Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SELAMAT DATANG DIDUNIA BIOLOGY Procesing........ LABORATORIUM TEKNOLOGI PEMBELAJARAN SAINS PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SELAMAT DATANG DIDUNIA BIOLOGY Procesing........ LABORATORIUM TEKNOLOGI PEMBELAJARAN SAINS PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN."— Transcript presentasi:

1 SELAMAT DATANG DIDUNIA BIOLOGY Procesing LABORATORIUM TEKNOLOGI PEMBELAJARAN SAINS PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN

2 HOME SELAMAT DATANG DIDUNIA BIOLOGI.... KOMPETENSI MATERI SIMULASI TES

3 KOMPETENSI 1.Mendiskripsikan keterkaitan antara proses pembelahan mitosisi dan meiosis dengan pewarisan sifat 2.Mendiskripsikan gametogenesis pada tumbuhan dan hewan TES SIMULASI MATERI KOMPESTENSI MENU

4 MATERI TES SIMULASI MATERI KOMPESTENSI MENU 1. PENGERTIAN REPRODUKSI PADA MANUSIA Reproduksi adalah kemampuan makhluk hidup untuk menghasilkanketurunan yang baru. Tujuannya adalah untuk mempertahankan jenisnyadan melestarikan jenis agar tidak punah. Pada manusia untukmenghasilkan keturunan yang baru diawali dengan peristiwa fertilisasi.Sehingga dengan demikian reproduksi pada manusia dilakukan dengancara generatif atau seksual.Tanda kematangan alat reproduksi pada pria ditandai dengan keluarnyaair mani (ejakulasi) yang pertama yaitu pada saat mimpi basah. Tanda kematangan alat reproduksi pada wanita ditandai dengan haidyang pertama (menarche)

5 TES SIMULASI MATERI KOMPESTENSI MENU 2 Struktur Sistem Reproduksi pada Manusia A. Pria Alat reproduksi pria terdiri atas alat kelamin luar dan alat kelamin dalamOrgan reproduksi luar terdiri dari:1. Penis merupakan organ kopulasi yaitu hubungan antara alat kelamin jantan dan betina untuk memindahkan semen ke dalam organ reproduksibetina. Penis diselimuti oleh selaput tipis yang nantinya akan dioperasipada saat dikhitan/sunat.2. Scrotum merupakan selaput pembungkus testis yang merupakanpelindung testis serta mengatur suhu yang sesuai bagi spermatozoa.Organ reproduksi dalam terdiri dari:1. Testis merupakan kelenjarkelamin yang berjumlah sepasangdan akan menghasilkan sel-selsperma serta hormonetestosterone. Dalam testis banyakterdapat saluran halus yangdisebut tubulus seminiferus.2. Epididimis merupakan saluranpanjang yang berkelok yangkeluar dari testis. Berfungsi untukmenyimpan sperma sementaradan mematangkan sperma.3. Vas deferens merupakan saluran panjang dan lurus yang mengarah keatas dan berujung di kelenjar prostat. Berfungsi untuk mengangkutsperma menuju vesikula seminalis.

6 TES SIMULASI MATERI KOMPESTENSI MENU 4. Saluran ejakulasi merupakan saluran yang pendek danamenghubungkan vesikula seminalis dengan urethra.5. Urethra merupakan saluran panjang terusan dari saluran ejakulasi danterdapat di penis.Kelenjar pada organ reproduksi pria 1.Vesikula seminalis merupakan tempat untuk menampung spermasehingga disebut dengan kantung semen, berjumlah sepasang.Menghasilkan getah berwarna kekuningan yang kaya akan nutrisi bagisperma dan bersifat alkali. Berfungsi untuk menetralkan suasana asamdalam saluran reproduksi wanita. 2. Kelenjar Prostat merupakan kelenjar yang terbesar dan menghasilkangetah putih yang bersifat asam. 3. Kelenjar Cowper’s/Cowpery/Bulbourethra merupakan kelenjar yangmenghasilkan getah berupa lender yang bersifat alkali. Berfungsi untukmenetralkan suasana asam dalam saluran urethra.

