Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

GERAK DALAM DUA DIMENSI (Bagian 2) TIU. O r r  ss P vivi vfvf Q -v i vv GERAK MELINGKAR BERATURAN Kecepatan linier : - Besarnya tetap, v - Arahnya.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "GERAK DALAM DUA DIMENSI (Bagian 2) TIU. O r r  ss P vivi vfvf Q -v i vv GERAK MELINGKAR BERATURAN Kecepatan linier : - Besarnya tetap, v - Arahnya."— Transcript presentasi:

1 GERAK DALAM DUA DIMENSI (Bagian 2) TIU

2 O r r  ss P vivi vfvf Q -v i vv GERAK MELINGKAR BERATURAN Kecepatan linier : - Besarnya tetap, v - Arahnya selalu  r Percepatan rata-rata :  Untuk  t <<,  s dan  <<,  v  v (menuju ke pusat) sehingga  Percepatan radial : v Selalu menuju ke pusat Contoh :

3 GERAK LENGKUNG a a a arar arar arar atat atat atat Apakah artinya ?

4 r x y O  PERCEPATAN DALAM SISTEM KOORDINAT POLAR atat arar a Percepatan tangensial : - Searah garis singgung - Merubah besar kecepatan Percepatan radial : - Selalu menuju ke pusat - Merubah arah kecepatan

5 GERAK RELATIF Ilusstrasi !

6 P S O utut S’ O’ u S’ O’ u r r’

7 Contoh Soal 1.10 Sebuah satelit direncanakan akan ditempatkan di ruang angkasa sedemikan rupa sehingga ia melintasi (berada di atas) sebuah kota A di bumi 2 kali sehari. Bila percepatan sentripetal yang dialami olehnya adalah 0,25 m/s 2 dan jari-jari bumi rata-rata adalah 6378 km, pada ketinggian berapa ia harus ditempatkan ? Jawab : v a RBRB h

8 Contoh Soal 1.11 Sebuah kereta api cepat yang disebut TGV direncanakan mempunyai kecepatan rata-rata sebesar 216 km/jam. a) Bila kereta api api tersebut bergerak melingkar dengan kecepatan tersebut dan percepatan maksimum yang boleh dialami oleh penumpang adalah 0,05 g berapa jari-jari minimumnya ? a) Bila ia melewati tikungan dengan jari-jari 1 km, berapa kecepatan maksimum yang diperbolehkan Jawab :

9 a). b).

10 Contoh Soal 1.12 Seorang anak memutar sebuah batu yang diikatkan pada tali sepanjang 1,5 m pada ketinggian 2 m dengan kecepatan putar sebesar 60 rpm. Bila tiba-tiba talinya putus, tentukan dimana batu tersebut akan jatuh ke tanah. Jawab : 2 m v x = ? Gerak melingkar : Gerak peluru :

11 VaVa VaVa V pa VpVp VaVa =Kecepatan air (relatip terhadap bumi) VpVp =Kecepatan perahu (relatip terhadap bumi) V pa =Kecepatan relatip perahu terhadap air  GERAK RELATIP

12 VaVa V pa VpVp 400 m  L Berapa lama sampai di tujuan ?

13 VaVa V pa VpVp 400 m  L 300 m  Contoh Soal 1.13 Kecepatan air di sungai yang lebarnya 400 m adalah 2 km/jam. Seseorang hendak menyebrangi sungai tersebut dengan perahu dengan tujuan 300 m sebelah hilir. Bila kecepatan perahu terhadap air adalah 5 km/jam, kemana perahu harus di arahkan dan berapa menit ia sampai ke tempat tujuan ? Jawab :

14 vava v pa vpvp 400 m  L 300 m 

15 VaVa V pa VpVp 400 m  L 300 m   

16 VaVa V pa VpVp 400 m L 300 m  Menggunakan penjumlahan vektor :

17 Suku kiri dan kanan dikuadratkan :

18 Contoh Soal 1.14 Sebuah perahu yang mempunyai kecepatan (relatip terhadap air) sebesar 1,8 m/s harus menyebrangi sebuah sungai selebar 260 m dan tiba pada jarak 110 m ke arah hulu. Agar sampai di tempat tujuan, maka perahu tersebut harus diarahkan pada sudut 45 o ke arah hulu. Tentukan kecepatan air dan berapa lama perahu tersebut sampai di tempat tujuan ? VaVa Jawab : 260 m 110 m V pa V p 45 o

19 260 m 110 m V pa V p 45 o      VaVa

20 260 m 110 m V pa V p 45 o  V a Menggunakan penjumlahan vektor :

21 Contoh Soal 1.15 Sebuah pesawat terbang bergerak dengan kecepatan 720 km/jam dari kota A di selatan ke kota B di utara. Pada saat jaraknya 360 km dari kota B, ada angin yang bertiup ke arah tenggara dengan kecepatan 180 km/jam. Oleh karena itu pilot pesawat tersebut harus mengubah arah pesawatnya agar ia tetap bergerak menuju kota B. Bila kecepatan pesawat konstan, a). Kemana pesawat terbang harus di arahkan ? b) Berapa lama terlambat tiba di kota B Jawab : VaVa VpVp VpaVpa

22 VaVa VpVp V pa S U

23  KECEPATAN DAN PERCEPATAN SESAAT

24 Contoh Soal Posisi dari suatu benda yang bergerak pada sumbu x diberikan oleh persamaan : x= 4-27t+3t 3. a). Hitung kecepatannya pada t = 5 s b). Hitung percepatannya setiap saat c). Kapan kecepatannya nol Jawab :

25 Contoh Soal 1.17 Sebuah benda yang mula-mula kecepatannya v=0 dan posisinya x=0 mulai bergerak pada sumbu x dengan percepatan tidak konstan : a). Tentukan percepatan dan kecepatannya sebagai fungsi waktu b). Tentukan posisinya pada t = 10 c). Gambarkan grafik percepatan, percepatan dan posisinya d). Tentukan posisinya pada t = 10 menggunakan grafik tersebut

26 Jawab : a).

27 b).

28 c). d). Posisi = luas di bawah kurva kecepatan

29 Contoh Soal 1.18 Seorang atlit berlari dengan kecepatan seperti terlihat pada grafik di bawah ini. Tentukan jarak yang telah ditempuh selama 16 s. Jawab :


Download ppt "GERAK DALAM DUA DIMENSI (Bagian 2) TIU. O r r  ss P vivi vfvf Q -v i vv GERAK MELINGKAR BERATURAN Kecepatan linier : - Besarnya tetap, v - Arahnya."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google