Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pelajaran Sekolah Sabat ke 13, 28 September 2013.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pelajaran Sekolah Sabat ke 13, 28 September 2013."— Transcript presentasi:

1 Pelajaran Sekolah Sabat ke 13, 28 September 2013

2

3 PENDAHULUAN Misi penginjilan adalah milik Allah, Ia akan menyelesaikannya. Para murid berkhotbah bukan di dalam kekuatan mereka tetapi di dalam Kristus. Ketika Yesus naik ke sorga, Ia berjanji bahwa melalui Roh Kudus-Nya akan memperdayakan murid-murid-Nya di dunia untuk memberitakan Injil sampai keujung bumi. Janji-janji ini akan mencapai pemenuhan secara keseluruhan di gereja akhir zaman-Nya saat kuasa hujan akhir turun dan umat-Nya berpartisipasi dengan-Nya dalam penyelesaian mini-Nya di bumi.

4 PENDAHULUAN Allah menggunakan simbol hujan awal dan akhir dalam dua cara yaitu : Hujan awal dari Roh Kudus turun atas murid- murid pada hari Pentakosta untuk memulaikan misi Kekristenan. Hujan akhir akan dicurahkan atas gereja Allah pada akhir zaman untuk menyelesaikan misi-Nya di bumi. Hujan awal juga bekerja dalam kehidupan sehari-hari dimana Roh Kudus menginsafkan, mengajar, membimbing dan memperdayakan setiap orang percaya. Hujan akhir menjelaskan sokongan khusus Roh Kudus Allah atas gereja Kristus sebelum kedatangan Yesus.

5 Hal yang perlu DIRENUNGKAN untuk DIDISKUSIKAN ! 1.Apakah janji yang Yesus berikan dalam menjalankan perintah-Nya dalam memberitakan Injil ke seluruh dunia? Mengapa janji itu begitu penting bagi kita? 2.Apakah manfaat hujan awal dan hujan akhir bagi penginjilan? Apa hasil alami dari pembaruan rohani dalam kehidupan kita? 3.Apakah persyaratan untuk menerima hujan akhir? Apakah baptisan api itu dan bagaimana cara menerimanya? 4.Peran apakah yang dilakukan oleh pencurahan Roh Kudus dalam menyelesaikan pekerjaan Tuhan di bumi? 1.Apakah janji yang Yesus berikan dalam menjalankan perintah-Nya dalam memberitakan Injil ke seluruh dunia? Mengapa janji itu begitu penting bagi kita? 2.Apakah manfaat hujan awal dan hujan akhir bagi penginjilan? Apa hasil alami dari pembaruan rohani dalam kehidupan kita? 3.Apakah persyaratan untuk menerima hujan akhir? Apakah baptisan api itu dan bagaimana cara menerimanya? 4.Peran apakah yang dilakukan oleh pencurahan Roh Kudus dalam menyelesaikan pekerjaan Tuhan di bumi?

6 KUASA YANG DIJANJIKAN Memberitakan Injil kepada segala makhluk di bawah kolong langit ini adalah tugas setiap pengikut Kristus sesuai dengan perintah Agung Kristus dalam Matius 28: Memberitakan Injil kepada segala makhluk di bawah kolong langit ini adalah tugas setiap pengikut Kristus sesuai dengan perintah Agung Kristus dalam Matius 28: Kristus berjanji kepada para murid-Nya untuk memberikan kuasa, “Dan Aku akan mengirim kepadamu apa yang dijanjikan Bapa-Ku,...kamu akan diperlengkapi dengan kekuasaan dari tempat tinggi” (Lukas 24:49). Tak perduli betapa matangnya tugas itu tetapi janji Allah adalah pasti. Penyampaian Injil keseluruh dunia kelihatannya tidak mungkin, tetapi kuasa Allah akan mengal- ahkan segala rintangan.