7 TES SIMULASI MATERI KOMPESTENSI MENU B. Wanita Alat reproduksi perempuan terdiri atas alat kelamin luar dan alat kelamindalam.Organ reproduksi luar terdiri dari :1. Vagina merupakan saluran yang menghubungkan organ uterus dengantubuh bagian luar. Berfungsi sebagai organ kopulasi dan saluranpersalinan keluarnya bayi sehingga sering disebut dengan liangperanakan. Di dalam vagina ditemukan selaput dara.2. Vulva merupakan suatu celah yang terdapat di bagian luar dan terbagimenjadi 2 bagian yaitu: Labium mayor merupakan sepasang bibir besar yang terletak dibagian luas dan membatasi vulva. Labium minor merupakan sepasang bibir kecil yang terletak dibagian dalam dan membatasi vulva.

8 TES SIMULASI MATERI KOMPESTENSI MENU Organ reproduksi dalam terdiri dari: 1. Ovarium merupakan organ utama pada wanita. Berjumlah sepasangdan terletak di dalam rongga perut pada daerah pinggang sebelah kiridan kanan. Berfungsi untuk menghasilkan sel ovum dan hormon wanitaseperti: Estrogen yang berfungsi untuk mempertahankan sifat sekunderpada wanita, serta juga membantu dalam prosers pematangan selovum. Progesterone yang berfungsi dalam memelihara masa kehamilan. 2. Fimbriae merupakan serabut/silia lembut yang terdapat di bagianpangkal ovarium berdekatan dengan ujung saluran oviduct. Berfungsiuntuk menangkap sel ovum yang telah matang yang dikeluarkan olehovarium.3. Infundibulum merupakan bagian ujung oviduct yang berbentukcorong/membesar dan berdekatan dengan fimbriae. Berfungsimenampung sel ovum yang telah ditangkap oleh fimbriae.4. Tuba fallopi merupakan saluran memanjang setelah infundibulum yangbertugas sebagai tempat fertilisasi dan jalan bagi sel ovum menuju uterusdengan bantuan silia pada

9 TES SIMULASI MATERI KOMPESTENSI MENU dindingnya.5. Oviduct merupakan saluran panjang kelanjutan dari tuba fallopi.Berfungsi sebagai tempat fertilisasi dan jalan bagi sel ovum menujuuterus dengan bantuan silia pada dindingnya.6. Uterus merupakan organ yang berongga dan berotot. Berbentukseperti buah pir dengan bagian bawah yang mengecil. Berfungsi sebagaitempat pertumbuhan embrio. Tipe uterus pada manusia adalah simpleksyaitu dengan satu ruangan yang hanya untuk satu janin. 3. Infundibulum merupakan bagian ujung oviduct yang berbentukcorong/membesar dan berdekatan dengan fimbriae. Berfungsimenampung sel ovum yang telah ditangkap oleh fimbriae. 4. Tuba fallopi merupakan saluran memanjang setelah infundibulum yangbertugas sebagai tempat fertilisasi dan jalan bagi sel ovum menuju uterusdengan bantuan silia pada dindingnya..

10 TES SIMULASI MATERI KOMPESTENSI MENU 5. Oviduct merupakan saluran panjang kelanjutan dari tuba fallopi.Berfungsi sebagai tempat fertilisasi dan jalan bagi sel ovum menujuuterus dengan bantuan silia pada dindingnya. 6. Uterus merupakan organ yang berongga dan berotot. Berbentukseperti buah pir dengan bagian bawah yang mengecil. Berfungsi sebagaitempat pertumbuhan embrio. Tipe uterus pada manusia adalah simpleksyaitu dengan satu ruangan yang hanya untuk satu janin Uterusmempunyai 3 macam lapisan dinding yaitu : Perimetrium yaitu lapisanyang terluar yang berfungsi sebagaipelindung uterus. Miometrium yaitu lapisan yang kaya akan sel otot dan berfungsiuntuk kontraksi dan relaksasi uterus dengan melebar dan kembalike bentuk semula setiap bulannya. Endometrium merupakan lapisan terdalam yang kaya akan seldarah merah. Bila tidak terjadi pembuahanmaka dindingendometrium inilah yang akan meluruh bersamaan dengan selovum matang.

