Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

DANIEL 7 – BAGIAN 2 BINATANG KEEMPAT DAN TANDUK KECIL.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "DANIEL 7 – BAGIAN 2 BINATANG KEEMPAT DAN TANDUK KECIL."— Transcript presentasi:

1 DANIEL 7 – BAGIAN 2 BINATANG KEEMPAT DAN TANDUK KECIL

2

3

4 BINATANG KEEMPAT (168 SM – 476 AD) Daniel 7:7-8 Menakutkan dan dahsyat. Menakutkan dan dahsyat. Sangat kuat. Sangat kuat. Bergigi besar dari besi (Dan 2:33,40). Bergigi besar dari besi (Dan 2:33,40). Melahap dan meremukkan. Melahap dan meremukkan. Bertanduk Sepuluh. Bertanduk Sepuluh. Tumbuh satu tanduk yang kecil. Tumbuh satu tanduk yang kecil. Tiga dari tanduk yang terdahulu tercabut. Tiga dari tanduk yang terdahulu tercabut. Pada tanduk kecil terdapat mata seperti mata manusia dan mulut yang menyombong. Pada tanduk kecil terdapat mata seperti mata manusia dan mulut yang menyombong.

5 BINATANG KEEMPAT (168 SM – 476 AD) Daniel 7:7-8 Kerajaan Romawi (Dan 2:40). Kerajaan Romawi (Dan 2:40). Tahun 200 SM, Roma menjadi penguasa wilayah Barat Laut Tengah, dan mengembangkan sayapnya ke negeri timur. Tahun 200 SM, Roma menjadi penguasa wilayah Barat Laut Tengah, dan mengembangkan sayapnya ke negeri timur. Tahun 197 SM, Roma menundukkan Makedonia dan daerah-daerah Yunani. Tahun 197 SM, Roma menundukkan Makedonia dan daerah-daerah Yunani. Tahun 190 SM, Roma mengalahkan Antigonus dan menguasai bekas wilayah jajahan kerajaan Seleucus. Tahun 190 SM, Roma mengalahkan Antigonus dan menguasai bekas wilayah jajahan kerajaan Seleucus. Tahun168 SM, Roma mengakhiri kerajaan Makedonia di perang Pydna. Tahun168 SM, Roma mengakhiri kerajaan Makedonia di perang Pydna. Tahun 146 SM, Roma menambahkan Makedonia sebagai satu provinsi serta menempatkan hampir semua kota-kota Yunani di bawah gubernur Makedonia. Tahun 146 SM, Roma menambahkan Makedonia sebagai satu provinsi serta menempatkan hampir semua kota-kota Yunani di bawah gubernur Makedonia.

6 BINATANG KEEMPAT (168 SM – 476 AD) Daniel 7:7-8 Raja-raja kerajaan Seleucus dan Ptolemus tetap menduduki istana-istananya hingga Siria pada tahun 63 SM dan Mesir pada tahun 30 SM ditaklukkan. Raja-raja kerajaan Seleucus dan Ptolemus tetap menduduki istana-istananya hingga Siria pada tahun 63 SM dan Mesir pada tahun 30 SM ditaklukkan. Tahun-tahun penting mengalahkan Yunani adalah tahun 146 SM, 63 SM, dan 30 SM. Tahun-tahun penting mengalahkan Yunani adalah tahun 146 SM, 63 SM, dan 30 SM.

7 BINATANG KEEMPAT (168 SM – 476 AD) Daniel 7:7-8 Bergigi besar dari besi. Bergigi besar dari besi. Besi melambangkan kekejaman dan kekuatan. Besi melambangkan kekejaman dan kekuatan. Kerajaan Romawi terkenal dengan penindasan yang tidak mengenal peri kemanusiaan atau hak asasi manusia. Kerajaan Romawi terkenal dengan penindasan yang tidak mengenal peri kemanusiaan atau hak asasi manusia. Manusia dijadikan mangsa binatang, dibakar, dibunuh dengan semena-mena. Manusia dijadikan mangsa binatang, dibakar, dibunuh dengan semena-mena.

