Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TIK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SJSWA DALAM POKOK BAHASAN FAKTORISASI ALJABAR.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TIK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SJSWA DALAM POKOK BAHASAN FAKTORISASI ALJABAR."— Transcript presentasi:

1 PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TIK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SJSWA DALAM POKOK BAHASAN FAKTORISASI ALJABAR DI SMP NEGERI 4 BANDUNG OLEH : HJ. E.ROSDINAR WIDIAWATI YOGAPRANATA

2 1. APA MEDIA YANG DIGUNAKAN? ADALAH SUATU PERANGKAT LUNAK YANG DIRANCANG OLEH PT PESONA EDUKASI BERISI MATERI PELAJARAN YANG DISUSUN DALAM MENU- MENU YANG MUDAH DIAKSES, SEDEMIKIAN RUPA SEHINGGA DAPAT DIPILIH SESUAI DENGAN YANG DIINGINKAN

3 2. MENGAPA MENGGUNAKAN MEDIA TERSEBUT? TERSEDIA UNTUK MENARIK PERHATIAN SISWA MENDORONG SISWA BERPARTISIFASI AKTIF DALAM PEMBELAJARAN MENGEMBANGKAN SISWA DALAM BERFIKIR KRITIS, LOGIS DAN BERNALAR MUDAH DAN CEPAT MENINGKATKAT PEMAHAMAN SISWA TERHADAP MATERI

4 Warsita (2008:121) menyatakan bahwa media pembelajaran adalah sarana komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan pesan atau bahan pembelajaran. Dengan demikian, media pembelajaran adalah media yang dirancang secara khusus untuk merangsang pikiran,, perasaan, perhatian dan kemauan peserta didik sehingga terjadi proses pembelajaran.

5 Keefektifan suatu media pembelajaran sangat ditentukan oleh sedikitnya tiga factor, yaitu: (1) ketepatan dalam memilih media yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai; (2) kesesuaian media dengan karakteristik sasaran atau peserta didik; dan (3) ketepatan cara menggunakannya.(Warsita,2008:280)

6 Menurut Sadiman (2002:16), media pembelajaran mempunyai kegunaan-kegunaan sebagai berikut: Memperjelas penyajian pesan agar tidak terlalu bersifat verbalistis (dalam bentuk kata-kata tertulis atau lisan belaka). Mengatasi keterbatasan ruang, waktu, dan daya indera. Dengan menggunakan media pendidikan secara tepat dan bervariasi dapat diatasi sikap pasif anak didik. Dalam hal ini, media pembelajaran berguna untuk :1) Menimbulkan kegairahan belajar ; 2) Memungkinkan interaksi yang lebih langsung antara anak didik dengan lingkungan dan kenyataan; 3) Memungkinkan anak didik belajar sendiri- sendiri menurut kemampuan dan minatnya.

7 Dengan sifat yang unik pada tiap siswa ditambah lagi dengan lingkungan dan pengalaman yang berbeda, sedangkan kurikulum dan materi pendidikan ditentukan sama untuk setiap siswa, maka guru akan banyak mengalami kesulitan bilamana semuanya itu harus diatasi sendiri. Apalagi bila latar belakang lingkungan guru dengan siswa juga berbeda. Masalah ini dapat diatasi dengan media pembelajaran yaitu dengan kemampuannya dalam 1) Memberikan perangsang yang sama ; 2) Mempersamakan pengalaman; 3) Menimbulkan persepsi yang sama. Berdasarkan kegunaan tersebut, nampak jelas bahwa media pembelajaran mempunyai andil yang besar terhadap kesuksesan proses belajar mengajar.

8 SEKIAN & TERIMA KASIH


Download ppt "PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TIK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SJSWA DALAM POKOK BAHASAN FAKTORISASI ALJABAR."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google