Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Teknik Pengembangan Instrumen Penilaian Diri. Perencanaan untuk penilaian diri pada peserta didik harus memenuhi beberapa langkah berikut.  Menentukan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Teknik Pengembangan Instrumen Penilaian Diri. Perencanaan untuk penilaian diri pada peserta didik harus memenuhi beberapa langkah berikut.  Menentukan."— Transcript presentasi:

1 Teknik Pengembangan Instrumen Penilaian Diri

2 Perencanaan untuk penilaian diri pada peserta didik harus memenuhi beberapa langkah berikut.  Menentukan ranah kemampuan yang akan dinilai (kognitif/afektif/psikomotor)  Menentukan kompetensi atau aspek kemampuan yang akan dinilai.  Menyusun kriteria penilaian yang akan digunakan.  Menyusun format penilaian (dapat berupa pedoman penskoran/daftar tanda cek/ skala penilaian.

3 Pelaksanaan penilaian diri dan pemberian umpan balik perlu memenuhi beberapa langkah berikut.  Menyampaikan kriteria penilaian kepada peserta didik  Membagikan format penilaian diri kepada peserta didik  Meminta peserta didik untuk melakukan penilaian diri  Menyampaikan umpan balik kepada peserta didik berdasarkan hasil kajian terhadap hasil penilaian peserta didik  Umpan balik disampaikan secara lisan melalui konferensi atau secara tertulis  Umpan balik bersifat konstruktif  Umpan balik memotivasi peserta didik untuk meningkatkan kompetensinya

4 Perangkat penilaian diri pada peserta didik perlu memenuhi beberapa acuan kualitas :  Kriteria penilaian dirumuskan secara simpel/sederhana  Bahasa lugas dan dapat dipahami peserta didik  Format penilaian sederhana dan mudah dipahami oleh peserta didik  Kriteria penilaian jelas, tidak berpotensi bagi penafsiran makna ganda/berbeda dari peserta didik  Bersifat real life situation/ menunjukkan kemampuan peserta didik dalam situasi yang nyata/sebenarnya

5 • Mengungkap kekuatan/capaian kompetensi peserta didik • Mengungkap kelemahan peserta didik dalam mencapai kompetensi • Merupakan kompetensi yang disyaratkan dalam kurikulum • Bermakna, mengarahkan peserta didik untuk memahami kemampuannya • Dapat mengukur target kemampuan yang akan diukur (valid).

6 • Sesuai dengan tujuan pembelajaran • Memuat indikator kunci /indikator esensial yang menunjukkan penguasaan satu kompetensi peserta didik • Indikator menunjukkan kemampuan yang dapat diukur • Dapat memetakan kemampuan peserta didik dari kemampuan pada level terendah sampai kemampuan tertinggi

7 Lanjutan…… 10. Guru mencantumkan tanggal pembuatan pada setiap bahan informasi perkembangan peserta didik 11. Untuk setiap karya peserta didik dikumpulkan dalam satu file 12. Guru memberikan kesimpulan tentang nilai akhir portofolio disertai umpan balik 13. Pertemuan untuk membahas portofolio antara guru dan orang tua peserta didik dijadwalkan.


Download ppt "Teknik Pengembangan Instrumen Penilaian Diri. Perencanaan untuk penilaian diri pada peserta didik harus memenuhi beberapa langkah berikut.  Menentukan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google