Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Yang Alkitabiah Mengungkap kebenaran:. Dalam Lukas 3:23 Yesus memulai pekerjaan-Nya sekitar umur 30 tahun sebelum Dia memilih murid-muridNya.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Yang Alkitabiah Mengungkap kebenaran:. Dalam Lukas 3:23 Yesus memulai pekerjaan-Nya sekitar umur 30 tahun sebelum Dia memilih murid-muridNya."— Transcript presentasi:

1 yang Alkitabiah Mengungkap kebenaran:

2

3

4

5

6

7 Dalam Lukas 3:23 Yesus memulai pekerjaan-Nya sekitar umur 30 tahun sebelum Dia memilih murid-muridNya. Tapi itu berapa lama?

8 Matius, Markus, Lukas dan Yohanes tidak menulis secara lengkap kehidupan Yesus di Bumi, tapi mereka adalah saksimata sejak mereka dipanggil menjadi muridNya. Itulah sebabnya hanya ada 3 paskah yang tercatat di Injil dari bertahun-tahun pelayanan Yesus Lalu berapa lamakah sebenarnya Yesus melakukan pelayananNya hingga Ia diSalib?

9 Berapa lamakah Yesus ada di Bumi?

10 Karena hanya ada tiga Paskah yang tercatat di Injil, maka para teolog mengatakan Tuhan diSalib ketika umur 33 tahun. Tapi apa yang Alkitab katakan! 1. Kirenius adalah wali negeri di Siria Ketika Yesus dilahirkan. (Luk 2:2) 2. Ada sensus yang memaksa Maria dan Yusuf ke Bethlehem. (Luk 2:3) 3.Herodes memerintah untuk membunuh semua bayi dibawah dua tahun. (Mat 2:16)

11 Dan apa yang tercatat dalam sejarah. 1 1.Herodes meninggal di bulan Juni tahun 4 B.C. (GAD) 2 2. Kirenius menjadi wali negeri di Siria, 7-8 B.C. (GAD) (Inscription struck in stone states Quirinius was in Syria at this time.) 3. Romawi mengadakan sensus setiap 14 tahun.

12 4. Archeologi menduga Romawi mengadakan sensus pada tahun 6 A.D. walaupun demikian mereka merasa itu terlalu terlambat untuk tahun kelahiran Yesus. 5.Archeologi mendukung sensus Romawi diadakan pada tahun 8 B.C.! 6. Tidak ada dukungan archeologi untuk tahun diantaranya. 1 Documentation: Packer-Tenny-White, Zondervan’s Pictorial Bible Encyclopedia, Halley’s Bible Handbook, the Internet, etc. There is never-ending scholarly argument about 1st century dating, available data was correlated and conclusions drawn from that picture. 2 GAD = Generally Accepted Date

13

14

15 1. Hujan 40 hari dan 40 malam (Kej 7:4) 2. Nuh tetap di dalam baterah selama 40 hari setelah kering.(Kej 8:6) 3. Musa, (Kis 7:30) 4. Musa di atas Gunung selama 40 hari, (Kel 24:18; Ul 9:18) 5. Penjahat yang dihukum dengan 40 kali pukulan. (Ul 25:3) 6.Israel dipadang gurun selama 40 tahun. (Kel 16:35) 7.Kemah Suci mempunyai 40 buah alas perak. (Kel 26:19) 8. Ada 40 tahun damai. ( Hak 3:11, 5:31, 8:28) 9. Imam Eli menjadi hakim Israel selama 40 tahun.(1Sam 4:18) 10.Elia di atas gunung selama 40 hari, (1Raj 19:8) 11.Daud memimpin Israel selama 40 tahun. (1 Raj 2:11) 12.Solomon memimpin Israel 40 tahun, (1Raj 11:42) 13.Yesus di padang gurun selama 40 hari, ( Mat 4:2) 14.Yesus menampakan diri selama 40 hari. (Kis 1:3)

16 Incidentally, our calendar year of 2012 A.D. is actually the year Zero year (or lack thereof) ignored because of the 1-3 year ambiguity in dating accepted by most authorities

17 Yesus diSalib umur 40; 8 BC - 32 AD

18 Tapi apakah ini penting? 1. Ya! Mengetahui lamanya Yesus di Dunia adalah kunci jawaban atas dua nubuatan di kitab Yehezkiel. 2. Membuktikan bahwa pandangan tradisi yang berkembang di gereja adalah salah. Dan pandangan yang lainnya menjadi ragu. Kebetulan, menurut tradisi Yahudi, seorang pria dapat menjadi anggota Sanhedran yang berkuasa ketika berumur 40 tahun. Sebelum berumur 40 tahun Yesus hanya dianggap sebagai salah satu pemberontak di Israel. Tapi ketika Yesus memasuki kota Yerusalem, Ia disambut oleh orang-orang seperti seorang raja. Jika Ia berumur 40, Dia dapat menjadi penguasa, dan orang Farisi mengetahuinya. Itulah mengapa mereka mengatakan : Yohanes 11:48 “Apabila kita biarkan Dia, maka semua orang akan percaya kepada-Nya dan orang-orang Roma akan datang dan akan merampas tempat suci kita serta bangsa kita.“ Pada umur 40 tahun Yesus bisa menjadi raja mereka, maka orang Farisi percaya bahwa mereka harus membunuh Dia agar mereka tetap berkuasa.

