Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

METERAI KE TUJUH DAN KEEMPAT SANGKAKALA.  Keenam sangkakala melukiskan serbuan bangsa-bangsa kafir dan kaum Muslimin atas kerajaan Romawi Barat dan Timur.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "METERAI KE TUJUH DAN KEEMPAT SANGKAKALA.  Keenam sangkakala melukiskan serbuan bangsa-bangsa kafir dan kaum Muslimin atas kerajaan Romawi Barat dan Timur."— Transcript presentasi:

1 METERAI KE TUJUH DAN KEEMPAT SANGKAKALA

2  Keenam sangkakala melukiskan serbuan bangsa-bangsa kafir dan kaum Muslimin atas kerajaan Romawi Barat dan Timur karena penindasan dan penganiayaan kejam yang dilakukan terhadap umat-umat Tuhan sejak zamannya Yesus hingga zaman reformasi dan dukungannya terhadap gereja Roma Katolik Romawi untuk melaksanakan penganiayaan dari tahun

3  Pembunuhan maut atas anak-anak di Betlehem ketika Yesus lahir (Matius 2:16).  Pembunuhan Yohanes Pembaptis.  Rencana untuk membunuh Yohanes Kekasih (Wahyu 1:9).  Ajaran kafir (Docetisme dan Gnosticisme) masuk ke dalam gereja (I Yohanes 4:1-3).  Penganiayaan terhadap orang-orang Kristen oleh raja-raja Romawi (Nero, Diocletian, Galerius, dll).  Penganiayaan oleh gereja Roma Katolik ( ) sehingga munculah Reformasi.

4  WAHYU 8:1  Mengapa meterai ketujuh ditunda?  Tuhan hendak menyiapkan satu umat terlebih dahulu, yang dapat bertahan (Wahyu 6:17), bagiNya untuk Dia bawa ke dalam kerajaan surga.  Mengapa sorga sunyi senyap?  Seluruh malaikat sorga turun ke bumi menemani Yesus Kristus pada kedatanganNya yang kedua kali sehingga terhentilah puji-pujian di sorga.  Matius 25:31.

5  WAHYU 8:1  Berapa lamakah sorga menjadi sunyi?  Setengah jam.  Ini boleh ditafsirkan sebagai waktu yang singkat.  Satu hari nubuatan (24 jam) sama dengan satu tahun (Yehezkiel 4:6).  Setengah jam berarti 7,5 hari.

6  WAHYU 8:2-5  Sangkakala melambangkan apa?  I Korintus 14:8  Melambangkan pengumuman penghakiman ilahi yang akan segera berlangsung.  Melambangkan apakah doa?  Melukiskan pelayanan Kristus bagi umatNya sebagai pengantara digabungkan dengan doa-doa orang suci supaya berkenan kepada Bapa.

7  WAHYU 8:2-5  Terjadinya guntur, kilat dan gempa bumi melukiskan peristiwa-peristiwa yang akan terjadi pada akhir sangkakala ketujuh sesudah dibukanya bait suci Allah (Wahyu 11:19) dan pada malapetaka ketujuh, apabila suara keluar dari dalamnya mengatakan, “sudah terlaksana” (Wahyu 16:17).

8  WAHYU 8:2-5  Tujuh sangkakala melambangkan jaminan Tuhan atas umatNya yang walaupun mereka harus menjalani penderitaan, tetapi Tuhan tetap memegang kendali yang akan menghakimi orang-orang jahat yang telah menganiaya umatNya.  Empat sangkakala pertama mengenai jatuhnya kerajaan Romawi yang memerintah pada zaman Kristus oleh serangan bangsa- bangsa kafir.

9  WAHYU 8:7  Apa isi sangkakala pertama?  Terjadilah hujan es, api bercampur darah sehingga terbakarlah sepertiga dari bumi dan pohon-pohon dan hanguslah segala rumput hijau.  Sepertiga melambangkan kerusakan yang diakibatkan tidak menyeluruh, hanya sebagaian kecil.  Hujan es dan api melukiskan taufan yang diikuti oleh kilat sebagai hukuman pada tulah ketujuh yang menimpa Mesir (Keluaran 9:22- 25).

10  WAHYU 8:7  Apa isi sangkakala pertama?  Ini melukiskan serangan terhadap kerajaan Romawi oleh bangsa-bangsa Visigoth dibawah pimpinan Alaric ( ).  Inilah serangan bangsa Jerman pertama dari Utara terhadap kerajaan Romawi.  Tahun 396, Visigoth mulai menjelajahi wilayah Thrace, Makedonia, dan Yunani di bagian timur kerajaan serta menyerang kota Roma tahun 410.

11  WAHYU 8:8-9  Apa isi sangkakala kedua?  Muncul suatu penglihatan tentang gunung es?  Ini melukiskam serangan dan pembajakan bangsa Vandals dibawah pimpinan Genseric yang menyerang propinsi-propinsi Utara Afrika dan Italia dari laut.  Lebih dari 100 kota yang dihancurkan dan manusia terbunuh.

12  WAHYU 8:10-11  Apa isi sangkakala ketiga?  Jatuh sebuah bintang besar menyala-nyala seperti obor.  Nama bintangnya adalah Apsintus.  Ini melambangkan serangan bangsa Huns dibawah raja Attila pada abad ke-5.  Tahun 372 melalui Asia Tengah an memasuki Eropa serta menduduki dataran sungai.

13  WAHYU 8:10-11  Apa isi sangkakala ketiga?  Pada tahun 451 Attila memimpin bangsa Huns untuk menyerang kerajaan Romawi bagian barat oleh menyeberangi sungai Rhine, tetapi ditahan oleh gabungan pasukan Romawi dan Jerman di Chalon, Gaul Utara.  Attila dikenal sebagai “scourge of God” atau “cemeti Tuhan.”  Tahun 453 Attila mati yang menyebabkan sejarah bangsa Huns lenyap.

14  WAHYU 8:10-11  Apa isi sangkakala ketiga?  Obor melambangkan penerang.  Sungai-sungai melambangkan sumber- sumber air tawar dan bukan air asin seperti pada sangkakala kedua.  Apsintus adalah tumbuhan pahit dimana air menjadi pahit.

15  WAHYU 8:12  Apa isi sangkakala keempat?  Terpukullah sepertiga matahari, bulan, dan bitang-bintang.  Melukiskan serangan terhadap kerajaan Romawi Barat hingga jatuhnya pada tahun 476 oleh bangsa Heruli dibawah pimpinan Odoacer.  Italia menjadi propinsi Kaisar Romawi Timur yang memerintah dari Konstantinopel (Istambul).

16  WAHYU 8:12  Apa isi sangkakala keempat?  Matahari, bulan, bintang melukiskan pejabat pemerintahan Romawi Barat, yaitu kaisar, senator, dan konsul-konsulnya.  Dengan jatuhnya kaisar, maka Romawi Barat diperintah oleh para senator dan konsul.  Kekuasaan kerajaan Romawi Barat berangsur-angsur lumpuh dan lenyap.  Tiga sangkakala terakhir melambangkan malapetaka yang akan datang.

17  Tuhan tidak akan tinggal diam atas segala kejahatan dan penganiayaan yang dilakukan oleh orang-orang kafir kepada umatNya.  Tuhan punya waktuNya sendiri untuk membalaskan kejahatan manusia yang menolak Dia dan menganiaya umat- umatNya.


Download ppt "METERAI KE TUJUH DAN KEEMPAT SANGKAKALA.  Keenam sangkakala melukiskan serbuan bangsa-bangsa kafir dan kaum Muslimin atas kerajaan Romawi Barat dan Timur."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google