Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Fisika Gerak dan Dinamika Partikel (SMA Kelas X) Erwin Abdulrahman.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Fisika Gerak dan Dinamika Partikel (SMA Kelas X) Erwin Abdulrahman."— Transcript presentasi:

1 Fisika Gerak dan Dinamika Partikel (SMA Kelas X) Erwin Abdulrahman

2 Format Naskah Bahan Ajar Mata Pelajaran: Fisika SMA kelas X Topik : Gerak dan Dinamika Partikel Nama Guru : Erwin Abdulrahman No. Halaman : 1 Sinopsis: Dalam gerak Anda akan terlibat dengan besaran skalar dan besaran vektor. Besaran skalar cukup didefinisikan dari besarnya (nilainya) saja dan Anda tidak perlu memperhatikan arahnya. Besaran skalar yang akan Anda pelajari dalam gerak adalah jarak dan kelajuan. Besaran vektor dalam gerak adalah posisi, perpindahan, kecepatan, dan percepatan. Ketika Anda menangani besaran vektor, maka selain besarnya, Anda juga harus menangani arah dari besaran tersebut. Perlu diingat bahwa nilai dari besaran vektor selalu positif (tidak pernah negatif). Karena yang Anda amati hanyalah gerak lurus maka arah vektor cukup ditandai dengan tanda positif (+) atau negatif (-). Poin-poin yang akan Anda pelajari dalam topik kali ini antara lain. 1.Konsep tentang gerak, posisi, jarak, perpindahan. 2.Kelajuan dan kecepatan sesaat. 3.Kelajuan dan kecepatan rata-rata. VIDEO Keterangan Tampilan: Keterangan: Tampilan:

3 Format Naskah Bahan Ajar Mata Pelajaran: Fisika SMA kelas X Topik : Gerak dan Dinamika Partikel Nama Guru : Erwin Abdulrahman No. Halaman : 1 Gerak: Suatu benda dikatakan bergerak jika POSISI senantiasa BERUBAH dari suatu ACUAN tertentu VIDEO Keterangan Tampilan: Keterangan: Tampilan: Apakah orang di dalam mobil (berwarna merah) dikatakan bergerak jika ACUANNYA adalah anak kecil ??

4 Format Naskah Bahan Ajar Mata Pelajaran: Fisika SMA kelas X Topik : Gerak dan Dinamika Partikel Nama Guru : Erwin Abdulrahman No. Halaman : 1 Gerak: Suatu benda dikatakan bergerak jika POSISI senantiasa BERUBAH dari suatu ACUAN tertentu VIDEO Keterangan Tampilan: Keterangan: Tampilan: Apakah orang di dalam mobil (berwarna merah) dikatakan bergerak jika ACUANNYA adalah sesama penumpang di dalam mobil (berwarna hijau) ???

5 Format Naskah Bahan Ajar Mata Pelajaran: Fisika SMA kelas X Topik : Gerak dan Dinamika Partikel Nama Guru : Erwin Abdulrahman No. Halaman : 1 Gerak: Suatu benda dikatakan bergerak jika POSISI senantiasa BERUBAH dari suatu ACUAN tertentu VIDEO Keterangan Tampilan: Keterangan: Tampilan: APA KESIMPULAN YANG DAPAT ANDA DAPATKAN ???

6 Format Naskah Bahan Ajar Mata Pelajaran: Fisika SMA kelas X Topik : Gerak dan Dinamika Partikel Nama Guru : Erwin Abdulrahman No. Halaman : 1 Posisi: Adalah letak suatu benda pada suatu waktu tertentu terhadap suatu acuan tertentu. VIDEO Keterangan Tampilan: Keterangan: Tampilan: KANANKIRI ACUAN DIMANA POSISI ORANG TUA ???

7 Format Naskah Bahan Ajar Mata Pelajaran: Fisika SMA kelas X Topik : Gerak dan Dinamika Partikel Nama Guru : Erwin Abdulrahman No. Halaman : 1 Posisi: Adalah letak suatu benda pada suatu waktu tertentu terhadap suatu acuan tertentu. VIDEO Keterangan Tampilan: Keterangan: Tampilan: DIMANA POSISI ORANG TUA ??? DAPATKAH ANDA MENENTUKAN POSISI TANPA ACUAN ???

8 Format Naskah Bahan Ajar Mata Pelajaran: Fisika SMA kelas X Topik : Gerak dan Dinamika Partikel Nama Guru : Erwin Abdulrahman No. Halaman : 1 Posisi: Adalah letak suatu benda pada suatu waktu tertentu terhadap suatu acuan tertentu. VIDEO Keterangan Tampilan: Keterangan: Tampilan: KANANKIRI ACUAN Biasanya selain arah, posisi juga dapat ditentukan dengan JARAK-nya. Posisi orang tua ber-jarak 5 m di sebelah kiri anak kecil. 5 m

9 Format Naskah Bahan Ajar Mata Pelajaran: Fisika SMA kelas X Topik : Gerak dan Dinamika Partikel Nama Guru : Erwin Abdulrahman No. Halaman : 1 Umumnya titik di sebelah kanan acuan disebut titik positif dan titik negatif. VIDEO Keterangan Tampilan: Keterangan: Tampilan: KANANKIRI ACUAN 5 m


Download ppt "Fisika Gerak dan Dinamika Partikel (SMA Kelas X) Erwin Abdulrahman."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google