Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MANAGEMENT SUPPORT SYSTEM Peran SI dalam MSS dan DSS.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MANAGEMENT SUPPORT SYSTEM Peran SI dalam MSS dan DSS."— Transcript presentasi:

1 MANAGEMENT SUPPORT SYSTEM Peran SI dalam MSS dan DSS

2 Tujuan MSS Sistem pendukung manajemen diharapkan mampu membantu setiap orang yang membutuhkan pengambilan keputusan dengan lebih tepat dan akurat. Memecahkan suatu masalah, pemecah masalah mungkin membuat banyak keputusan.

3 Mengapa Manajemen Membutuhkan DSS & MSS Keputusan untuk membangun sistem informasi yang dapat memenuhi kebutuhan manajemen tingkat atas. Kebutuhan untuk menciptakan pelaporan dan proses pengambilan keputusan yang memiliki arti (makna).

4 Alasan Lainnya ? Untuk melengkapi sistem informasi manajemen yang tersedia adalah karena sistem ini tentunya akan lebih mempercepat perhitungan. Untuk mengatasi kelemahan-kelemahan sistem informasi manajemen yang ada. untuk meningkatkan kemampuan dalam pemrosesan dan penyimpanan data dan informasi. untuk mendukung kualitas, dan memberikan keunggulan kompetitif bagi penggunanya.

5 Selain DSS yang mampu memberi solusi pada SIM Sistem Kelompok Pendukung Pengambilan Keputusan/Group Decision - Support Systems (GDSS) Sistem Pendukung Pengambilan Keputusan Eksekutif/Executive - Support Systems (ESS) Sistem Pakar/Expert System

6 Sistem pendukung di atas mampu membantu pengambilan keputusan manajemen dengan menggabungkan data, model-model dan alat- alat analisis yang kompleks. Sistem pendukung diatas juga menyajikan kepada pengguna satu perangkat alat yang fleksibel dan memiliki kemampuan tinggi untuk analisis data penting.

7 Jenis DSS yang didasarkan pada tingkat dukungan pemecahan masalah Dalam suatu penelitiannya Steven S. Alter mengembangkan satu taksonomi dari enam jenis DSS

8 Dampak Pengambilan Keputusan DSS juga memungkinkan para manajer untuk melihat dampak-dampak yang mungkin timbul dari berbagai keputusan yang diambil. Model DSS tidak dapat menentukan apakah model tersebut merupakan suatu keputusan terbaik.

9 Tipe DSS Model-driven DSS Data-driven DSS

10 Model-driven DSS suatu sistem yang berdiri sendiri terpisah dari sistem informasi organisasi secara keseluruhan Kemampuan analisis dari DSS ini umumnya dikembangkan berdasarkan model atau teori

11 Data-driven DSS Menganalisis sejumlah besar data yang ada atau tergabung di dalam sistem informasi organisasi. Kemampuan DSS ini untuk membantu proses pengambilan keputusan dengan memungkinkan para pengguna untuk mendapatkan informasi yang bermanfaat dari data yang tersimpan di dalam database yang besar.

12 Bentuk Reports MSS Sistem pendukung manajemen ini umumnya menghasilkan pelaporan yang terjadwal secara reguler dan tetap. Satu bentuk pelaporan berbasiskan sistem informasi manajemen mungkin menunjukkan suatu ikhtisar realisasi penyerapan anggaran per bulan untuk setiap satuan kerja pada suatu instansi. MSS yang tradisional yaitu MIS umumnya menyajikan pelaporan yang tercetak (hard copy reports).

13 Terima Kasih


Download ppt "MANAGEMENT SUPPORT SYSTEM Peran SI dalam MSS dan DSS."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google