19 Karena pandangan pandangan tradisi yang berkembang di gereja terbukti salah. Dan pandangan yang lainnya menjadi ragu; maka……..

20

21

22

23 Apakah Anda percaya bahwa akan ada binatang dengan 7 kepala dan mempunyai 10 tanduk yang menjalankan pemerintahan? Benar-benar binatang yang aneh dengan tubuh macan tutul, kaki beruang dan mulut seekor singa? Secara harafiah, itulah yang harus kita percaya, karena tertulis dalam Wahyu 13.

24 Ketika Penulis hendak menyampaikan karakter atau kejadian yang dirahasiakan, atau di simbolkan, maka ia mengunakan bahasa kiasan.

25 Apakah itu sebuah pesan secara harafia atau kiasan ditentukan oleh penulis bukan pembaca. 1.Penafsiran secara harafia untuk bahasa kiasan menghasilkan doktrin yang salah. 2. Penafsiran secara bahasa kiasan secara harafia juga menghasilkan doktrin yang salah. Tanda-tanda kiasan adalah kunci untuk mengenali sebuah pesan apakah itu harafia atau kiasan.

26 Beberapa contoh tanda dari bahasa kiasan dalam Kitab Suci “seperti”, ”membandingkan” atau “seumpama” Matius 13:44 "Hal Kerajaan Sorga itu seumpama harta yang terpendam di ladang….” Matius 18:23 Sebab hal Kerajaan Sorga seumpama seorang raja yang hendak mengadakan perhitungan dengan hamba-hambanya. Markus 4:30 "Dengan apa hendak kita membandingkan Kerajaan Allah itu, atau dengan perumpamaan manakah hendaknya kita menggambarkannya?

27 “SEPERTI” Tidak selalu, harus dilihat dari konteksnya. Mat 9:36 “…mereka lelah dan terlantar seperti domba yang tidak bergembala. Mat 13:43 “Pada waktu itulah orang-orang benar akan bercahaya seperti matahari…” Mat 24:27 Sebab sama seperti kilat memancar dari sebelah timur dan melontarkan cahayanya sampai ke barat,… Mar 13:34 “Dan halnya sama seperti seorang yang bepergian, yang meninggalkan rumahnya dan menyerahkan tanggung jawab kepada hamba- hambanya,…”

28 “DALAM ROH” Sebuah tanda yang lain dari bahasa kiasan Di sini Nabi melihat dengan mata rohani bukan mata fisiknya. Wahyu 1:10 “ Pada hari Tuhan aku dikuasai oleh Roh….” Wahyu 4:2 “Segera aku dikuasai oleh Roh,..” Wahyu 17:3 “Dalam roh aku dibawanya ke padang gurun….” Semua itu menunjukan bahwa Nabi sedang mendapat nubuatan dalam bahasa kiasan !

29 Contoh dari sebuah penglihatan dalam kiasan Kej 37:9-10 “Lalu ia memimpikan pula mimpi yang lain, yang diceritakannya kepada saudara-saudaranya. Katanya: "Aku bermimpi (mendapat penglihatan) pula: Tampak matahari, bulan dan sebelas bintang sujud menyembah kepadaku." Setelah hal ini diceritakannya kepada ayah dan saudara-saudaranya, maka ia ditegor oleh ayahnya (ayahnya mengerti arti kiasan itu): "Mimpi apa mimpimu itu? Masakan aku dan ibumu serta saudara-saudaramu sujud menyembah kepadamu sampai ke tanah?“ Mimpi Yusuf adalah mengenai Yakub dan anak-anak Israel. Lalu apakah penglihatan profetik dalam Alkitab bukan dalam bahasa kiasan?

30 Bahasa kiasan yang sama ada dalam kitab Wahyu. Wahyu 12:1 Maka tampaklah suatu tanda besar di langit: Seorang perempuan berselubungkan matahari, dengan bulan di bawah kakinya dan sebuah mahkota dari dua belas bintang di atas kepalanya. Menandakan Alkitab mempunyai satu penulis! Karena bahasa kiasan dalam kitab Wahyu sangat identik dengan bahasa kiasan dalam kitab Kejadian, menurutmu siapakah yang digambarkan dalam Wahyu 12:1?

31

32 Bahasa kiasan muncul di seluruh kitab Wahyu! Wah 4:6 “Dan di hadapan takhta itu ada lautan kaca bagaikan kristal;..” Wah 9:10 “Dan ekor mereka sama seperti kalajengking…” Wah 11:1 “Kemudian diberikanlah kepadaku sebatang buluh, seperti tongkat pengukur rupanya...” Wah 13:11 “Dan aku melihat seekor binatang lain keluar dari dalam bumi dan bertanduk dua sama seperti anak domba dan ia berbicara seperti seekor naga.” Wah 16:3 “And Dan malaikat yang kedua menumpahkan cawannya ke atas laut(orang banyak; Wah 17:15); maka airnya menjadi darah, seperti darah orang mati dan matilah (secara rohani)segala yang bernyawa, yang hidup di dalam laut.