7 Apakah Misi Yang Allah Tetapkan kepada Kita? “Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus” (Matius 28 :19). Apakah yang menjadi cakupan misi itu? “Dan Injil Kerajaan ini akan diberitakan di selu- ruh dunia menjadi kesaksian bagi semua bang- sa, sesudah itu barulah tiba kesudahan-nya“ (Matius 24:14). Kita tidak pernah dapat menyelesaikan misi itu oleh diri kita sendiri. Allah menjanjikan dua hal, bagi kita dalam melakukan-Nya “…Ketahuilah Aku Menyertai kamu sampai akhir zaman” (Matius 28:20) “Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi.“ (Kisah 1:8)

8 KUASA YANG DIJANJIKAN Allah akan menyelesaikan pekerjaan-Nya. Ia akan mencurahkan Roh-Nya dengan kuasa yang ajaib dan menyelesaikan apa yang kelihatannya mustahil menurut semua manusia. Misi Injil adalah misi keselamatan dan itu adalah misi Allah. Ia akan menyelesaikan- Nya sesuai dengan janji-janji-Nya. Allah akan menyelesaikan pekerjaan-Nya. Ia akan mencurahkan Roh-Nya dengan kuasa yang ajaib dan menyelesaikan apa yang kelihatannya mustahil menurut semua manusia. Misi Injil adalah misi keselamatan dan itu adalah misi Allah. Ia akan menyelesaikan- Nya sesuai dengan janji-janji-Nya. Setiap orang di atas planet bumi ini akan memiliki kesempatan yang layak untuk mendengarkan dan mengerti pekabaran Allah tentang kasih dan kebenaran sebelum keda- tang Yesus yang kedua kali (Wahyu 18:1).

9 “ “Sebab Aku akan mencurahkan air ke atas tanah yang haus, dan hujan lebat ke atas tempat yang kering. Aku akan mencurah- kan Roh-Ku ke atas keturunanmu, dan berkat-Ku ke atas anak cucumu” (Yesaya 44:3). “Kemudian dari pada itu akan terjadi, bahwa Aku akan mencurahkan Roh-Ku ke atas semua manusia” (Yoel 2:28). Hujan awal akan membawa benih-benih untuk berkecamabah dan memelihara masa awal pertumbuhan benih itu. Yesus menggunakan simbol air untuk menggambarkan kuasa Roh Kudus. HUJAN AWAL DAN HUJAN AKHIR

10 1.Hujan awal dari Roh Kudus turun atas murid-murid pada hari Pentakosta untuk memulaikan misi Kekristenan. 2.Hujan akhir akan dicurahkan atas gereja Allah pada akhir zaman untuk menyelesaikan misi-Nya di bumi. 1.Hujan awal dari Roh Kudus turun atas murid-murid pada hari Pentakosta untuk memulaikan misi Kekristenan. 2.Hujan akhir akan dicurahkan atas gereja Allah pada akhir zaman untuk menyelesaikan misi-Nya di bumi. Hujan akhir akan datang pada kahir musim semi untuk menghasilkan buah-buah yang matang untuk dituai. Allah menggunakan simbol hujan awal dan akhir dalam dua cara :  Peranan dari “hujan awal” yaitu Roh Kudus dalam pekerjaan sehari-hari adalah menginsafkan, mengajar, membimbing, memperdayakan setiap orang percaya.  Peranan “hujan akhir” adalah untuk menjelaskan sokongan khusus Roh Kudus Allah atas gereja Kristus sedangan Yesus.  Peranan dari “hujan awal” yaitu Roh Kudus dalam pekerjaan sehari-hari adalah menginsafkan, mengajar, membimbing, memperdayakan setiap orang percaya.  Peranan “hujan akhir” adalah untuk menjelaskan sokongan khusus Roh Kudus Allah atas gereja Kristus sedangan Yesus.

11 PERSYARATAN UNTUK HUJAN AKHIR Saat kita berdoa bagi pencurahan Roh Kudus, Allah bekerja di dalam hati kita untuk menuntun kita kepada pertobatan yang lebih sungguh. Syarat-syarat untuk menerima kecurahan Roh Kudus adalah : 1.Percaya pada janji-Nya (Kisah 1:8). 2.Meminta Janji-Nya (Zakharia 10:1) 3.Mencari Tuhan (Hosea. 10:12) 4.Bertobat (Kisah 3:19) 5.Berdoa (Kisah 4:31) 6.Belajar Alkitab (Mazmur 119:25 7.Being converted (Psalm 51:10-11) 8.Sehati (Kisah 1:14) 9.Menurut dan Melayani Allah (Ulangan 11:13-18) 10.Bersaksi (Mazmur 51:13

