Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Lautan di Dunia 1. Samudera Pasifik 2. Samudera Atlantik 3. Samudera Hindia 4. Samudera Artik.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Lautan di Dunia 1. Samudera Pasifik 2. Samudera Atlantik 3. Samudera Hindia 4. Samudera Artik."— Transcript presentasi:

1

2 Lautan di Dunia 1. Samudera Pasifik 2. Samudera Atlantik 3. Samudera Hindia 4. Samudera Artik

3 Lautan di Dunia

4 KLASIFIKASI LAUT Menurut Terjadinya 1. Laut Transgresna : Laut Genangan, terjadi karena perubahan permukaan Laut pada jaman Glasial. –Contoh : Dangkalan Sunda ( L. Jawa, L Natuna, Sel Malaka, Sel SUnda –Contoh : Dangkalan Sahul ( L Arafuru) –Contoh : Laut Utara 2. Laut Ingresi: Laut dalam dimana dasar laut mengalami pemerosotan akibat tenaga tektonik. –Contoh: Laut Jepang, Laut Sulawesi, Laut Banda 3. Laut Regresi : Laut yang mengalami Penyempitan akibat pendangkalan Contoh : Laut Jawa, Selat malaka

5 KEPULAUAN INDONESIA Samudera Pasifik Samudera Hindia Paparan Sunda Paparan Sahul

6 Klasifikasi Laut di Dunia Menurut Letaknya 1.Laut Tepi, yaitu laut yang terdapat di tepi/pinggir benua, contoh laut jepang, Laut Kuning, Laut Utara, Laut Arab

7 2.Laut Pedalaman, yaitu laut yang terdapat ditengah benua seperti laut hitam, laut Mati, laut kaspia.

8 3. Laut pertengahan, yaitu laut yang terapit oleh dua pulau/benua atau lebih seperti laut-laut di Indonesia, Laut Mediterania, Laut Merah.

9 Klasifikasi Laut menurut Zona Kedalamannya/kemampuan cahaya matahari menembus dasar laut, –Wilayah laut pasang surut (litoral) –Wilayah laut dangkal(Neritis) –Wilayah laut dalam (batyal) –Wilayah laut sangat dalam (abysal)

10

11

12 Zona Laut 1. Morfologi dasar laut dibedakan menjadi: Tepi benua (continental margin); morfologi yang terletak dekat pantai yang benuanya menurun ke cekungan dasar laut. Morfologi ini dapat dibedakan menjadi tiga wilayah, yaitu: a. Paparan benua (continental shelf), daerah yang mempunyai lereng landai (kemiringan kuranng dari 1  ) dan berbatasan langsung dengan daratan. Bagian ini biasanya memiliki kedalaman maksimum antara 100 – 200 meter dan lebar.

13 b. Lereng benua (continental slope) Merupakan bagian dasar laut yang menurun tajam dan curam ke arah dasar laut sampai kedalaman antara 50 – 70 km. antara meter dengan kemiringan antara 3  sampai dengan 6 . c. Continental rise Merupakan daerah yang mempunyai lereng yang perlahan-lahan menjadi dasar lautan.

14 Dasar laut dalam (deep sea bottom) Merupakan morfologi dasar laut yang meiliki kedalaman antara meter dan meliputi lebih dari 75 % daerah dasar laut. Bentukan yang ada ada daerah ini antara lain: Abysal plain (dataran abisal) Trog (palung) Punggungan samudera(oceanic ridge) Gunung laut (seamount) Punggung bukit ( abysal hill)

15 Gerakan air laut Berdasarkan penyebabnya/material yang mengalam pergerakan, gerakan air laut dapat disebabkan oleh angin, suhu dan gaya tarik antara bulan dan matahari.. Berdasarkan material yang mengalami gerakan, gerakan air laut dapat dibedakan atas gerakan air laut yang disertai masa airnya.

16 Secara umum, gerakan air laut meliputi gelombang, arus dan pasang surut. Gelombang; merupakan gerakan naik turunnya air laut yang tidak disertai perpindahan massa airnya. Pada umumnya, gelombang laut dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain: –kecepatan angin –lama angin bertiup –luas daerah tempat angin bertup - kedalaman air laut dan Kekuatan Gempa

17

18 tsu : pelabuhan nami : ombak Gelombang Laut

19 Arus Laut Arus; merupakan gerakan massa air laut dari suatu tempat ke tempat lain dengan disertai perpindahan massa airnya Berdasarkan suhunya, arus laut dapat dibedakan sebagai berikut: –Arus panas, yaitu arus dengan suhu air yang lebih panas daripada suhu air laut yang didatanginya –Arus dingin, yaitu arus dengan suhu air lebih dingin daripada suhu air laut yang didatanginya.

