Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pertemuan 3 KELUARAN dan MASUKAN (INPUT & OUTPUT) Dasar Pemrograman.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pertemuan 3 KELUARAN dan MASUKAN (INPUT & OUTPUT) Dasar Pemrograman."— Transcript presentasi:

1 Pertemuan 3 KELUARAN dan MASUKAN (INPUT & OUTPUT) Dasar Pemrograman

2 Perintah Keluaran : cout Perintah cout berfungsi untuk mengarahkan data ke standard output yang biasanya berupa layar monitor. Untuk menggunakan cout, harus menyertakan perintah #include pada awal program. Untuk menggunakan cout: std::cout<<“Pemrograman C++”; Jika ingin tidak mengetikkan std:: untuk seterusnya maka harus mendefinisikan using namespace std; di bagian header.

3 Tanpa std:: sintax cout dituliskan cout<<[string]; cout merupakan sebuah predefined identifier. Sebaiknya tidak mendefinisikan variabel dengan nama cout. Sebelum dan sesudah tanda << boleh diberi spasi atau tanpa spasi. [string] dapat berupa variabel string atau sebuah konstanta string. Contoh : cout<<“Pemrograman C++”; cout<

4 Nilai yang ditampilkan oleh cout tidak harus merupakan string. Angka atau variabel integer juga dapat ditampilkan. cout<<1 + 5; // muncul 6 di layar int bilangan = 20; cout<

5 Perintah cout juga dapat disambung untuk mengeluarkan beberapa string : cout<<"Nama Barang:"<

6 Satu baris program pada C++ boleh diketik dalam beberapa baris. Misalkan pada perintah cout : cout<<"Hello World!"<

7 #include using namespace std; void main() { cout<<"Selamat Datang di"<

8 1.Buatlah sebuah program C++ untuk tampilan sebagai berikut :

9 Perintah Masukan : cin Perintah cin berfungsi untuk menerima input / masukan dari pengguna program. Untuk menggunakan cin, harus menyertakan perintah #include pada header program. Sintaks cin : std::cin>>[nama variabel]; Seperti cout, jika ingin tidak mengetikkan std:: maka harus mendefinisikan using namespace std; di bagian header program.

10 Tanpa std:: sintax cin menjadi : cin>>[nama_variabel]; cin merupakan sebuah predefined identifier. Sebaiknya tidak mendefinisikan variabel dengan nama cin. Sebelum dan sesudah tanda >> boleh diberi spasi atau tanpa spasi. Variabel sebelum digunakan pada cin, variabel harus didefinisikan terlebih dahulu. Contoh : int bilangan; cin>>bilangan;

11 Perintah cin otomatis menghasilkan linefeed. Jadi tidak perlu menambahkan cout<>umur; Pertanyaan sekaligus permintaan input (prompt) seringkali digabungkan dalam satu baris program oleh programmer. Contoh : int umur; cout >umur;

12 Perintah cin juga dapat digunakan untuk menginput dua variabel sekaligus. Contoh : int a,b,c; cout >a>>b; c = a + b; cout<<"Hasil penjumlahannya :"<

13

14 2.Buatlah sebuah program C++ untuk tampilan sebagai berikut : NPM, Nama, dan Alamat diinput user.

15 _getch() DAN _getche() Fungsi _getch() dan _getche() berguna untuk membaca sebuah karakter tanpa perlu menekan enter. Juga dapat dipakai untuk membaca tombol seperti spasi, tab, ataupun enter. Apabila fungsi ini digunakan perlu disertakan #include pada header program. Perbedaan : _getch() = tidak menampilkan karakter dari tombol yang ditekan. _getche() = menampilkan karakter dari tombol yang ditekan.

16 Fungsi _getch() Fungsi _getche()

17 Perintah _getch() juga sering digunakan untuk menunggu sembarang tombol ditekan. Sering digunakan di akhir program agar dapat melihat output program.

18 setw dan setprecision Dalam menampilkan keluaran, terkadang kita ingin memformat keluaran kita. Perintah setw() dan setprecision() dapat membantu kita. setw() digunakan untuk merata-kanankan suatu keluaran. setprecision() digunakan untuk mengatur jumlah angka di belakang koma sebuah bilangan pecahan. Kedua fungsi tersebut merupakan anggota dari library manipulator sehingga harus menyertakan perintah #include

19 Agar jumlah digit pecahan yang ditampilkan sesuai dengan keinginan (berapapun nilai yang akan ditampilkan), format berikut : cout.setf(ios::fixed); cout.setf(ios::showpoint); juga perlu disertakan dalam penggunaan setprecision()

20 #include using namespace std; void main() { double nilai = ; cout.setf(ios::fixed); cout.setf(ios::showpoint); cout<= 5 ke atas, dan <5 dibulatkan ke bawah

21 #include using namespace std; void main() { cout<

22 Dasar Pemrograman


Download ppt "Pertemuan 3 KELUARAN dan MASUKAN (INPUT & OUTPUT) Dasar Pemrograman."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google