33

34 Beberapa dari bahasa kiasan di Wahyu didefinisi untuk kita dalam buku itu sendiri…. Wahyu 1:20 “Dan rahasia ketujuh bintang yang telah kaulihat pada tangan kanan-Ku dan ketujuh kaki dian emas itu: ketujuh bintang itu ialah malaikat(Greek, —γγελος, ang’-el-ose, a messenger**) ketujuh jemaat dan ketujuh kaki dian itu ialah ketujuh jemaat.” Wahyu 11:3-4 “Dan Aku akan memberi tugas kepada dua saksi- Ku, supaya mereka bernubuat sambil berkabung, seribu dua ratus enam puluh hari lamanya. Mereka adalah kedua pohon zaitun dan kedua kaki dian yang berdiri di hadapan Tuhan semesta alam” Wahyu 17:18 “Dan perempuan yang telah kaulihat itu, adalah kota besar yang memerintah atas raja-raja di bumi.“ ** Ada beberapa jenis utusan dalam Kitab Suci: Yesus adalah "rasul perjanjian," Roh Kudus adalah utusan, malaikat dan manusia adalah utusan dan juga Iblis. Dalam Wahyu, konteks mengungkapkan identitas berbagai "malaikat/utusan."

35 Mengenai ”Malaikat/utusan” dalam Wahyu Dalam PB, kata malaikat di tulis : —γγελος, pronounced ang’-el- ose, by definition a “messenger.”( utusan/ pembawa pesan) 1. Yesus adalah utusan perjanjian, Maleakhi 3:1 2. Malaikat juga utusan/pembawa pesan, Lukas 1:19 3. Roh Kudus juga pembawa pesan, Yohanes 16:13 4. Manusia bisa juga menjadi utusan, Galatia 4:14 5. Satan and para malaikatnya bisa juga, 2 Korintus 12:7 Di Wahyu, ang’-el-ose muncul 68 times. Mereka semua ada beberapa jenis, ada yang baik dan ada yang jahat. Untuk mengenali jenis “ malaikat” dalam Wahyu harus dilihat dari konteksnya!

36 Tujuh Aturan Penting Interpretasi 1.Budaya/ latar belakang dari sang Nabi. Semua nubuatan harus dipandang dalam pengetahuanyang diketahui sang Nabibukan dalam pandangan kita. Kita harus menempatkan diri dalam pijakan sang Nabi dan membacanya dalam konteks sejarah dan budaya pada waktu itu. Menempatkan diri dalam posisi abad 21 dalam menafsirkan nubuatan akan menghasilkan kesalahan doktrin… Hosea 7:8 “Efraim mencampurkan dirinya di antara bangsa-bangsa, Efraim telah menjadi roti bundar yang tidak dibalik” Dalam masa Hosea, roti dimasak satu sisi, sama seperti kita membuat pancake. Nubuatan Hosea ini ( ditulis sebelum kerajaan Utara Israel hancur) menjelaskan hanya setengah cerita mengenai “ 10 suku yang hilang” yang terjadi sebelum mereka dalam pembuangan bangsa Asyur ke pegunungan Kaukus pada tahun BC. Mereka tetap umat pilihan, Israel masih menjadi bangsa-bangsa besar. Kej 48:19, tapi dimasa depan mereka akan di antara bangsa2 lain. Amos 9:8-9.

37 2. Idiom Harus Diakui sebagai Nonliteral. 1Raja-raja 21:21 “Sesungguhnya, Aku akan mendatangkan malapetaka kepadamu, Aku akan menyapu (cut off) engkau dan melenyapkan setiap orang laki-laki dari keluarga Ahab, baik yang tinggi maupun yang rendah kedudukannya di Israel. Ini bukan berarti Tuhan membawa sapu, tapi dapat di mengerti bahwa Allah menghukum seluruh keluarga Ahab atas kejahatan yang dibuat Ahab dan melenyapkan keturunannya.

38 3. Alkitab Adjacency. Wahyu 11:4 “Mereka (dua saksi)adalah kedua pohon zaitun dan kedua kaki dian yang berdiri di hadapan Tuhan semesta alam.” Untuk definisi yang Alkitabiah, pertama kita harus melihat ayat-ayat sekitarnya, pasal, buku, PL apa PB dan kemudian baru keseluruhan Alkitab. Kesalahan exegesis adalah mengunakan PL dalam mendefinisi “pohon zaitun” dan “ kaki dian” jika ada definisi yang pas di dalam PB.! Roman 11:24-32 and Wahyu 1:20

39 Hukum ke 4 sampai 7, Sikap Hati Yang Benar 4. Percaya Alkitab adalah Firman Tuhan yang Hidup. Ibrani 4:12 “Sebab firman Allah hidup (Greek: ζóω, dzah’-o, living) dan kuat dan lebih tajam dari pada pedang bermata dua manapun; ia menusuk amat dalam sampai memisahkan jiwa dan roh, sendi-sendi dan sumsum; ia sanggup membedakan pertimbangan dan pikiran hati kita. 5. Allah tidak akan membuka Firman-Nya jika kita berkompromi. 6. Tuhan tidak dapat mengajar kita jika kita masih memegang doktrin kita sendiri. 7. Kita belajar doktrin manusia dari bukunya, kita belajar mengenal Tuhan dari Firman-Nya.

