Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN Dosen : Welda S.Kom. PENDAHULUAN Pengertian Sistem Informasi: Adalah sekumpulan elemen yang bekerja secara bersama-sama baik.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN Dosen : Welda S.Kom. PENDAHULUAN Pengertian Sistem Informasi: Adalah sekumpulan elemen yang bekerja secara bersama-sama baik."— Transcript presentasi:

1 SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN Dosen : Welda S.Kom

2 PENDAHULUAN Pengertian Sistem Informasi: Adalah sekumpulan elemen yang bekerja secara bersama-sama baik secara manual ataupun berbasis komputer dalam melaksanakan pengolahan data yang berupa pengumpulan, penyimpanan, pemrosesan data untuk menghasilkan informasi yang bermakna dan berguna bagi proses pengambilan keputusan

3 Tipologi Sistem Informasi Berdasarkan Tingkatan Manajemen, Sistem Informasi dibedakan menjadi: 1. Keputusan Jk.Panjang 2. Informasi ringkas 3. Informasi internal dan eksternal 1. Keputusan Jk.menengah 2. Informasi agak rinci 3. Membutuhkan informasi internal 1. Keputusan harian 2. Informasi terinci dan spesifik 3. Informasi internal Manajer Strategis Manajer Taktik Manajer Operasional

4 Tipologi Sistem Informasi Berdasarkan tingkatan manajemen tersebut, Szymanski membagi sistem informasi menjadi 6 kategori: Sistem informasi operasional (Operational Information Systems) Sistem informasi manajemen (Management Information Systems) Sistem informasi pendukung keputusan (Decision Support Systems) Sistem Informasi Eksekutif (Executive Support Systems) Sistem Pakar (Expert Systems) Sistem informasi perkantoran (Office Information Systems)

5 Maka Sistem Pendukung Keputusan merupakan salah satu bagian dari sistem informasi yang membantu para pengambil keputusan dalam menentukan kebijakan, secara tepat, efisien, dan efektif dalam berbagai bidang/hal.

6 Sistem Pendukung Keputusan (Decision Support System) Definisi: Sistem Pendukung Keputusan : sistem interaktif yang membantu pengambil keputusan melalui penggunaan data dan model-model keputusan untuk memecahkan masalah-masalah yang sifatnya semi terstruktur dan tidak terstruktur

7 Menurut Alters Keen, Ciri-ciri SPK yang membedakannya dengan sistem informasi lain: 1. SPK dtujukan untuk membantu memecahkan masalah semi terstruktur dan tidak terstruktur 2. SPK merupakan gabungan antara kumpulan model kualitatif dan kumpulan data 3. SPK memiliki fasilitas interaktif yang mempermudah hubungan antara manusia dengan komputer 4. SPK bersifat luwes dan dapat menyesuaikan dengan perubahan-perubahan yang terjadi

8 Karakteristik SPK: 1. Kapabilitas Interaktif 2. Fleksibilitas di berbagai bidang fungsional 3. Kemampuan menginteraksikan model 4. Fleksibilitas Output dengan menyediakan berbagai macam output (termasuk grafik)

9 Tujuan SPK : a. Membantu manajer membuat keputusan untuk memecahkan masalah semi terstruktur b. Mendukung penilaian manajer bukan mencoba menggantikannya c. Meningkatkan efektivitas pengambilan keputusan manajer daripada efisiensinya

10 Struktur masalah Solusi Komputer Solusi Manajer Tingkat struktur Masalah 1. Terstruktur2. Semi terstruktur3. Tak terstruktur

11 Perkembangan SPK Perkembangan dari SPK menciptakan gagasan² sistem pendukung keputusan bagi kelompok, eksekutif, dan organisasi. A. Sistem Pendukung Keputusan Kelompok (SPKK) (Group Decision Support System) merupakan suatu sistem berbasis komputer yang interaktif untuk membantu dalam mencari solusi dari permasalahan² tidak terstruktur bagi sekelompok pengambil keputusan yang bekerja bersama² Perangkat lunak yang digunakan adalah yang dapat mengorganisasikan pendapat², mengumpulkan informasi, mengurutkan prioritas, dan aspek² lain yang dapat membantu pertemuan² pengambilan keputusan.

12 Perkembangan SPK B. Sistem Pendukung Keputusan Eksekutif (SPKE) Merupakan sistem yang harus bersifat fleksibel karena kebutuhan para eksekutif yang akan berubah dengan sangat cepat. Oleh karena itu banyak SPE dibuat dengan prototipe. Keuntungan SPKE terutama karena kemampuannya untuk menganalisis, membandingkan, dan memperlihatkan kecenderungan dengan waktu yang cepat. Keputusan² dapat diambil segera sehingga permasalahan dapat diatasi sebelum kondisi menjadi lebih buruk.

13 Perkembangan SPK C. Sistem Pendukung Keputusan Organisasi (SPKO) Organizational Decision Support System (ODSS) Merupakan sistem yang besar, kompleks dan membutuhkan pemrograman secara sistemik SPKO dapat dikembangkan dalam 4 fase: 1. Strukturisasi 2. Pembentukan kerangka pengembangan sistem 3. Proses iteratif dan pembuatan prototipe untuk mengembangkan modul² sistem 4. Implementasi sistem.


Download ppt "SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN Dosen : Welda S.Kom. PENDAHULUAN Pengertian Sistem Informasi: Adalah sekumpulan elemen yang bekerja secara bersama-sama baik."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google