11 TES SIMULASI MATERI KOMPESTENSI MENU 7. Cervix merupakan bagian dasar dari uterus yang bentuknyamenyempit sehingga disebut juga sebagai leher rahim. Menghubungkanuterus dengan saluran vagina dan sebagai jalan keluarnya janin dariuterus menuju saluran vagina. 8. Saluran vagina merupakan saluran lanjutan dari cervic dan sampaipada vagina. 9. Klitoris merupakan tonjolan kecil yang terletak di depan vulva. Seringdisebut dengan klentit

12 TES SIMULASI MATERI KOMPESTENSI MENU 3.Proses pembentukan sel kelamin Gametogenesis adalah proses pembentukan sel-sel kelamin atau gamet.Pembentukan gamet jantan dinamakan spermatogenesis, sedangkanpembentukan gamet betina dinamakan oogenesis. A.Spermatogenesis Proses pembentukan dan pemasakan spermatozoa disebutspermatogenesis. Pada tubulus seminiferus testis terdapat sel-sel indukspermatozoa atau spermatogonium, sel Sertoli yang berfungsi memberimakan spermatozoa juga sel Leydig yang terdapat di antara tubulusseminiferus yang berfungsi menghasilkan testosteron. Prosespembentukan spermatozoa dipengaruhi oleh kerja beberapa hormon.Kelenjar hipofisis menghasilkan hormon perangsang folikel (FolicleStimulating Hormone/FSH) dan hormon lutein (Luteinizing Hormone/LH).

13 TES SIMULASI MATERI KOMPESTENSI MENU LH merangsang sel Leydig untuk menghasilkan hormon testosteron.Pada masa pubertas, androgen/testosteron memacu tumbuhnya sifatkelamin sekunder. FSH merangsang sel Sertoli untuk menghasilkan ABP(Androgen Binding Protein) yang akan memacu spermatogonium untukmemulai proses spermatogenesis. Proses pemasakan spermatositmenjadi spermatozoa disebut spermiogenesis. Spermiogenesis terjadi didalam epididimis dan membutuhkan waktu selama 2 hari. ProsesSpermatogenesis: Spermatogonium berkembang menjadi selspermatosit primer. Sel spermatosit primer bermiosis menghasilkanspermatosit sekunder, spermatosit sekunder membelah lagimenghasilkan spermatid, spermatid berdiferensiasi menjadi spermatozoamasak.

14 TES SIMULASI MATERI KOMPESTENSI MENU Bila spermatogenesis sudah selesai, maka ABP testosteron (Androgen Binding Protein Testosteron) tidak diperlukan lagi, sel sertoliakan menghasilkan hormon inhibin untuk memberi umpan balik kepadahipofisis agar menghentikan sekresi FSH dan LH. Spermatozoa akankeluar melalui uretra bersama-sama dengan cairan yang dihasilkan olehkelenjar vesikula seminalis, kelenjar prostat dan kelenjar cowper.Spermatozoa bersama cairan dari kelenjar-kelenjar tersebut dikenalsebagai semen atau air mani. Pada waktu ejakulasi, seorang laki-lakidapat mengeluarkan 300 – 400 juta sel spermatozoa B. Oogenesis Di dalam ovarium janin sudah terkandung sel pemula atau oogonium.Oogonium akan berkembang menjadi oosit primer. Saat bayi dilahirkanoosit primer dalam fase profase pada pembelahan meiosis. Oosit primerkemudian mengalami masa istirahat hingga masa pubertas. Pada masapubertas terjadilah oogenesis. Oosit primer membelah secara meiosis,menghasilkan 2 sel yang berbeda ukurannya.