40

41 Apakah artinya kata “ Wahyu”? Definisi: Mengungkapkan pengetahuan yang sebelumnya tidak diketahui. Mengungkap kebenaran yang tidak jelas atau tersembunyi. Pengungkapan atau menyampaikan tujuan Ilahi. Wahyu sesuai namanya adalah Wahyu!! Dengan kata lain mengungkapkan kebenaran yang kita belum mengetahuinya! Tapi apakah kita telah membaca Wahyu seperti itu? Tidak! Kita membacanya dengan tempat dan kejadian pada zaman kita, dan itu salah!

42 Wahyu bukanlah sebuah mainan “ nubuatan gila” Ini adalah buku ringkasan Fieman Allah, dalam 22 pasal yang memuat keseluruhan rencana Allah untuk ciptaan-Nya. Tapi Tuhan tidak dapat mengajar kita apa-apa bila kita sudah penuh dengan doktrin2 di kepala kita. Untuk belajar kitab Wahyu kita harus memasukinya dengan pikiran bersih, tanpa membawa doktrin.!

43 Bersihkan dahulu dari semua Doktrin dengan pikiran yang bersih dan minta bimbingan Roh Kudus,baru mulai membaca Wahyu.

44

45 Wahyu Pasal 1 adalah “kunci” Wahyu 1:1 “Inilah wahyu Yesus Kristus, yang dikaruniakan Allah kepada-Nya,….” Maka Wahyu adalah apa yang Bapa katakan kepada kita mengenai Anak-Nya Yesus dan Kerajaan Yesus secara rohani di masa Era Kristen. “supaya ditunjukkan-Nya kepada hamba-hamba-Nya….” Artinya Yesus memberi Wahyu untuk hamba-hambaNya ;dalam bahasa Yunani doulos ( δούλος ), yang berarti budak. NOTE: In Greek, the original language of the New Testament, the Lord named many different kinds of servants: the pais, the presbuteros the diakonos, the episkopos, the leitourgikos, the huperetes, the therapon, etc., but Revelation wasn’t written to any of those servants. It was written to Jesus’ doulos, His slaves! One may indeed be Jesus’ servant, even a church leader, a presbuteros or episkopos, but to understand Revelation, that person must also be Jesus’ slave!

46 Wahyu 1:1 continued... “ apa yang harus segera terjadi. (i.e., segera, bukan 2000 tahun kemudian); Dan oleh malaikat-Nya yang diutus-Nya (Greek: – γγελος, aggelos, a messenger. Dalam ayat ini Yesus adalah utusan / pembawa pesan.) Ia telah menyatakannya kepada hamba-Nya Yohanes. Posisi Gereja selama Era Kristen. Wahyu 1:6 “dan yang telah membuat (past tense) kita menjadi suatu kerajaan, menjadi imam-imam bagi Allah, Bapa-Nya, bagi Dialah kemuliaan dan kuasa sampai selama-lamanya. Amin.” Wahyu 1:9 “Aku, Yohanes, saudara dan sekutumu dalam kesusahan (tribulation), dalam Kerajaan dan dalam ketekunan menantikan Yesus, berada di pulau yang bernama Patmos oleh karena firman Allah dan kesaksian yang diberikan oleh Yesus.” Jadi tribulation and Kerajaan Yesus ada di Era Kristen

47 1Wahyu 1 continued... Wahyu 1:10 “Pada hari Tuhan aku dikuasai oleh Roh (semua penglihatan prophetic adalah kiasan), dan aku mendengar dari belakangku suatu suara yang nyaring, seperti bunyi sangkakala,(“seperti,” sebuah kata kiasan).” Wahyu 1:13 “Dan di tengah-tengah kaki dian itu ada seorang serupa Anak Manusia, berpakaian jubah yang panjangnya sampai di kaki, dan dadanya berlilitkan ikat pinggang dari emas. (otoritas yang tinggi; bandingkan Daniel 10:5).” Wahyu1:20 “Dan rahasia ketujuh bintang yang telah kaulihat pada tangan kanan-Ku dan ketujuh kaki dian emas itu: ketujuh bintang itu ialah malaikat(pembawa pesan) ketujuh jemaat dan ketujuh kaki dian itu ialah ketujuh jemaat."

48 Wahyu 1:19 “Karena itu tuliskanlah apa yang telah kaulihat, baik yang terjadi sekarang maupun yang akan terjadi sesudah ini.” AD Note the tense of the verbs! The book of Revelation is partly about events that took place before John’s time, partly about events that happen during John’s time and partly about events future to John’s time!

