Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

By: Dr. Muhammad Japar, M.Si Dr. Hj. Etin Solihatin, M.Pd Dra. Hj. Yusriah Nasution, M.Pd Yuyus Kardiman, M.Pd.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "By: Dr. Muhammad Japar, M.Si Dr. Hj. Etin Solihatin, M.Pd Dra. Hj. Yusriah Nasution, M.Pd Yuyus Kardiman, M.Pd."— Transcript presentasi:

1

2 By: Dr. Muhammad Japar, M.Si Dr. Hj. Etin Solihatin, M.Pd Dra. Hj. Yusriah Nasution, M.Pd Yuyus Kardiman, M.Pd

3 Mengarah pada sesuatu yang mengantar/meneruskan informasi (pesan) antara sumber (pemberi pesan) dan penerima pesan Pemberi Pesan (Guru) Penerima Pesan (Siswa)

4 Segala bentuk dan saluran yang dapat digunakan dalam suatu proses penyajian informasi

5 Media sebagai sesuatu yang membawa informasi antara sumber (source) dan penerima (receiver) informasi

6 Peran media dalam proses komunikasi adalah sebagai alat pengirim (transfer) yang mentransmisikan pesan dari pengirim (sander) kepada penerima pesan atau informasi (receiver).

7 Semua alat (bantu) atau benda yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar, dengan maksud untuk menyampaikan pesan (informasi) pembelajaran dari sumber (guru maupun sumber lain) kepada penerima (dalam hal ini anak didik ataupun warga belajar). Pesan (informasi) yang disampaikan melalui media, dalam bentuk isi atau materi pengajaran itu harus dapat diterima oleh penerima pesan (anak didik), dengan menggunakan salah satu ataupun gabungan beberapa alat indera mereka.

8 1. Fiksatif (fixative property) Media pembelajaran mempunyai kemampuan untuk merekam, menyimpan, melestarikan, dan merekonstruksi suatu peristiwa/objek.merekam, menyimpan, melestarikan, dan merekonstruksi suatu peristiwa/objek. 2. Manipulatif (manipulatif property) Kejadian yang memakan waktu berhari-hari dapat disajikan kepada siswa dalam waktu dua atau tiga menit dengan teknik pengambilan gambar time-lapse recording.time-lapse recording. 3. Distributif (distributive property) Memungkinkan berbagai objek ditransportasikan melalui suatu tampilan yang terintegrasi dan secara bersamaan objek dapat menggambarkan kondisi yang sama pada siswa dengan stimulus pengalaman yang relatif sama tentang kejadian itu.

9 1. Memperjelas penyajian pesan agar tidak terlalu bersifat visual; 2. Mengatasi keterbatasan ruang, waktu, dan daya indera, misal objek yang terlalu besar untuk dibawa ke kelas dapat diganti dengan gambar, slide, dsb., peristiwa yang terjadi di masa lalu bisa ditampilkan lagi lewat film, video, foto atau film bingkai; 3. Meningkatkan kegairahan belajar, memungkinkan siswa belajar sendiri berdasarkan minat dan kemampuannya, dan mengatasi sikap pasif siswa; dan 4. Memberikan rangsangan yang sama, dapat menyamakan pengalaman dan persepsi siswa terhadap isi pelajaran.

10 1. Dapat menumbuhkan motivasi belajar siswa karena pengajaran akan lebih menarik perhatian mereka; 2. Makna bahan pengajaran akan menjadi lebih jelas sehingga dapat dipahami siswa dan memungkinkan terjadinya penguasaan serta pencapaian tujuan pengajaran; 3. Metode mengajar akan lebih bervariasi, tidak semata- mata didasarkan atas komunikasi verbal melalui kata- kata; dan 4. Siswa lebih banyak melakukan aktivitas selama kegiatan belajar, tidak hanya mendengarkan tetapi juga mengamati, mendemonstrasikan, melakukan langsung, dan memerankan.

11


Download ppt "By: Dr. Muhammad Japar, M.Si Dr. Hj. Etin Solihatin, M.Pd Dra. Hj. Yusriah Nasution, M.Pd Yuyus Kardiman, M.Pd."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google