15 TES SIMULASI MATERI KOMPESTENSI MENU Sel yang lebih kecil, yaitubadan polar pertama membelah lebih lambat, membentuk 2 badan polar.Sel yang lebih besar yaitu oosit sekunder, melakukan pembelahanmeiosis kedua yang menghasilkan ovum tunggal dan badan polar kedua.Ovum berukuran lebih besar dari badan polar kedua. Pengaruh Hormondalam Oogenesis. Kelenjar hipofisis menghasilkan hormon FSH yangmerangsang pertumbuhan sel-sel folikel di sekeliling ovum. Ovum yangmatang diselubungi oleh sel-sel folikel yang disebut Folikel Graaf, FolikelGraaf menghasilkan hormon estrogen. Hormon estrogen merangsangkelenjar hipofisis untuk mensekresikan hormon LH, hormon LHmerangsang terjadinya ovulasi. Selanjutnya folikel yang sudah kosongdirangsang oleh LH untuk menjadi badan kuning atau korpus luteum.Korpus luteum kemudian menghasilkan hormon progresteron yangberfungsi menghambat sekresi DSH dan LH.

16 TES SIMULASI MATERI KOMPESTENSI MENU Kemudian korpus luteummengecil dan hilang, sehingga aklurnya tidak membentuk progesteronlagi, akibatnya FSH mulai terbentuk kembali, proses oogenesis mulai kembali. Seorang wanita hanya mampu menghasilkan paling banyak 400ovum selama hidupnya, meskipun ovarium seorang bayi perempuansejak lahir sudah berisi 500 ribu sampai 1 juta oosit primer.

17 TES SIMULASI MATERI KOMPESTENSI MENU 4.Proses Ovulasi Ovulasi adalah proses pelepasan sel telur. Proses ovulasi dipengaruhioleh hormon, yaitu LH dan FSH. Kedua hormon ini dihasilkan olehkelenjar hipofisis di dalam otak. Pada saat inilah seorang wanitadikatakan mengalami masa subur. Masa subur bagi seorang wanita tidakberlangsung setiap hari. Satu siklus menstruasi (haid) akan dimulai padahari pertama setelah hari terakhir masa haid sebelumnya dan berakhirpada hari pertama masa haid berikutnya. Mulai pada hari pertama siklusini sel telur bersama folikelnya akan mengalami pematangan.Lalu pada sekitar hari sebelum hari pertama haid akan terjadiovulasi. Setelah sel telur masak, selanjutnya akan dikeluarkan dariovarium. Dalam proses ini, sel telur berada di dalam folikel.

18 TES SIMULASI MATERI KOMPESTENSI MENU Folikel dandinding ovari robek, akhirnya sel telur yang sudah matang akan keluardan masuk ke dalam oviduk (tuba falopi) melalui infundibulum, yaitubagian yang berbentuk seperti jari-jari. Telur yang telah dewasa ini akanmasuk ke dalam saluran telur (tuba falopi) yang akan menghanyutkannyake dalam rahim dengan cairan khusus. Sel telur dewasa ini baru akandapat dibuahi dalam tempo 24 jam setelah dilepaskan oleh indung telur(ovarium) yaitu pada saat dalam perjalanan menuju rahim. Setelah seltelur dilepaskan, maka sel folikel menjadi kosong. Sel ini kemudian akanberubah menjadi korpus luteum. Pembentukan korpus luteum inididikung oleh LH. Terbentuknya korpus luteum akan memicuterbentuknya hormon estrogen dan progesteron. Selama masa suburyang berlangsung mulai 20 sampai 35 tahun hanya 420 buah yang dapatmengikuti proses pematangan dan terjadi ovulasi

19 TES SIMULASI MATERI KOMPESTENSI MENU 5. Proses Menstuasi Apabila sel telur tidak dibuahi, korpus akan menghentikan produksihormon estrogen dan progesterone. Akibatnya, akan terjadi peluruhanendometrium dan pendarahan. Fase ini terjadi selama 4-10 hari.Seorang wanita memiliki 2 ovarium dimana masing-masing menyimpansekitar 200,000 hingga 400,000 telur yang belum matang/folikel (follicles).Normalnya, hanya satu atau beberapa sel telur yang tumbuh setiapperiode menstruasi dan sekitar hari ke 14 sebelum menstruasiberikutnya, ketika sel telur tersebut telah matang maka sel telur tersebutakan dilepaskan dari ovarium dan kemudian berjalan menuju tuba falopiuntuk kemudian dibuahi. Proses pelepasan ini disebut dengan“OVULASI”.