49 Jadi ketika kita membaca kitab Wahyu, yang perlu kita perhatikan adalah bahasa yang digunakan, ditujukan untuk siapa, budaya, latar belakang Yohanes sebagai penulis, waktu itu ditulis,konteksnya dan yang terpenting harus diliat dengan zaman dan kacamata Yohanes.

50

51 Wahyu 1:10-11 “Pada hari Tuhan aku dikuasai oleh Roh dan aku mendengar dari belakangku suatu suara yang nyaring, seperti bunyi sangkakala, katanya: "Apa yang engkau lihat, tuliskanlah di dalam sebuah kitab dan kirimkanlah kepada ketujuh jemaat ini: ke Efesus, ke Smirna, ke Pergamus, ke Tiatira, ke Sardis, ke Filadelfia dan ke Laodikia."

52 Ketujuh Gereja ini ada pada zaman Yohanes seperti yang Yohanes deskrisikan. Ini juga mengenai gereja di Era Kristen yang secara rohani mirip dengan setiap gereja2 Di Asia kecil bukan hanya ada ketujuh gereja itu saja, tapi mereka dipilih Tuhan dalam urutan yang spesifik dengan maksud tertentu. Dengan alasan apa mereka dipilih?

53

54 Dari Efesus, ke Smirna, ke Pergamus, ke Tiatira, ke Sardis, ke Filadelfia dan ke Laodikia." Dan itu sangat cocok dengan kondisi Rohani gereja selama Era Kristen

55 32-95AD Efesus “meninggalkan kasih yang semula.” Wah 2:4, Heresy enters church: Marcionites, Gnostics, Nicolaitans, Balaamites, etc A Smirna “ Sengsara 10 hari... ” Wah 2:10 10 masa sengsara di bawah pemerintahan Romawi (1) Domitian (2) Trajan (3) Hadrian (4) Antonius Pius (5) Marcus Arelius (6) Septimus Severus (7) Maximin (8) Decius (9) Valerian (10)Diocletian ADPergamus “Di tempat taktha…” Wah 2:13 Constantine menjadikan Kristen agama negara. Kekuasaan Gereja dimulai.

56 ADTiatira “ Jezebel... ” Wah 2:20 Dimulainya menyembah Maria. Idol dalam gereja. Dan para Uskup menjadi berkuasa ADSardis “ Tapi engkau mati... ” Wah 3:1 Secara formal Katolik telah mati. Hilangnya Firman yang murni. Terjadi penganiayaan terhadap saudara seiman AD Filadelfia...”Kau menuruti FirmanKu... ” Wah 3:8 Terjadi Reformasi, Bangkitnya gereja Protestan, Gerakan Puritan, Berdirinya misionaris ke bangsa2.

57 1948AD-????Laodikia “ Kamu hendaknya panas atau dingin….” Wah 3:15 Gereja suam-suam kuku di zaman ini. Kelihatannya sangat berapi-api, tapi dingin secara spiritual.

58 GEREJA HARI INI Wahyu 3:14-22 “"Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Laodikia: Inilah firman dari Amin, Saksi yang setia dan benar, permulaan dari ciptaan Allah: Aku tahu segala pekerjaanmu: engkau tidak dingin dan tidak panas. Alangkah baiknya jika engkau (spiritually) dingin atau panas! Jadi karena engkau suam- suam kuku (spiritually), dan tidak dingin atau panas, Aku akan memuntahkan engkau dari mulut-Ku. Karena engkau berkata: Aku kaya (spiritually) dan aku telah memperkayakan diriku dan aku tidak kekurangan apa-apa (organisasi2 besar, pendeta popular,terkenal, masuk TV), dan karena engkau tidak tahu, bahwa engkau melarat (spiritually), dan malang (spiritually), miskin, buta dan telanjang (spiritually), maka Aku menasihatkan engkau, supaya engkau membeli dari pada-Ku emas (spiritually) yang telah dimurnikan dalam api (Salib Kristus), agar engkau menjadi kaya (spiritually), dan juga pakaian putih (Kebenaran KU diperhitungkan), supaya engkau memakainya, …..

59 agar jangan kelihatan ketelanjanganmu (spiritual) yang memalukan; dan lagi minyak untuk melumas matamu (spiritual), supaya engkau dapat melihat (hal2 menakjubkan dari hukum-Ku). Barangsiapa Kukasihi, ia Kutegor dan Kuhajar; sebab itu relakanlah hatimu dan bertobatlah! Lihat, Aku berdiri di muka pintu dan mengetok(untuk ke enam gereja, Tuhan berurusan dengan gereja secara umum, tapi pada zaman gereja Laodikia, Dia berurusan secara individu); jikalau ada orang yang mendengar suara-Ku dan membukakan pintu, Aku akan masuk mendapatkannya dan Aku makan bersama-sama dengan dia, dan ia bersama-sama dengan Aku. Barangsiapa menang, ia akan Kududukkan bersama-sama dengan Aku di atas takhta-Ku, sebagaimana Akupun telah menang dan duduk bersama-sama dengan Bapa-Ku di atas takhta-Nya. Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengarkan apa yang dikatakan Roh kepada jemaat-jemaat.

