Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

L/O/G/O PENILAIAN JURNAL. Jurnal adalah catatan pendidik didalam dan diluar kelas yang berisi informasi hasil pengamatan tentang kekuatan dan kelemahan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "L/O/G/O PENILAIAN JURNAL. Jurnal adalah catatan pendidik didalam dan diluar kelas yang berisi informasi hasil pengamatan tentang kekuatan dan kelemahan."— Transcript presentasi:

1 L/O/G/O PENILAIAN JURNAL

2 Jurnal adalah catatan pendidik didalam dan diluar kelas yang berisi informasi hasil pengamatan tentang kekuatan dan kelemahan peserta didik berkaitan dengan sikap dan perilaku.

3 OBJEK SIKAP sikap terhadap: materi pelajaran, guru, proses pembelajaran, serta nilai atau norma yang berhubungan dengan materi pelajaran.

4 Penilaian sikap dapat dilakukan dengan observasi melalui: jurnal belajar siswa (buku harian), pertanyaan langsung, laporan pribadi.

5 PETUNJUK TEKNIS PERENCANAAN PENILAIAN JURNAL menentukan sikap dan perilaku yang dinilai dalam satu pokok bahasan tertentu, menyusun indikator sikap dan perilaku berdasarkan kompetensi yang telah dirumuskan, Menentukan lamanya waktu pelaksanaan pengamatan, merencanakan format jurnal yang akan digunakan untuk mencatat sikap peserta didik mempersiapkan buku/jurnal untuk kepentingan pencatatan

6 PETUNJUK TEKNIS PELAKSANAAN PENILAIAN JURNAL mengamati perilaku peserta didik, membuat catatan tentang sikap dan perilaku siswa baik di dalam maupun di luar sekolah, mencatat tampilan sikap siswa sesuai dengan indikator yang akan dinilai, mencatat sesuai urutan waktu kejadian dengan membubuhkan tanggal pencatatan setiap tampilan sikap siswa, mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan peserta didik berdasarkan catatan sikap peserta didik

7 PETUNJUK PEMBERIAN UMPAN DAN PELAPORAN UNTUK PENILAIAN PROSES Melakukan pemaknaan berdasarkan pada indikator sikap dan perilaku yang diamati Umpan balik diberikan langsung dan segera, Umpan balik disampaikan secara lisan dan atau tertulis Umpan balik bersifat konstruktif, Pelaporan hasil ditulis dalam bentuk deskripsi dan atau kategorisasi.

8 PETUNJUK PEMBERIAN UMPAN BALIK DAN PELAPORAN UNTUK PENILAIAN AKHIR Dijadikan sebagai dasar membuat keputusan, Keputusan diambil berdasarkan tingkat capaian kompetensi, Pelaporan diberikan dalam bentuk kategori capaian sikap dan disertai deskripsi, Pelaporan bersifat tertulis, Pelaporan disampaikan kepada wali kelas untuk ditulis dalam buku laporan pendidikan, Pelaporan bersifat komunikatif, mudah dipahami orang tua dan peserta didik, Pelaporan mencantumkan capaian kompetensi/kemampuan peserta didik.

9 ACUAN KUALITAS PERANGKAT PENILAIAN Mengukur capaian kompetensi sikap yang penting untuk dikembangkan Sesuai dengan kompetensi dasar dan indikator, Menggunakan format yang sederhana dan mudah diisi/digunakan Dapat merekap tampilan sikap peserta didik secara kronologis

10 Memungkinkan dilakukannya sistem pencatatan yang sistematis, jelas dan komunikatif Format pencatatan memudahkan pemaknaan terhadap tampilan sikap peserta didik, menuntun guru untuk mengidentifikasi kelemahan dan kekuatan peserta didik

11 L/O/G/O Thank You!


Download ppt "L/O/G/O PENILAIAN JURNAL. Jurnal adalah catatan pendidik didalam dan diluar kelas yang berisi informasi hasil pengamatan tentang kekuatan dan kelemahan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google