Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Click to edit Master title style Drs. OTONG BASTAMAN, M.Pd. 081320287829.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Click to edit Master title style Drs. OTONG BASTAMAN, M.Pd. 081320287829."— Transcript presentasi:

1 Click to edit Master title style Drs. OTONG BASTAMAN, M.Pd

2 Click to edit Master title style Proses Pembelajaran pada satuan pendidikan diselenggarakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi Peserta Didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis Peserta Didik. Setiap satuan pendidikan melakukan perencanaan proses Pembelajaran, pelaksanaan proses Pembelajaran, penilaian hasil Pembelajaran, dan pengawasan proses Pembelajaran untuk terlaksananya proses Pembelajaran yang efektif dan efisien. Perencanaan Pembelajaran merupakan penyusunan rencana pelaksanaan Pembelajaran untuk setiap muatan Pembelajaran.

3 Click to edit Master title style Kegiatan pembelajaran diselenggarakan untuk membentuk watak, membangun pengetahuan, sikap dan kebiasaan-kebiasaan untuk meningkatkan mutu kehidupan peserta didik. Memberdayakan semua potensi peserta didik untuk menguasai kompetensi yang diharapkan. Pemberdayaan diarahkan untuk mendorong pencapaian kompetensi dan perilaku khusus supaya setiap individu mampu menjadi pembelajar sepanjang hayat dan mewujudkan masyarakat belajar. Kegiatan pembelajaran mengembangkan kemampuan untuk mengetahui, memahami, melakukan sesuatu, hidup dalam kebersamaan, dan mengaktualisasikan diri.

4 Click to edit Master title style 1.berpusat pada peserta didik, 2.mengembangkan kreativitas peserta didik, 3.menciptakan kondisi menyenangkan dan menantang, 4.bermuatan nilai, etika, estetika, logika, dan kinestetika, dan 5.menyediakan pengalaman belajar yang beragam.

5 Click to edit Master title style Pelaksanaan kegiatan pembelajaran menerapkan berbagai strategi dan metode pembelajaran yang menyenangkan, kontekstual, efektif, efisien, dan bermakna. Kegiatan pembelajaran mampu mengembangkan dan meningkatkan kompetensi, kreativitas, kemandirian, kerjasama, solidaritas, kepemimpinan, empati, toleransi dan kecakapan hidup peserta didik guna membentuk watak serta meningkatkan peradaban dan martabat bangsa.

6 Click to edit Master title style Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan kegiatan awal dari keseluruhan proses pembelajaran. RPP dikerjakan oleh guru jauh sebelum pelaksanaan pembelajaran dengan mengacu pada Silabus yang disusun berdasarkan pada Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar. Dalam konteks ini, guru tidak dituntut lagi untuk menyusun Silabus. Guru berkewajiban hanya menyiapkan RPP yang akan diimplementasikannya dalam proses pembelajaran.

7 Click to edit Master title style Rencana Pelaksanaan Pembelajaran perlu disusun secara lengkap dan sistematis yang mengarahkan pada pembelajaran interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, dan memberikan ruang yang cukup bagi tumbuhnya prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan peserta didik baik fisik maupun psikologis.

8 Click to edit Master title style Rombongan belajar maksimal 32 peserta didik Proses pembelajaran perlu diupayakan agar proses pembelajarannya perlu diselenggarakan secara berkualitas.

9 Click to edit Master title style Memilih dan menggunakan metode pembelajaran secara eklektik dari berbagai metode yang tersedia. Menggali dan mengembangkan potensi peserta didik untuk berpikir kritis, menyelesaikan masalah, melakukan inkuri, dan penemuan melalui proses mengamati, menanya, mengolah, menalar, menyajikan, menyimpulkan, dan mencipta. Hindari terjadinya teaching to the test atau pembelajaran yang memfokuskan hanya pada penyiapan peserta didik untuk mengikuti tes terstandar. Tidak harus dengan cara yang kaku, bisa dari induktif ke deduktif, atau sebaliknya,

10 Click to edit Master title style Terfokus pada eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi akan lebih bermakna apabila dilengkapi dengan kegiatan mengamati, menanya, mengolah, menalar, menyajikan, menyimpulkan, dan mencipta. Belajar tidak hanya terjadi di ruang kelas, tetapi juga dapat dilakukan di luar ruang kelas dan lingkungan sekolah. Guru bukan satu-satunya sumber belajar, sehingga implikasinya guru perlu menyiapkan sumber belajar lainnya yang sesuai dengan kebutuhan pembelajaran. Guru tidak mengajarkan sikap secara verbal (penjelasan dalam bentuk kata-kata), tetapi sebaiknya dilakukan melalui contoh dan teladan.