60

61 Hebrew: lgr, reh ’ gel, regal... ~dh, had-ome ’, footstool Tempat Tumpuan Kaki Allah Selamanya 1Tawarikh 28:2 “ Lalu berdirilah raja Daud dan berkata: "Dengarlah, hai saudara-saudaraku dan bangsaku! Aku bermaksud hendak mendirikan rumah perhentian untuk tabut perjanjian TUHAN dan untuk tumpuan kaki Allah kita; juga aku telah membuat persediaan untuk mendirikannya. 2Tawarikh 7:16 “ Sekarang telah Kupilih dan Kukuduskan rumah ini, supaya nama-Ku tinggal di situ untuk selama- lamanya, maka mata-Ku dan hati-Ku akan ada di situ sepanjang masa.

62 Wahyu adalah catatan Allah Bapa selama 6000 tahun untuk tumpuan kaki-Nya dan jiwa-jiwa umat-Nya. Gereja mungkin sudah melupakan Gunung Moria sebagai tumpuan kaki-Nya untuk selamanya, tapi Allah tidak pernah lupa. Seperti yang akan Anda lihat, banyak dari Wahyu mengenai Tanah Suci dan Bait Suci!

63

64 Bilangan 14:34 “ Sesuai dengan jumlah hari yang kamu mengintai negeri itu, yakni empat puluh hari, satu hari dihitung satu tahun, jadi empat puluh tahun lamanya kamu harus menanggung akibat kesalahanmu, supaya kamu tahu rasanya, jika Aku berbalik dari padamu:”

65 Yehezekiel 4:5 “ Beginilah Aku tentukan bagimu: Berapa tahun hukuman kaum Israel, sekian harilah engkau menanggung hukuman mereka, yaitu tiga ratus sembilan puluh hari. ” Ini adalah 390 tahun Hebrew dari nubuatan sampai Yesus lahir. Yehezekiel 4:6 “ Kalau engkau sudah mengakhiri waktu ini, berbaringlah engkau untuk kedua kalinya, tetapi pada sisi kananmu dan tanggunglah hukuman kaum Yehuda empat puluh hari lamanya; Aku menentukan bagimu satu hari untuk satu tahun. ” Ini mengenai 40 tahun Yesus dari lahir sampai salib.

66 * Ketika Alkitab mengunakan kata “ Hari ” dalam nubuatan, itu harus dilihat dengan tahun Hebrew atau tahun Solar, tergantung muncul dimana ; di PL apa di PB Tahun Hebrew = Untuk PL ! Daniel mengunakannya untuk perhitungan prophetic yaitu 360 hari atau x hari dari tahun Solar. From Torah, the Israelites understood a year to be 360 days, see Genesis 7:11, 7:24 and 8:4. Tahun Solar = Untuk PB ! Yohanes dibesarkan pada saat Romawi berkuasa dan mengunakan tahun solar sebagai penanggalan ; hari setahun. Here’s the principle!

67

68 70 “ Minggu ” Daniel bukti Hari Adalah Tahun Daniel mendapatkan nubuatannya pada tahun pertama Darius berkuasa, 536 B.C. Daniel 9:24 “ 70 Minggu(~ i oyc ’ i b. v i shiveem ’, ~ i oyc i ’ b u v \, shavuim ’, or seventy sevens) telah ditetapkan atas bangsamu(the Jews) dan atas kota kudus(Jerusalem), untuk melenyapkan kefasikan, untuk mengakhiri dosa, untuk menghapuskan kesalahan, untuk mendatangkan keadilan yang kekal, untuk menggenapkan penglihatan dan nabi, dan untuk mengurapi yang maha kudus. ” Nubuatan ini dalam Hebrew dan di PL! Ditujukan kepada: orang Yahudi pada zaman Daniel dan mengenai Kota Yerusalem. Ini bukan untuk Gereja atau akhir Era Kristen!

69 Daniel 9:25-27 “Maka ketahuilah dan pahamilah: dari saat firman itu keluar, yakni bahwa Yerusalem akan dipulihkan dan dibangun kembali, sampai pada kedatangan seorang yang diurapi, seorang raja, ada tujuh kali tujuh masa; dan enam puluh dua kali tujuh masa lamanya kota itu akan dibangun kembal dengan tanah lapang dan paritnya, tetapi di tengah-tengah kesulitan. Ada empat derkit untuk orang Yahudi yang dikeluarkan oleh raja Media-persia. Dan satu-satunya yang memenuhi nubuatan di atas adalah dekrit Artaxerxes 1 ( B.C.) tercatat di kitab Nehemiah 2:8. Maka inilah permulaan waktu untuk nubuatan ini. Sesudah keenam puluh dua kali tujuh masa itu akan disingkirkan (dibunuh) seorang yang telah diurapi, padahal tidak ada salahnya apa-apa. Maka datanglah rakyat seorang raja memusnahkan kota dan tempat kudus itu, tetapi raja itu akan menemui ajalnya dalam air bah(orang asing); dan sampai pada akhir zaman akan ada (spiritual) peperangan dan pemusnahan, seperti yang telah ditetapkan.

