Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

*JURNAL ILMIAH PENELITIAN TINDAKAN KELAS BIOLOGI* PEMAHAMAN KONSEP KEANEKARAGAMAN TUMBUHAN DENGAN MEMANFAATKAN LINGKUNGAN SEKOLAH DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "*JURNAL ILMIAH PENELITIAN TINDAKAN KELAS BIOLOGI* PEMAHAMAN KONSEP KEANEKARAGAMAN TUMBUHAN DENGAN MEMANFAATKAN LINGKUNGAN SEKOLAH DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI."— Transcript presentasi:

1 *JURNAL ILMIAH PENELITIAN TINDAKAN KELAS BIOLOGI* PEMAHAMAN KONSEP KEANEKARAGAMAN TUMBUHAN DENGAN MEMANFAATKAN LINGKUNGAN SEKOLAH DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SLTP

2 ABSTRAK Hasil observasi pada beberapa SLTP Negeri di kotamadya Denpasar menunjukkan beberapa kendala salah satunya sulit menanamkan pemahaman konsep keanekaragaman tumbuhan kepada siswa. Tujuan dari penelitian tindakan ini antara lain untuk mengetahui bahwa pemanfaatan lingkungan sekolah dapat meningkatkan pemahaman konsep keanekaragaman tumbuhan dan untuk meningkatkan kemampuan siswa mengerjakan tugas secara kelompok. Hasil analisis data diperoleh keberhasilan belajar pada siklus I; 71,79 %, siklus II; 84,62%, dan siklus III; 94,874 %.

3 PENDAHULUAN Berdasarkan observasi pendahuluan pada beberapa sekolah di Denpasar seperti SLTP 1, 2,5 dan 10 Kotamadya Denpasar terdapat bebrapa kendala yang dihadapi guru dalam pembelajaran biologi. Salah satu kendalanya adalah dalam mengerjakan konsep keanekaragaman tumbuhan. Kesulitan itu disebabkan sulitnya siswa menghafal nama- nama tumbuhan yang ada, referensi kurang, waktu terbatas dan jam mengajar guru cukup padat.

4 Dari hasil wawancara dengan guru biologi SLTPN 10 kodya Denpasar juga diperoleh keterangan bahwa lingkungan sekolah belum pernah dimanfaatkan dalam proses pembelajaran, khususnya keanekaragaman tumbuhan. Karena pada kenyataannya guru lebih banyak menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran biologi.

5 Menurut Sukmadinata (1988), guru yang baik adalah guru yang berhasil dalam pengajaran, yaitu guru yang dapat mempersiapkan siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran sesuai dengan yang dirumuskan dalam kurikulum.

6 METODE PENELITIAN Penelitian ini berlangsung tiga siklus, setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu: 1. Tahap perencanaan 2. Tahap pelaksanaan tindakan 3. Tahap observasi 4. Tahap refleksi

7 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN Hasil penelitian Dari ketiga siklus tersebut diperoleh hasil secara berturut-berturut, yaitu: a. 71,79 % pada siklus I b. 84,62 % pada siklus II c. 94,87 % pada siklus III Artinya ada peningkatan pemahaman konsep keanekaragaman tumbuhan yang dikuasai oleh siswa SLTPN 10 kotamadya Denpasar dalam proses pembelajaran biologi.

8 Pembahasan Pemanfaatan lingkungan sekolah dalam pembelajaran biologi dapat meningkatkan pemahaman konsep keanekaragaman tumbuhan pada siswa. Hal ini telah terbukti dari hasil pelaksanaan tindakan pada setiap siklus. Dari data tersebut terdapat peningkatan pemahaman konsep siswa yang sangat meyakinkan.

9 Hasil penelitian ini bermanfaat bagi siswa, seperti: (1) siswa memiliki keterampilan untuk mendapatkan ilmu yang berupa “keterampilan proses” atau metode ilmiah, (2) gairah belajar siswa meningkat, (3) belajar menjadi bermakna, Penelitian ini juga berguna bagi guru, karena 1. dapat memperdalam pendekatan dan metode yang digunakan, 2. guru menjadi lebih profesional. Implikasi penelitian ini bagi sekolah adalah sekolah memiliki guru yang profesional dan sekolah dapat menambah koleksi tumbuhan yang berguna dalam proses pembelajaran, keindahan, kesejukan, dan pelestarian lingkungan.

10 KESIMPULAN Pemanfaatan lingkungan sekolah dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan pemahaman konsep keanekaragaman tumbuhan pada siswa. Hal ini dibuktikan dengan terjadinya peningkatan ketuntasan belajar siswa pada setiap siklus, yaitu 71,79% pada siklus I, 84,62% pada siklus II, dan 94,87% pada siklus III.

11 Sumber buku Arief, A “Menciptakan Situasi Belajar Mengajar yang Dinamis”. Jurnal Chimera 1 (1)/96:5 – 21. Depdikbud Kurikulum SLTP. Petunjuk Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikdas & Menengah, Direktorat Pendidikan Menengah Umum. Sardjono Permasalahan Pendidikan di Sekolah dan Upaya Pemecahannya. Malang: Dirjen Dikti Depdiknas.

12 TERIMA KASIH SEE YOU AGAIN...


Download ppt "*JURNAL ILMIAH PENELITIAN TINDAKAN KELAS BIOLOGI* PEMAHAMAN KONSEP KEANEKARAGAMAN TUMBUHAN DENGAN MEMANFAATKAN LINGKUNGAN SEKOLAH DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google