Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

 Gambaran Umum teknologi yang didunakan dalam Bidang Kriminalitas  Teknologi yang di Gunakan Zaman Dahulu  Teknologi yang digunakan Saat Ini  Perbandingan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: " Gambaran Umum teknologi yang didunakan dalam Bidang Kriminalitas  Teknologi yang di Gunakan Zaman Dahulu  Teknologi yang digunakan Saat Ini  Perbandingan."— Transcript presentasi:

1

2  Gambaran Umum teknologi yang didunakan dalam Bidang Kriminalitas  Teknologi yang di Gunakan Zaman Dahulu  Teknologi yang digunakan Saat Ini  Perbandingan Teknologi Saat Ini dengan Zaman Dahulu  Kelebihan dan Kelemahan Teknologi yang digunakan Saat Ini  Dampak dari teknologi yang digunakan

3  Fathur Rozi( )  Hani Isnaeyatun( )  Happy Andriyana( )  Padmawati( )

4  Perkembangan teknologi saat ini sangat membantu manusia dalam berbagai bidang.Salah satunya teknologi yang digunakan dalam bidang kriminalitas.  Teknologi yang digunakan dalam bidangkriminalitas saat ini sangat beragam jenis, bentuk, serta fungsinya sesuai dengan kebutuhan masing-masing.Teknologi yang digunakan bergantung pada tindak kejahatan atau kriminalitas yang terjadi, contohnya adalah pencurian.  Pencurian merupakan tindak kejahatan yang cukup berbahaya bagi keselamatan nyawa maupun harta benda. Seiring terus berkembangnya teknologi informasi saat ini, telah ditemukan berbagai jenis alat pendeteksi tindak kejahatan atau keiminalitas yang terjadi di dalam masyarakat. Salah satunya adalah penggunaan alarm sebagai alat pendeteksi pencurian.

5

6  Kentongan menjadi alat yang digunakan dalam mendeteksi tindakpencurian pada zaman dahulu. Contohnya saat terjadi pencurian, warga akanmemukulkentongan yang terpasang di depan rumah atau di pos kampling untuk memberitahukan kepada warga yang lain bahwa telah terjadi pencurian. Namun jarak jangkauannya terbatas dan kurang efektif dan efisien dalam penggunaanya. Hal ini karena kentongan hanya sebagai media untuk memberitahukan warga bahwa telah terjadi peristiwa dengan adanya campur tangan langsung dari manusia sebagai sumber utama pendeteksi terjadinya tindak kriminal atau pencurian.

7  Teknologi yang digunakan saat ini dalam bidang kriminal salah satunya adalah alarm yang digunakan sebagai alat deteksitindak pencurian. Alat ini dapat dipasang di dalam rimah, kantor, dan tempat-tempat yang sekiranya perlu keamanan yang tejamin.

8  Saat ini teknologi alarm yang digunakan sudah memanfaatkan system wirelwss, yaitu Alarm Wireless Safe Guard alat ini menggunakan system kerja wireless sensor. Yaitu Alarm yang digunakan untuk mendeteksi pencurian. Biasanya alat ini dipasang di rumah-rumah atau di kantor-kantor.

9  Pada saat sensor gerak dan magnet mendeteksi gerakan, maka akan memancarkan sinyal ke Central Main Unit. Kemudian rangkaian central akan menyalakan zona display dan membunyikan sirine lalu menghubungi tiga nomor telephone yang sudah terprogram, misalnya pemilik, kepolisian atau sekuriti.  Langkah selanjutnya,memlaui line telephone yang dihubungi, Central Wireless Arlarm Alert System dapat dikontrol dengan menekan tombol tertentu melalui keypard handphone.

10

11  Pada saat pencuri terdeteksi, WirelessAlarm Alert System secara otomatis akan mengirim pesan pemberitahuan kepada tiga nomor telephone yang telah terprogram sebelumnya.Sehingga member kemudahan dalam memantau komdisi keamanan rumah atau tempat yang terpasang alarm.  Wireless Alarm Alert System dilengkapi dengan sensor atau detector infrared yang hanya mendeteksi gerakan dan suhu tubuh manusia.  Wireless Alarm Alert System dilengkapi dengan Led Display untuk mengetahui daerah mana yang telah dimasuki olehpencuri melalui display.  WirelessAlarm Alert System dilengkapi dengan baterai back up built-in yang secara otomatis dapat terisi, sehingga tetap berfungsi walaupun listrik padam/mati.

12  Harganya yang cukup mahal membuat tidak semua orang dapat membeli dan menggunakannya.  Sistem yang digunakan cukup rumit meski terlihat sederhana dan mudah.

13  Dalam hal kecepatan, alarm otomatis lebih cepat dibandingkan kentongan karena didalam alarm sudah terprogram alat pendeteksi jika ada pencurian atau tindak kejahatan lain yang terjadi, sedangkkan kentongan harus di pukul oleh manusia terlebih dahulu untuk mengeluarkan bunyi sebagai tanda bahaya.  Jarak jangkauan yang ada pada alarm lebih jauh dari kentongan, alarm dapat menginformasikan terjadinya tindak kejahatan atau bahaya dengan mengirimkan sinyal melalui saluran telephone sedangkan kentongan hanya mengandalkan bunyi yang hanya dapat terdengar beberada radius meter saja.  Tingkat keakuratan yang ada pada alarm lebih baik karena sudah terprogram secara otomatis, sedangkan kentongan masih bersumber pada manusia sebagai sensor utamanya.

14  Karena pada dasarnya teknologi diciptakan dengan tujuan untuk mempermudah /membantu kerja manusia, Alarm wireless safe guard ini sangat membantu kerja manusia.  Tingkat keamanan dari pencurian lebih terjamin.

15  Dengan adanya kemajuan teknologi saat ini, selain memiliki banyak manfaat/dampak positif kemajuan teknologi juga banyak memiliki dampak negatif, antara lain:  Menambah pengeluaran yang cukup besar karena harga alarm cukup mahal.  Untuk menggunakan alarm ini harus mengerti dengan proses atau sistem kerja dari alarm tersebut, karena sistem yang di gunakan cukup rumit.

16


Download ppt " Gambaran Umum teknologi yang didunakan dalam Bidang Kriminalitas  Teknologi yang di Gunakan Zaman Dahulu  Teknologi yang digunakan Saat Ini  Perbandingan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google