20 TES SIMULASI MATERI KOMPESTENSI MENU 6.Proses Fertilisasi fertilisasi adalah peleburan antara sel sperma dengan sel ovum yangtelah matang dan menghasilkan zygote. Zygote akan menempel padadinding uterus dan tumbuh berkembang menjadi embrio dan janin.Keadaan demikian disebut dengan masa kehamilan. Janin akan keluardari uterus setelah berusia 40 minggu/ 288 hari/ 9 bulan 10 hari.Tahapan waktu dalam fertilisasi : Beberapa jam setelah fertilisasi zygote akan membelah secaramitosis menjadi 2 sel, 4, 8, 16 sel. Pada hari ke-3 atau ke-4 terbentuk kelompok sel yang disebutmorula. Morula akan berkembang menjadi blastula. Ronggablastosoel berisi cairan dari tuba fallopi dan membentuk blastosit.Lapisan dalam balstosit membentuk inner cell mass. Blastosit dilapisioleh throhpoblast (lapisan terluar blastosit) yang berfungsi untukmenyerap makanan dan merupakan calon tembuni/plasenta/ari-ari.Blastosit akan bergerak menuju uterus dengan waktu 3-4 hari.

21 TES SIMULASI MATERI KOMPESTENSI MENU Pada hari ke-6 setelah fertilisasi throphoblast akan menempel padadinding uterus/proses implantasi dan akan mengeluarkan hormoneHCG (hormone Chorionik gonadotrophin). Hormon ini melindungikehamilan dengan menstimulasi produksi hormone progesteron danestrogen sehingga mencegah menstruasi. Pada hari ke-12 setelah fertilisasi embrio telah kuat menempel padadinding uterus. Dilanjutkan dengan fase gastrula, yaitu hari ke-21 palsenta akanterus berkembang dari throphoblast. Mulai terbentuk 3 lapisandinding embrio. Lapisan dinding embrio inilah yang akanberdiferensisai menjadi organ-organ tubuh. Organ tubuh akaberkembang semakin sempurna seiring bertambahnya usiakandungan.

22 TES SIMULASI MATERI KOMPESTENSI MENU 7.Kelainan/Penyakit pada Sistem Reproduksi Manusia Kelainan/Penyakit pada system reproduksi antaranya sebagai berikut: Kanker Prostat yaitu kanker yang menyerang kelenjar prostat padalaki-laki, dapat diobati dengan pembedahan. Impotensi yaitu kondisi dimana pria tidak mampu mencapai ereksi. Kanker Leher Rahim yaitu kanker yang menyerang leher rahim. Menopause terjadi akibat penurunan jumlah estrogen yang dihasilkanoleh ovarium

23 SIMULASI TES SIMULASI MATERI KOMPESTENSI MENU

24 video TES SIMULASI MATERI KOMPESTENSI MENU

25 TES SIMULASI MATERI KOMPESTENSI MENU 1. Testis adalah alat kelamin jantan pada Mammalia. Testis ini menghasilkan …. a.Air seni b.Air sperma d.vitamin c.hormon

26 TES SIMULASI MATERI KOMPESTENSI MENU 2.Ikan bernafas dengan KULIT INGSANGTRAKHEA PARU

27 TES SIMULASI MATERI KOMPESTENSI MENU

28 video TES SIMULASI MATERI KOMPESTENSI MENU

29 video TES SIMULASI MATERI KOMPESTENSI MENU

30 video TES SIMULASI MATERI KOMPESTENSI MENU

31 video TES SIMULASI MATERI KOMPESTENSI MENU

32 video TES SIMULASI MATERI KOMPESTENSI MENU

33 video TES SIMULASI MATERI KOMPESTENSI MENU

34 video TES SIMULASI MATERI KOMPESTENSI MENU

35 HASIL

36 Isikan kompetensi sesuai materi ppt Lengkapi materi Buat semua animasi (loading,menu slide Simulasi+video 10soal pilihan ganda yang sudah diberi “action’’makro Nama folder.PPT_NIM_nama_ADHANI isi folder=ppt,video,simulasi,swf


Download ppt "SELAMAT DATANG DIDUNIA BIOLOGY Procesing........ LABORATORIUM TEKNOLOGI PEMBELAJARAN SAINS PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google