8 BINATANG KEEMPAT (168 SM – 476 AD) Daniel 7:7-8 Memiliki sepuluh tanduk (sepuluh jari-jari kaki). Memiliki sepuluh tanduk (sepuluh jari-jari kaki). 10 tanduk melambangkan 10 kerajaan. 10 tanduk melambangkan 10 kerajaan. Serangan suku-suku Jerman dan Barbar yang bertubi-tubi terhadap kerajaan Romawi, Raja Romulus Augustulus, menyebabkan runtuh dan pecah kerajaan Romawi menjadi 10 kerajaan. Serangan suku-suku Jerman dan Barbar yang bertubi-tubi terhadap kerajaan Romawi, Raja Romulus Augustulus, menyebabkan runtuh dan pecah kerajaan Romawi menjadi 10 kerajaan.

9 10 KERAJAAN EROPA BARAT 1. Anglo Saxons = Inggris 2. Franks = Perancis 3. Alemani - Jerman 4. Suevi = Portugal 5. Burgundians = Switzerland 6. Lombards = Italia 7. Visigoths = Spanyol 8. Heruli 9. Vandals 10. Ostrogoths

10 TIGA KERAJAAN RUNTUH 1. Heruli = dihancurkan oleh Ostrogoths dengan pemimpinnya Theodorik tahun 493 AD. 2. Vandals = ditaklukkan oleh Justianus dengan mengirim jenderalnya Belisarius tahun 534 AD 3. Ostrogoths = Ditaklukkan tahun 538 AD oleh Belisarius.

11 ALASAN TIGA KERAJAAN RUNTUH Sejak zaman Konstantine (306 – 337) sampai pada zaman Yustyinian ( ), pertentangan yang panjang dan seru terjadi di antara dua fraksi besar di dalam gereja: mereka yang menyokong Keuskupan Roma melawan mereka yang menerima doktrin Arius, seorang imam pemberontak dari Alexandria. Sejak zaman Konstantine (306 – 337) sampai pada zaman Yustyinian ( ), pertentangan yang panjang dan seru terjadi di antara dua fraksi besar di dalam gereja: mereka yang menyokong Keuskupan Roma melawan mereka yang menerima doktrin Arius, seorang imam pemberontak dari Alexandria.

12 ALASAN TIGA KERAJAAN RUNTUH Raja Romawi Timur yang ibukotanya berada di Konstantinopel berdiri di garis depan dalam memajukan pekerjaan Keuskupan Roma. Raja Romawi Timur yang ibukotanya berada di Konstantinopel berdiri di garis depan dalam memajukan pekerjaan Keuskupan Roma. Perebutan kekuasaan kadang-kadang berakhir dengan pertumpahan darah dan permusuhan. Perebutan kekuasaan kadang-kadang berakhir dengan pertumpahan darah dan permusuhan. Kebanyakan bangsa barbar yang menaklukkan kerajaan Romawi bertekuk lutut pada kekuasaan Keuskupan Roma. Kebanyakan bangsa barbar yang menaklukkan kerajaan Romawi bertekuk lutut pada kekuasaan Keuskupan Roma.

13 ALASAN TIGA KERAJAAN RUNTUH Bangsa Heruli, Vandals, dan Ostrogoths menantang kedaulatan Keuskupan Roma karena mereka adalah penganut ajaran Arian yang taat. Bangsa Heruli, Vandals, dan Ostrogoths menantang kedaulatan Keuskupan Roma karena mereka adalah penganut ajaran Arian yang taat.

14 TANDUK KECIL Pada waktu kejayaan kerajaan Roma kekafiran, para Paus tidak mempunyai kekuasaan sekuler. Tetapi sesudah kerajaan itu hancur, maka keuskupan Roma bukan saja bebas dari tekanan pemerintah di bidang agama, melainkan malah melibatkan diri dalam masalah- masalah sekuler. Pada waktu kejayaan kerajaan Roma kekafiran, para Paus tidak mempunyai kekuasaan sekuler. Tetapi sesudah kerajaan itu hancur, maka keuskupan Roma bukan saja bebas dari tekanan pemerintah di bidang agama, melainkan malah melibatkan diri dalam masalah- masalah sekuler.

