Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1 Fungsi dan Manfaat,pentingnya dan karakteristik Media Pembelajaran Rita Rahmaniati, M.Pd RiTA RAHMANIATI, M.Pd DOSEN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALANGKA.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1 Fungsi dan Manfaat,pentingnya dan karakteristik Media Pembelajaran Rita Rahmaniati, M.Pd RiTA RAHMANIATI, M.Pd DOSEN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALANGKA."— Transcript presentasi:

1 1 Fungsi dan Manfaat,pentingnya dan karakteristik Media Pembelajaran Rita Rahmaniati, M.Pd RiTA RAHMANIATI, M.Pd DOSEN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALANGKA RAYA

2 2 Fungsi Media Pembelajaran FUNGSI UTAMA MEDIA PEMBELAJARAN: pembw informasi dari sember guru ke siswa Guru Siswa Tujuan Instruksional : Melibatkan siswa dlm bentuk Mental dan aktivitas Media (metode)

3 3 Fungsi Media Pembelajaran FUNGSI UTAMA MEDIA PEMBELAJARAN : Sebagai pembawa informasi dari sumber (pebelajar/ guru) ke penerima (pebelajar/ siswa). Menurut GERLACH dan ELY fungsi media dalam pembelajaran dapat : 1.Bersifat fiksatif, artinya media memiliki kemampuan untuk menangkap, menyimpan dan kemudian menampilkan kembali suatu objek atau kejadian. 2.Bersifat Manupulatif, menampilkan kembali objek atau kejadian dengan berbagai macam perubahan manipulasi sesuai keperluan. Misalnya benda yang besar dikecilkan atau benda kecil dibesarkan.

4 Lanjutan … 3. Bersifat distributif, artinya media mampu menjangkau audien yang besar jumlahnya dalam satu kali penyajian secara serempak, misalnya siaran televisi, radio, dan surat kabar.

5 5 Fungsi Media Pembelajaran Secara khususnya ada 4 Fungsi media Visual :  F. ATENSI (mengarahkan perhatian pebelajar untuk berkonsentrasi kepada isi pelajaran yang berkaitan dengan makna visual yang ditampilkan atau menyertai teks materi pelajaran)  F. AFEKTIF (menggugah emosi dan sikap pebelajar : media visual terlihat dari tingkat kenikmatan pebelajar ketika belajar teks yang bergambar.

6 6 Fungsi Media Pembelajaran, lanjutan…  F. KOGNITIF (gambar dapat memperlancar pencapaian tujuan untuk memahami dan mengingat pesan yang terkandung dalam gambar.  F. KOMPENSATORIS ( mengorganisakan informasi teks dan menginagt kembali, setelah diberi media visual

7 7 Manfaat Media Pembelajaran  penymapaian pembelajaran menjadi lebih baku  Pembelajaran lbh mnrik  Pemb. Menjdi lbh interaktif  waktu bisa singkat  Kualitas dpat ditingkatkan  Pemb.dapat diberikan kapan dan dimana saja diinginkan  Sikap positif belajar (proses belajar)  Peran guru dpt lebh positif ( mengurangi penjelasan berulang)

8 8 Manfaat Media Pembelajaran  Dapat memperjelas penyajian pesan dan informasi sehingga dapat memperlancar dan meningkatkan proses dan hasil belajar.  Dapat meningkatkan dan mengarahkan perhatian pebelajar sehingga dapat menimbulkan motivasi belajar.  Dapat mengatasi keterbatasan indra ruang dan waktu ; 1) objek yang besar bisa ditampilkan langsung di ruang kelas, melalui gmbar, foto, slide dll ;2) objek mikroskopis dapat disajikan dengan bantuan mikroskop, gmbar, slide dll ; 3) kejadian masa laludapat ditampilkan melalui rekaman video, foto dll;4) proses yang rumit,misalnya sistem peredaran darah, sistem syaraf dapat ditampilkan secara konkrit melalui film, gmbar, slide atau simulasi komputer. ,,

9 9 Pentingnya Media Pembelajaran  1) mampu mengatasi kesulitan-kesulitan dan memperjelas materi pelajaran yang sulit,  2) mampu mempermuda pemahaman dan menjadikan pelajaran lebih hidup dan menarik,  3) merangsang anak untuk bekerja dan menggerakkan naluri kecintaan menelaah (belajar) dan menimbulkan kemauan keras untuk mempelajarai sesuatu.  4) membantu pembentukan kebiasaan, melahirkan pendapat, memperhatikan dan memikirkan suatu pelajaran serta,  5) menimbulkan kekuatan perhatian (ingatan) mempertajam indera, melatihnya, memperluas perasaan dan kecepatan dalam belajar.

10 10 karakteristik Media Pembelajaran  1) mampu mengatasi kesulitan-kesulitan dan memperjelas materi pelajaran yang sulit,  2) mampu mempermuda pemahaman dan menjadikan pelajaran lebih hidup dan menarik,  3) merangsang anak untuk bekerja dan menggerakkan naluri kecintaan menelaah (belajar) dan menimbulkan kemauan keras untuk mempelajarai sesuatu.  4) membantu pembentukan kebiasaan, melahirkan pendapat, memperhatikan dan memikirkan suatu pelajaran serta,  5) menimbulkan kekuatan perhatian (ingatan) mempertajam indera, melatihnya, memperluas perasaan dan kecepatan dalam belajar.

11 LANJUT BAG 3 TERIMA KASIH


Download ppt "1 Fungsi dan Manfaat,pentingnya dan karakteristik Media Pembelajaran Rita Rahmaniati, M.Pd RiTA RAHMANIATI, M.Pd DOSEN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALANGKA."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google