Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ERLIAN WIDYA NURSANTHI, 1301406029 MENINGKATKAN KONSEP DIRI MELALUI LAYANAN INFORMASI DENGAN MEDIA VISUAL PADA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 BERGAS TAHUN.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ERLIAN WIDYA NURSANTHI, 1301406029 MENINGKATKAN KONSEP DIRI MELALUI LAYANAN INFORMASI DENGAN MEDIA VISUAL PADA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 BERGAS TAHUN."— Transcript presentasi:

1 ERLIAN WIDYA NURSANTHI, MENINGKATKAN KONSEP DIRI MELALUI LAYANAN INFORMASI DENGAN MEDIA VISUAL PADA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 BERGAS TAHUN AJARAN 2010/2011

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : ERLIAN WIDYA NURSANTHI - NIM : PRODI : Bimbingan dan Konseling - JURUSAN : Bimbingan Dan Konseling - FAKULTAS : Ilmu Pendidikan - berlianmaniez pada domain yahoo.co.id - PEMBIMBING 1 : Drs. Heru Mugiarso, M.Pd.,Kons - PEMBIMBING 2 : Dra. Awalya, M.Pd.,Kons - TGL UJIAN :

3 Judul MENINGKATKAN KONSEP DIRI MELALUI LAYANAN INFORMASI DENGAN MEDIA VISUAL PADA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 BERGAS TAHUN AJARAN 2010/2011

4 Abstrak Fenomena yang ditemui pada siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Bergas menunjukkan konsep diri rendah, ditunjukkan dengan perilaku siswa yang sering berpakaian yang tidak sesuai ketentuan sekolah, adanya kenakalan remaja, sering mengeluh, merasa tidak bermanfaat, tidak mengetahui kelebihan yang dimiliki, pesimis, malu, tidak percaya diri dan kurang membuka diri. Untuk itu perlu ada upaya untuk meningkatkan konsep diri siswa, salah satunya dengan melaksanakan kegiatan layanan informasi dengan media visual. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimanakah konsep diri siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Bergas sebelum diberikan layanan informasi dengan media visual, bagaimanakah konsep diri siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Bergas setelah diberikan layanan informasi dengan media visual, dan apakah terjadi peningkatan konsep diri pada siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Bergas setelah peberian layanan informasi dengan media visual. Tujuan penelitian ini untuk memperoleh gambaran konsep diri pada siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Bergas sebelum diberikan layanan informasi dengan media visual, untuk memperoleh gambaran konsep diri pada siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Bergas setelah diberikan layanan informasi dengan media visual, dan untuk membuktikan terjadinya peningkatan konsep diri pada siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Bergas sebelum dan setelah pemberian layanan informasi dengan media visual. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bergas Tahun Ajaran 2010/ 2011 sebanyak 255 siswa yang terbagi dalam 8 kelas. Sampel dalam penelitian simple random sampling sebanyak 37 siswa yang berada di kelas XI IPS 3. Variabel yang diteliti ada dua yaitu layanan informasi dengan media visual sebagai variabel bebas dan konsep diri siswa sebagai variabel terikat. Data diambil dengan skala psikologis. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis uji t-test, dan analisis deskriptif. Hasil analisis Konsep diri siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Bergas sebelum diberikan layanan informasi dengan media visual menunjukkan kategori sedang dengan persentase 61,07%, setelah diberikan layanan informasi dengan media visual menunujukkan kategori sedang dengan persentase 67,99%. Hasil uji hipotesis analisis data diperoleh thitung = 32,02 dan ttabel = 1,993, jadi thitung > ttabel.. Hal ini menunjukkan bahwa ”ada perbedaan tingkat konsep diri siswa sebelum dan setelah mendapatkan layanan informasi dengan media visual”. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata konsep diri setelah diberikan layanan informasi dengan media visual mengalami peningkatan daripada sebelumnya. Saran bagi sekolah hendaknya dapat memfasilitasi penyediaan media visual secara lebih lengkap, bagi guru BK lebih melatih ketrampilan menggunakan media visual.

5 Kata Kunci Konsep diri, Layanan Informasi dengan Media Visual

6 Referensi Arifin, E. Zaenal Dasar-DasarPenulisan Karangan Ilmiah. Jakarta : PT Grasindo. Arikunto, Suharsimi Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka cipta. Arsyad, Azhar Media Pembelajaran. Jakarta : PT Raja Grafindo Persda. Asmara, Tejo Efektivitas Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Peer Group Dalam Meningkatkan Konsep Diri Siswa Kelas III A Di SMP Mardisiswa 1 Semarang Tahun Pelajaran 2006/2007. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang. Azwar, Saifuddin Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar Burns, R. B Konsep Diri Teori, Pengukuran, Perkembangan, dan Perilaku. Jakarta: Arcan. Hadi, Sutrisno Statistika Jilid 2. Yogyakarta: Andi Offset Mariana, Mega Ika Keefektifan Paket Pelatihan Keterampilan Self- Disclosure Untuk Meningkatkan Konsep Diri Siswa SMP. Skripsi, Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi, Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Diunduh dari article/view/9687. Mugiarso, Heru Bimbingan dan Konseling. Semarang : UPT MKK UNNES. Nazir, Moh Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia Ocktavia, Putri Primasari Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Kemandirian Pada Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling Angkatan 2005 dan 2006 UNNES. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang. Prayitno dan Erman Amti Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta : PT Rineka Cipta. Prayitno Layanan Bimbingan dan Konseling. Padang : Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang. Purwaningtyas, Jihan Rina Meningkatkan Minat Siswa Untuk Mengikuti Layanan Informasi Dengan Menggunakan Media Bimbingan Di Kelas X SMA Negeri 1 Kedungwuni Tahun Pelajaran 2008/2009. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang. Rakhmat, Jallaludin Psikolagi Komunikasi. Bandung : PT Remaja Rosda Karya. Sadiman, dkk Media Pendidikan (Pengertian, Pengembangan & Pemanfaatannya). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Sarono Pedoman Pelaksanaan Pelayanan Konseling untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Parung : tidak ada penerbit. Sobur, Alex Psikologi Umum. Bandung : CV Pustaka Setia Sugiyono Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta. Sugiyono Metodologi Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kutlitatif, Kualitatif dan R&B). Bandung : Alfabeta. Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan & Pengembangan Bahasa Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka Wibowo, Mungin Eddy et al Panduan Penyusunan Karya Ilmiah. Semarang : UNNES Press Winkel, W.S dan Sri Hastuti Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.

7 Terima Kasih


Download ppt "ERLIAN WIDYA NURSANTHI, 1301406029 MENINGKATKAN KONSEP DIRI MELALUI LAYANAN INFORMASI DENGAN MEDIA VISUAL PADA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 BERGAS TAHUN."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google