12 PERSYARATAN UNTUK HUJAN AKHIR Pencurahan Roh Kudus kepada murid-murid memberi kuasa untuk bersaksi lebih efektif. Kesaksian mereka begitu sangat berkuasa sehingga para gerombolan pemberontak di Tesalonika sangat ketakutan. Pemberian surga yang terindah ditawarkan dalam persedianan yang tidak terbatas untuk menyelesaikan tugas yang sangat mendesak dan penting yang pernah dipercayakan kepada gereja-Nya. Berdoa dan belajar Alkitab menyiapkan pikiran kita untuk peka kepada pelayanan Roh Kudus di dalam hidup dan dalam pelayanan kita. Kecurahan Roh Kudus adalah kebu- tuhan kita terbesar dan mengabarkan Injil keseluruh penjuru dunia ini.

13 Allah muncul seperti api kepada Musa (Kel 3:2-4) Dia juga melihat ada api di Sinai (Kel 24:17) Dia menjawab Elisa melalui Api(1 Raja-Raja 18:24) Dia adalah api yang memurnikan (Mal. 3:2-3) Dia turun seperti lidah api pada Pentakost (Kisah 2:1-4) Dia berjanji akan membaptiskan kita melalui api Roh Kudus(Lukas 3:16) Bagaimanakah hubungan Allah dan Api dalam Akitab? Simbol api adalah lambang kemuliaan, kehadiran dan kuasa Allah nyata dalam pelayanan Roh Kudus. Dibaptiskan dengan api adalah dibenamkan dalam kemuliaan kehadiran Allah melalui Roh Kudus untuk bersaksi dalam kekuasaan-Nya.

14 BAPTISAN API Baptisan Roh Kudus adalah baptisan api. “Ia akan membaptis kamu dengan Roh Kudus atau dengan api”(Matius 3:11). Baptisan Roh Kudus adalah pembenaman dalam kehadiran dan kuasa Allah agar kita dapat secara efektif menyaksikan kemu- liaan-Nya. Di akhir zaman umat Allah akan dibenamkan dalam kehadiran-Nya, dipe- nuhi dengan kuasa-Nya dan di utus untuk menyaksikan kemuliaan-Nya kepada dunia. Dunia akan dipenuhi oleh kemuliaan Allah. Kemuliaan Allah, karakter-Nya yang penuh kasih akan dinyatakan melalui Roh kudus kepada dunia yang sedang menunggu dan alam semesta yang sedang menonton. “Sebab bumi akan penuh dengan pengetahuan tentang kemuliaan Tuhan seperti air menutupi dasar laut”(Habakuk 2 : 14).

15 PERTENTANGAN BESAR BERAKHIR Pekerjaan Allah di dunia ini akan selesai, Yesus akan segera datang. Segenap surga dan bumi bersukacita. Tidak ada prioritas yang lebih penting dalam hidup kita dari pada mengalami kebangunan anugerah Allah dalam hati setiap hari dan mengun-dang Roh Kudus-Nya untuk mengubah kita kepada gambar-Nya. Hati Allah menderita atas dunia yang hilang. Segera umat-Nya akan mengungkapkan kepada dunia,baik kesaksian melalui perkataan dan perbuatan, anugerah Yesus yang luar biasa. Yesus telah mengalahkan setan di kayu salib. Dia akan mencurahkan Roh Kudus-Nya di akhir zaman dan pekerjaan Allah di dunia akan selesai.

16 PERTENTANGAN BESAR BERAKHIR “Hamba-hamba Allah dengan wajah yang bersinar dengan pengabdian kudus, akan mempercepat penyiaran pekabaran dari surga itu dari satu tempat ke tempat yang lain.Melalui ribuan suara amaran itu akan disampaikan keseluruh dunia.Mukjizat-mukjizat akan diadakan, orang sakit disembuhkan dan tanda-tanda ajaib akan menyertai orang-orang percaya.” Ellen G.White, Alfa dan Omega, Jilid 8, hal Kristus memberikan umat-Nya otoritas atas semua kekuatan neraka dan kekuatan jahat dalam rangka melaksanakan pelaksanaan Injil. Tentang firman Tuhan akan menembus sudut tergelap dunia ini. Kemuliaan Allah adalah karakter-Nya. Semuanya akan diakhiri dan Yesus akan segera datang.