70 Yehezekiel 4:5-6, “ (prophetic) hari adalah tahun Tidak ada kata yang berarti seminggu. Sebaliknya orang Yahudi menyebut seminggu itu dengan kata “ tujuh ”. Dalam Hebrew kata untuk “ tujuh ” yang digunakan dalam PL adalah : ~[ \ bv, shavua, artinya “ sebuah tujuh. ” Tapi kata untuk tujuh dalam Daniel 9:25-26 bukan ~[ \ bv, shavua, tapi ~ i oy[ i b u v, shavuim, maskulin jamak dari kata shavua! Shavuim, kata jamak dari tujuh, menyatakan pelipatan, maka 69 minggu bukanlah hari untuk tahun dalam 24 jam sehari.

71

72 Mari kita kembali melihat ayat itu Daniel 9:25-26 “... dan setelah (69 weeks from the decree of Artaxerxes I) akan disingkirkan seorang yang telah diurapi (killed), padahal tidak ada salahnya apa-apa ” Sejarah ditulis mengunakan penangalan tahun solar yaitu: hari setahun. Tahun nubuatan Hebrew mengunakan 360 hari, maka kita harus mengconvet/ menyesuaikannya dalam tahun solar sehingga cocok dalam catatan sejarah hari = 483 hari (Conversion factor to fit our solar year is 360/ =.9857) 483 x.9857 = of our years. Jadi Gabriel memberitahu Daniel akan ada 476 tahun solar dari dekrit Artaxerxes sampai Salib

73 Daniel’s 69 Weeks 483 Hebrew years is 476 of our solar years = 32-34AD, the Crucifixion right to the year! 444BC solar years = 396BC. Close of the O.T. (PL) 396BC solar years = A.D. The Cross.

74 "Berbahagialah mata yang melihat apa yang kamu lihat. Karena Aku berkata kepada kamu: Banyak nabi dan raja ingin melihat apa yang kamu lihat, tetapi tidak melihatnya, dan ingin mendengar apa yang kamu dengar, tetapi tidak mendengarnya." Lukas 10:23-24

75 Jika kita bisa membuktikan bahwa 69 Minggu Daniel adalah 483 tahun Hebrew…… Tidakkah kita secara konsiten akan melihat profetik “hari” lainnya di dalam kitab Daniel juga dengan tahun Hebrew?

76 Daniel ’ s Final Vision Daniel 10:1 “Pada tahun ketiga pemerintahan Koresh, raja orang Persia, suatu firman dinyatakan kepada Daniel yang diberi nama Beltsazar; firman itu benar dan mengenai kesusahan yang besar. Maka dicamkannyalah firman itu dan diperhatikannyalah penglihatan itu.” Historic pin: the third year of Cyrus ’ control of Babylon B.C. !

77 ** Cyrus ’ s reign over the Medo-Persian Empire actually began in 559B.C., however his control of Babylon didn ’ t begin until the city fell to Darius in 536B.C., so from Daniel ’ s viewpoint, 533 B.C. was the “ third year of Cyrus. ”

78 1290 Hari dari Daniel 12:11 Daniel 12:11 " Sejak dihentikan korban sehari-hari dan ditegakkan dewa-dewa kekejian yang membinasakan itu ada seribu dua ratus dan sembilan puluh hari (1290). Tapi apakah dewa2 kekejian yang membinasakan itu (Pembinasa keji)? Benda apa manusia?

79 Mark 13:14 “ But when ye shall see the abomination of desolation, spoken of by Daniel the prophet, standing where IT** ought not, (let him that readeth understand,) then let them that be in Judaea flee to the mountains. ” "Apabila kamu melihat Pembinasa keji berdiri di tempat yang tidak sepatutnya para pembaca hendaklah memperhatikannya maka orang-orang yang di Yudea haruslah melarikan diri ke pegunungan. ** In Greek: δει, dei, a neuter pronoun. Jadi menurut Markus, Pembinasa keji itu bukan manusia, tapi “benda,” Maka Pembinasa keji itu bukan Antikristus yang kita pikirkan tapi itu adalah benda.

80

81 Kapan Korban Bakaran dihentikan? Yeremia 41:5 “datanglah orang-orang dari Sikhem, dari Silo dan dari Samaria, delapan puluh orang jumlahnya, yang janggutnya bercukur, pakaiannya koyak-koyak dan badannya bertoreh- toreh; mereka membawa korban sajian dan kemenyan untuk dipersembahkan di rumah TUHAN.” Jeremiah 41:5 ditulis sekitar 6 sampai 10 bulan setelah Bait Suci pertama dihancurkan, maka ritual korban bakaran diadakan di samping reruntuhan Bait Suci!

