Bioinformatika Data-data genome project bisa disimpan dengan teratur dalam waktu yang singkat dan tingkat akurasi yang tinggi serta sekaligus dianalisa dengan program-program yang dibuat untuk tujuan tertentu. Bioinformatika juga mempercepat penyelesaian genome project ini karena Bioinformatika mensuplay program-program yang diperlukan untuk proses pembacaan genom ini.

9 rasi/2003/50/Bioinformatika.pdf


Download ppt "Bioinformatika. Contents informasi dan panduan mengenai bioinformatika aplikasinya di berbagai bidang, seperti kedokteran, farmasi, dan lain-lain. Ilmu."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google