17 “Kemudian dari pada itu aku melihat seorang malaikat lain turun dari sorga. Ia mempunyai kekuasaan besar dan bumi menjadi terang oleh kemuliaannya” (Wahyu 18:1). Dalam buku Wahyu di jelasakan bahwa pertentangan besar itu akan berakhir : 1.Setan dengan segala upayanya akan menyesatkan dan memerangi umat Tuhan (Wahyu 12:17) 2.Umat Tuhan akan menerima kuasa yang luar biasa untuk mengabarkan Injil kepada dunia (Wahyu. 18:1) 3.Setan akan menghasut semua bangsa untuk menetang Kristus dan Umat-Nya (Wahyu. 16:13-16) 4.Anak Domba Allah (Yesus) telah dan akan mengalahkan setan dan pengikut-pengikutnya (Wahyu 17:14; 19:11-16) 5.Setan dan pengikutnya akan dihancurkan dan umat Tuhan akan hidup kekal dan tinggal di dunia baru untuk selama-lamanya. (Wahyu 21:1-8)

18 PERTANYAAN PENERAPAN 1.Adakah yang mengalangi curahan hujar akhir secara sepenuhnya dalam hidup saya? 2.Mukinkah saya dapat merasakan tengelam dalam hadirat Allah? Bagaimana cara-Nya? 3.Apakah yang terjadi dalam hidup kita jika hati kita sepenuhnya diserahkan kepda Allah? “Mempercayai bahwa kekuatan daya cipta Allah membentuk kehidupan, bangsa dan sejarah memberi keyakinan dalam kekuatan-Nya untuk menye-lamatkan kita dari dosa dan mendorong kita untuk mengucapkan bersama-sama dengan Daud, “Jadikanlah hatiku tahir, ya Allah dan perbaharuilah batinku dengan roh yang teguh!” (Mazmur 51 : 12)

19 KESIMPULAN Pencurahan Roh Kudus memberi kuasa para murid bersaksi secara efektif. Kemuliaan Allah, karakter-Nya yang penuh kasih akan dinyatakan melalui kuasa Roh Kudus dunia yang sedang menunggu dan alam semesta yang sedang menonton. Setiap pribadi di atas planet bumi akan memiliki kesempatan untuk mendengar dan mengerti pekabaran Allah di akhir zaman. Pekerjaan Allah di dunia akan selesai. Yesus akan datang. Segenap surga dan bumi akan bersukacita. Tidak ada prioritas yang lebih penting dalam hidup kita dari pada mengalami kebangunan anugerah Allah dalam hati kita setiap hari dan mengundang Roh Kudus-Nya untuk mengubah kita kepada gambar-Nya (1 Yohanes 3:1-3).

20 APLIKASI 1.Setiap orang diharapkan dapat MENGERTI bahwa menyelesaikan pekerjaan Tuhan di bumi dan memberitakan Injil ke seluruh dunia mungkin tanpak mustahil, Tuhan akan mencurahkan Roh Kudus-Nya dengan sepenuh- Nya pada orang-orang untuk menyelesaikan misi-Nya. 2.Setiap orang diharapkan dapat a.MENGALAMI sukacita mengetahui bahwa Allah akan bekerja secara ajaib untuk menyelesaikan pekerjaan-Nya. b.MERASAKAN kesempatan yang indah untuk menerima kuasa Roh Kudus dalam hujan akhir. 3.Setiap orang diharapkan dapat BERKOMITMEN untuk menyerahkan hidup sepenuhnya kepada Allah setiap hari. Prepared by : tft,ss/pp 13/3/13 Alamat Telp No.Hp Selamat Melayani & TUHAN MEMBERKATI


Download ppt "Pelajaran Sekolah Sabat ke 13, 28 September 2013."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google