82 Pada zaman Perjanjian lama, kepercayaan di antara orang-orang Timur Tengah adalah bahwa "dewa" punya lingkup geografis terbatas pengaruh, II Raja-raja 17:27. Osiris berkuasa di Mesir, Baal berkuasa di Suriah, Dagon adalah Tuhan di Philistia, Marduk berkuasa di Babel, Melkart ampuh di Tirus dan Allah kita harus ditakuti di Tanah Suci. Dewa-dewa Lokal

83 Jadi pada tahun 586 SM, ketika Nebukadnezar menyerang Yehuda untuk kedua kalinya, ia tidak ingin untuk menghentikan orang-orang Yahudi menyembah Tuhan "lokal“ mereka, Yeremia 41: 5. Namun, orang- orang Yahudi memberontak dan membunuh Gedalya, Gubernur Nebukadnezar untuk wilayah Israel, Yeremia 41:2. Sebagai tanggapan, Nebukadnezar dikirim Nebuzaradan, Kapten pengawal raja, ke Yerusalem untuk membawa tawanan-tawanan terakhir ke Babel, Yeremia 52:30. Karena itu ritual korban bakaran ditinggalkan ketika Daniel di Babel. Kemungkinan para iman tidak turut tertawan. Menurut Daniel 9:17, korban pada waktu Daniel di Babel, tetapi kapan?

84 Sarjana liberal atau Alkitab? Ini adalah dimana Anda memutuskan siapa Anda akan percaya! 1.Tuhan memberitahu Yeremia bahwa orang Yahudi akan menjadi tawanan di Babilon selama 70 tahun, Yeremia 25: dan 29: Daniel menyatakan bahwa 70 tahun dari penawanan sudah berakhir pada tahun pertama pemerintahan Darius, Dan 9: Sarjana konservatif telah menyatakan 536 B.C. sebagai tahun pertama pemerintahan Darius jadi 536 B.C.+70=606 SM dan kejatuhan Yerusalem jatuh di 605 SM 4. Mereka selanjutnya mengklaim bahwa Darius dipecat Babilon pada 539 SM, tiga tahun sebelum tanggal diterima secara umum. Jika kaum liberal tepat, maka penawanan berlangsung hanya 66 tahun. Tiga kali dalam Alkitab menyatakan bahwa orang-orang Yahudi akan tawanan di Babilon selama 70 tahun, jadi para sarjana liberal salah.

85 Tawanan Terakhir Yeremia 52:30 “dalam tahun kedua puluh tiga zaman Nebukadnezar, diangkut ke dalam pembuangan oleh Nebuzaradan, kepala pasukan pengawal, tujuh ratus empat puluh lima jiwa orang Yehuda; seluruhnya berjumlah empat ribu enam ratus jiwa. Maka Ritual Korban Bakaran dihapuskan pada tahun 583 SM !

86 Daniel 12:11 “Sejak dihentikan korban sehari-hari dan ditegakkan dewa-dewa kekejian yang membinasakan itu ada seribu dua ratus dan sembilan puluh hari. ” Menurut Markus 13:14, pembinasa keji itu “BENDA” bukan manusia dan ini akan menjadi Sekarang ingat 688 M, kita akan kembali ke tahun ini!

87 Deklarasi UskupYerusalem ketika Khalifah Omar memasuki Yerusalem pada 639 AD, di gerbang ia bertemu dengan Uskup Sophronius yang mengantar dia keliling kota. Melihat Gunung Bait itu (reruntuhan), Omar menyatakan bahwa ia akan membangun peringatan kepada Muhammad di situs aslinya Bait Tuhan. Sophronius berseru dengan ngeri, "sesungguhnya, inilah pembinasa keji seperti yang dikatakan oleh Daniel, dan sekarang itu berdiri di tempat kudus." Meskipun Sophronius adalah orang tua umur 80 tahun, Khalifah Omar menempatkannya di penjara dan menghukumnya kerja paksa, hingga mati. Paraphrased from Jerry Landay’s, The Dome of the Rock, Newsweek, New York, NY, 1972, p. 18 Sebenarrnya siapakah pembinasa keji itu sudah diketahui gereja selama lebih dari 1300 tahun! Tapi terlupakan.

88

89 Daniel berkata ia mengerti “penglihatan” itu, tapi bagaimana caranya?

90 Yesaya 28:9-10 “ Dan orang berkata: "Kepada siapakah dia ini mau mengajarkan pengetahuannya dan kepada siapakah ia mau menjelaskan nubuat-nubuatnya? Seolah-olah kepada anak yang baru disapih, dan yang baru cerai susu! Sebab harus ini harus itu, mesti begini mesti begitu, tambah ini, tambah itu. ” Dan itu adalah caranya! Untuk mengerti nubuatan Alkitab adalah secara comulatif, satu konsep membangun konsep yang lainya sampai menemukan titik terang rencana Allah untuk Gereja, Yahudi dan seluruh ciptaan-Nya.

91


Download ppt "Yang Alkitabiah Mengungkap kebenaran:. Dalam Lukas 3:23 Yesus memulai pekerjaan-Nya sekitar umur 30 tahun sebelum Dia memilih murid-muridNya."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google