20 Arus Laut yang Membentuk Pusaran Dikenal dengan sebutan Samudera bermuda Berdasarkan faktor penyebabnya, arus dapat dibedakan sebagai berikut: 1) Arus tetap 2) Arus kompensasi 3) Arus setengah tahunan (musiman) 4) Arus vertikal 5) Arus atas dan arus bawah

21 Segitiga Bermuda

22 Berdasarkan Penyebabnya: Arus laut yang disebabkan oleh Angin. Arus Laut yang disebabkan oleh Pasang-surut. Arus Laut yang disebabkan beda tinggi permukaan Air laut Arus laut yang disebabkan oleh pengaruh daratan dan Lautan Arus Laut yang disebabkan perbedaan kadar garam.

23 Berdasarkan letaknya : 1) arus bawah, yaitu arus yang bergerak di bawah permukaan air laut 2) arus atas, yaitu arus yang bergerak di permukaan air laut.

24 Gambar: Arus laut dunia di beberapa Samudera

25 Pasang Surut Air laut, terjadi akibat adanya gaya tarik bulan dan matahari, seperti gambar di bawah ini

26 Kualitas air laut Kualitas air laut dapat dilihat berdasarkan parameter temperatur, salinitas dan kecerahan (warna) air laut. Temperatur air laut Temperatur air laut ditentukan oleh radiasi matahari. Karena itulah, temperatur air laut cenderung berkurang sesuai dengan perubahan kedalaman dan juga semakin berkurang apabila semakin jauh dari ekuator.

27 2. Salinitas (kadar garam) Salinitas adalah jumlah garam – garam yang terkandung dalam setiap satu kilogram air laut yang dinyatakan dengan prose (%) atau promil. Salinitas di setiap laut berbeda-beda.

28 Faktor-faktor yang menyebabkan perbedaan kadar garam di setiap perairan laut adalah sebagai berikut : –Kadar penguapan –Curah hujan –Banyak sedikitnya air tawar yang masuk ke laut –Banyak sedikitnya cairan es yang masuk ke dalam laut –Arus laut.

29 3. Kecerahan (warna) air laut Warna air laut bergantung kepada zat terlarut yang ada di dalamnya. Zat ini dapat berupa : endapan dan organisme yang hidup di dasar laut dan pengaruh gelombang elektromagnetik dari matahari.

30 Warna air laut antara lain : Biru : disebabkan oleh sinar matahri yang bergelombang pendek (biru) dipantulkan lebih banyak daripada sinar lain Kuning : di dasar laut terdapat lumpur kuning yang diangkut Sungai Kuning (hoang-Ho)dari daratan Indo China. Hijau: terdapatnya lumpur hijau

31 Putih: terdapat es Ungu: adanya organisme yang mngeluarkan sinar-sinar fosfor Hitam: adanya lumpu tanah chernozem Merah: terdapatnya binatang-binatang kecil berwarna merah.

32 1. Patahan dasar laut atau dasar samudera dapat membentuk sebuah…. A.Palung (trench) B.lubuk C.Guyot D.Ambang laut E.Gunung laut

33 2. Laut yang banyak mengandung sedimentasi tanah Loss akan berwarna …. A.Merah B. Kuning C. Merah D. Hitam E. Biru

34 3. Air laut akan engalami pasang setiap harinya pada jam …. A.6.00 dan B dan C dan D dan 6.00 E dan 24.00

35 4. Air laut akan engalami pasang setiap harinya pada jam …. A.6.00 dan B dan C dan D dan 6.00 E dan 24.00

36 5. Mana yang BUKAN ciri akan terjadinya tsunami ? A. Munculnya awan gempa bumi B. Air laut surut secara drastis C. Diawali gempa bumi D. Binatang berperilaku aneh E. Orang berteriak minta tolong


Download ppt "Lautan di Dunia 1. Samudera Pasifik 2. Samudera Atlantik 3. Samudera Hindia 4. Samudera Artik."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google