11 Click to edit Master title style Silabus merupakan rencana Pembelajaran pada mata pelajaran atau tema tertentu dalam pelaksanaan kurikulum. Silabus mencakup: a.Kompetensi inti; b.Kompetensi dasar; c.materi pembelajaran; d.kegiatan pembelajaran; e.penilaian; f.alokasi waktu; dan g.sumber belajar. Silabus dikembangkan oleh Pemerintah, pemerintah daerah, dan satuan pendidikan sesuai dengan kewenangan masing - masing.

12 Click to edit Master title style Analisis SKL/ KI-KD Materi Pokok Pembelajaran Alokasi WaktuSumber Belajar Penilaian

13 Click to edit Master title style SILABUS SMA : …………………………………… Mata Pelajaran: …………………………………… Kelas : ………… Kompetensi DasarMateri PokokPembelajaranPenilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar 1. [sisipkan seluruh KD dari KI 1] 2. [sisipkan seluruh KD dari KI 2] 3.1 ………… …… Dst 4.1 ………………… ……………………. dst Judul Materi Pokok: -…… -…….. Mengamati  …………… Menanya  …………… Mengeksperimenkan/ mengeksplorasikan  …………… Mengasosiasikan  …………… Mengomunikasikan  ……………………… Tugas Observasi Portofolio Tes …. X 45’ Kompetensi Inti KI 1: KI 2 : KI 3: KI 4:

14 Click to edit Master title style Kompetensi Inti sikap (KI-1 dan KI-2) tidak diajarkan, tidak dihafalkan, dan tidak diujikan, tetapi sebagai pegangan bagi pendidik bahwa dalam mengajarkan mata pelajaran tersebut ada pesan-pesan sosial dan spiritual sangat penting yang terkandung dalam materinya. Kompetensi dasar yang berkenaan dengan sikap spiritual (mendukung KI-1) dan individual-sosial (mendukung KI-2) dikembangkan secara tidak langsung (indirect teaching) yaitu pada waktu peserta didik belajar tentang pengetahuan (mendukung KI-3) dan keterampilan (mendukung KI-4)

15 Click to edit Master title style KOMETENSI INTIKOMPETENSI DASAR 1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya 1.1 Mengagumi, menjaga, melestarikan keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang ruang lingkup, objek dan permasalahan Biologi menurut agama yang dianutnya 2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), … 2.1 Berperilaku ilmiah (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif dalam melakukan percobaan dan diskusi di dalam kelas maupun di luar kelas

16 Click to edit Master title style KOMETENSI INTIKOMPETENSI DASAR 3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural … 3.3 Mendeskripsikan ciri-ciri, replikasi dan peran virus bagi kehidupan 4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan … 4.4 Membuat usulan tindakan preventif untuk meminimalisir dampak infeksi virus (HIV, SARS, Herpes, dll.) pada manusia dan menjelaskan peran virus dalam rekayasa genetika 4.5 Merancang model dan menyajikan replikasi Virus

17 Click to edit Master title style 3.3 Mendeskripsikan ciri-ciri, replikasi dan peran virus bagi kehidupan 4.4 Membuat usulan tindakan preventif untuk meminimalisir dampak infeksi virus (HIV, SARS, Herpes, dll.) pada manusia dan menjelaskan peran virus dalam rekayasa genetika 4.5 Merancang model dan menyajikan replikasi Virus 2.1 Berperilaku ilmiah (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif dalam melakukan percobaan dan diskusi di dalam kelas maupun di luar kelas 1.1 Mengagumi, menjaga, melestarikan keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang ruang lingkup, objek dan permasalahan Biologi menurut agama yang dianutnya

18 Click to edit Master title style Mengamati (Observing) ……………………………………………………………………………………… Menanya (Quistioning) ……………………………………………………………………………………… Pengumpulan Data (Eksperimenting) …………………………………………………………………………………….. Mengasosiasi (Associating) …………………………………………………………………………………….. Mengkomunikasikan (Communicating) ……………………………………………………………………………………..

19 Click to edit Master title style Mengamati (Observing) Melihat, Mengamati, Membaca, Mendengar, Menyimak, (Tanpa dan/atau dengan alat) Menanya (Questioning) Mengajukan pertanyaan dari yang faktual sampai ke yang bersifat hipothesis Diawali dengan bimbingan guru sampai dengan mandiri (menjadi suatu kebiasaan) Pengumpulan Data (Experimenting) Menentukan data yang diperlukan dari pertanyaan yang diajukan Menentukan sumber data (benda, dokumen, buku, ekperimen) Mengumpulkan data Mengasosiasi (Associating) Menganalisis data dalam bentuk membuat kategori, menentukan hubungan data/kategori Menyimpulkan dari hasil analisis data Dimulai dari Unstructured - Uni Structure - Multi Structure - Complecated Structure Megkomunikasikan (Communicating) Menyampaikan hasil konseptualisasi Dalam bentuk lisan, tulisan, diagram, bagan, gambar, atau media lainnya

20 Terima Kasih


Download ppt "Click to edit Master title style Drs. OTONG BASTAMAN, M.Pd. 081320287829."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google