15 TANDUK KECIL Pada saat-saat tertentu, pada waktu pemerintahan Charlemagne ( ), Otto yang Agung ( ), dan Henry III ( ), pemerintahan sipil memang menguasai gereja pada batas tertentu, tetapi umumnya, pada zaman feodalisme, Keuskupan Roma yang terorganisasi dengan paus sebagai kepalanya, bukan saja bebas dalam masalah- masalah agama melainkan mengendalikan masalah-masalah sipil juga. Pada saat-saat tertentu, pada waktu pemerintahan Charlemagne ( ), Otto yang Agung ( ), dan Henry III ( ), pemerintahan sipil memang menguasai gereja pada batas tertentu, tetapi umumnya, pada zaman feodalisme, Keuskupan Roma yang terorganisasi dengan paus sebagai kepalanya, bukan saja bebas dalam masalah- masalah agama melainkan mengendalikan masalah-masalah sipil juga.

16 DEKRIT JUSTIANUS Kedudukan Bishop Roma sebagai “kepala seluruh gereja suci” dan sebagai “kepala semua imam suci.” Kedudukan Bishop Roma sebagai “kepala seluruh gereja suci” dan sebagai “kepala semua imam suci.” Paus juga bertugas sebagai korektor pada bidaah/bidat. Paus juga bertugas sebagai korektor pada bidaah/bidat. Tahun 538 AD, Paus Vigilius menggantikan paus yang berfaham Goth. Tahun 538 AD, Paus Vigilius menggantikan paus yang berfaham Goth. Sejak tahun ini Paus mulai menjadi negarawan dan gerejawan dan bahkan sering menjadi kepala pemerintahan. Sejak tahun ini Paus mulai menjadi negarawan dan gerejawan dan bahkan sering menjadi kepala pemerintahan.

17 TANDUK KECIL Melambangkan Gereja Keuskupan Roma. Melambangkan Gereja Keuskupan Roma. Mempunyai mata manusia melukiskan inteligensi (kecerdasan) tanduk kecil yang sama sekali berbeda dengan bangsa barbar yang buta huruf itu. Mempunyai mata manusia melukiskan inteligensi (kecerdasan) tanduk kecil yang sama sekali berbeda dengan bangsa barbar yang buta huruf itu. Paus memang terkenal karena kecerdasan, wawasan dan tinjauan masa depan. Paus memang terkenal karena kecerdasan, wawasan dan tinjauan masa depan. Mulut yang sombong akan dibahas pada ayat 25. Mulut yang sombong akan dibahas pada ayat 25.

18 KERAJAAN TUHAN (9-14) Tahta-tahta diletakkan melambangkan nasib segala kerajaan dunia, bangsa, dan manusia diungkapkan dan ditetapkan oleh pengadilan Allah. “Yang Lanjut Usia” menunjukkan kepada Allah Bapa. “Lalu duduklah majelis pengadilan” menunjukkan tahap terakhir baik dalam tahap pemeriksaan dan pelaksanaannya.

19 DIBUKALAH KITAB-KITAB Kitab kehidupan (Wahyu 20:12,15) Kitab peringatan (Mal 3:16) Kitab catatan dosa (Yes 65:6,7).

20 NASIB TANDUK KECIL Binatang atau tanduk kecil akan dibunuh dan tubuhnya dibinasakan. 2 Tes 2:8. Seluruh dunia, kekuasaan-kekuasaan binatang-binatang, akan dilenyapkan dan dunia menjadi kosong.

21 “Seperti Anak Manusia” Yesus menjelma menjadi manusia (Yoh 1:1-4,12,14). Yesus menjadi pembela bagi manusia berdosa sehingga manusia yang menerimaNya mempunyai kesempatan untuk diselamatkan. Ibr 4:15. Yang dibicarakan di sini bukanlah kedatangan Yesus yang kedua kali, tetapi Ia menghadap Allah Bapa. Yesus masuk ke bilik yang Maha Suci di sorga untuk menyucikan kaabah. Setelah Yesus selesai, maka Ia akan menerima kerajaan dari BapaNya, dan Ia akan datang ke bumi untuk menjemput rakyatNya.


Download ppt "DANIEL 7 – BAGIAN 2 BINATANG KEEMPAT DAN TANDUK KECIL."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google