Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Prinsip-Prinsip Pemilihan Media Pembelajaran By: Ismail Hasan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Prinsip-Prinsip Pemilihan Media Pembelajaran By: Ismail Hasan."— Transcript presentasi:

1

2 Prinsip-Prinsip Pemilihan Media Pembelajaran By: Ismail Hasan

3 Prinsip-prinsip pemilihan media pembelajaran merujuk pada pertimbangan seorang guru dalam memilih dan menggunakan media pembelajaran untuk digunakan atau dimanfaatkan dalam kegiatan belajar mengajar. Hal ini disebabkan adanya beraneka ragam media yang dapat digunakan atau dimanfaatkan dalam kegiatan belajar mengajar PENDAHULUAN

4 PEMILIHAN MEDIA (HEINICH, 1982) A A S S S S U U R R E E

5 DARI SEGI TEORI BELAJAR Motivasi Perbedaan Individual Tujuan Pembelajaran Organisasi Isi Persiapan Sebelum Belajar EmosiPartisipasiUmpan Balik Penguatan (Reinforcement) Latihan dan Pengulangan Penerapan (Sumber: Azhar Arsyad, 2010:72-74)

6 KRITERIA PEMILIHAN MEDIA Sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Tepat untuk mendukung isi pembelajaran yang sifatnya fakta, konsep, prinsip, atau generalisasi. Praktis, luwes, dan bertahan. Guru terampil menggunakannya. Pengelompokan sasaran. Mutu teknis. (Sumber: Azhar Arsyad, 2010:75-76)

7 Free Powerpoint Templates Page 6 Adapun Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Media adalah: Tujuan pembelajaran yang ingin dicapai, Karakteristik siswa atau sasaran Jenis rangsangan belajar yang diinginkan Keadaan latar atau lingkungan Kondisi setempat, dan Luasnya jangkauan yang ingin dilayani (Sadiman 2002:82).

8 Powerpoint Templates Page 7 SEKIAN DAN TERIMA KASIH


Download ppt "Prinsip-Prinsip Pemilihan Media Pembelajaran By: Ismail Hasan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google