Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presents... Kemah Suci ‘Tabernakel’

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Presents... Kemah Suci ‘Tabernakel’"— Transcript presentasi:

1 presents...

2 Kemah Suci ‘Tabernakel’

3 Rekonstruksi Kemah Suci Pintu Bejana Pembasuhan Mezbah Korban Bakaran Pelataran Tabernakel Kemah Tabernakel 100 hasta

4 Gambar Maket Rekonstruksi Kemah Suci

5 The Tabernacle (Kemah Suci)

6 I. ISTILAH-ISTILAH TABERNAKEL  1. אֹהֶל' - OHEL RUMAH, KEMAH, ATAU TEMPAT TINGGAL (Ayub 5:24)  2. מִּשְׁכָּן - MISYKAN, KEMAH SUCI (Keluaran 25:9)  3. סך - SOKH, PONDOK (Mazmur 76:3)  4. סכה - SUKÂH, GUBUK, PONDOK (Imamat 23:34)  5. סִכּוּת - SIKÛT, Peti yang dapat diangkut berisi patung Molok (LAI: Sakut) (Amos 5:26) Molok  6. סך - SOKH, kemah (Ratapan 2:6)  7. אֹהֶל מֹועֵד - 'OHEL MÔ'ÊD, KEMAH PERTEMUAN (Keluaran 27:21)  8. מִשְׁכַּן הָעֵדֻת - MISYKAN HÂ'ÊDUT, KEMAH KESAKSIAN (LAI: KEMAH SUCI, TEMPAT HUKUM ALLAH) (Keluaran 38:21)  9. מִשְׁכַּן יְהוָה - MISYKAN YEHOVÂH, KEMAH SUCI TUHAN (Imamat 17:4)  10. אֹהֶל הָעֵדֻת - 'OHEL HÂ'ÊDUT, KEMAH KESAKSIAN (LAI: KEMAH HUKUM ALLAH)  11. מִשְׁכַּן בֵּית הָאֱלֹהִים - MISYKAN BÊYT HÂ'ELOHÎM, KEMAH SUCI, RUMAH ALLAH (1 Tawarikh 6:48)  12. σκηνη - skênê, KEMAH (Kisah Para Rasul 7:43)  13. σκηνωμα - skênôma, TEMPAT KEDIAMAN (Kisah Para Rasul 7:46)  14. σκηνη του μαρτυριου - skênê tou marturiou, KEMAH KESAKSIAN (Kisah Para Rasul 7:44)

7 II. PELAKSANA TABERNAKEL Musa menunjuk dua orang untuk mengerjakan tabernakel, yaitu: 1. Bezaleel bin Uri bin Hur, BETSAL'ÊL BEN-'ÛRÎ VEN-KHÛR, dari suku Yehuda; 2. Aholiab bin Ahisamakh, 'OHOLÎ'ÂV BEN-'AKHÎSÂMÂKH, dari suku Dan. * Keluaran 36:1, "Demikianlah harus bekerja Bezaleel dan Aholiab, dan setiap orang yang ahli, yang telah dikaruniai TUHAN keahlian dan pengertian, sehingga ia tahu melakukan segala macam pekerjaan untuk mendirikan tempat kudus, tepat menurut yang diperintahkan TUHAN."

8 III. MATERIAL TABERNAKEL Material yang disediakan untuk mendirikan tabernakel dicatat dalam Keluaran 25 hingga 40, yaitu: 1. Emas, ZÂHÂV 2. Perak, KESEF 3. Tembaga, NEKHOSYET 4. Kain ungu tua, TEKÊLET (harfiah: biru) 5. Kain ungu muda, 'ARGÂMÂN 6. Kain kirmizi, TÔLA'AT SYÂNÎ 7. Lenan halus, SYESY 8. Bulu kambing, 'ÊZ 9. Kulit domba jantan yang diwarnai merah, 'OROT 'ÊYLIM ME'ÂDAMÎM 10. Kulit lumba-lumba, 'OROT TEKHÂSYÎM 11. Kayu penaga, 'ATSÊY SYITÎM. 12. Minyak untuk lampu, SYEMEN 13. Rempah-rempah, BESYEM 14. Ukupan, QETORET 15. Permata krisopras, 'AVNÊY-SYOHAM 16. Permata tatahan, 'AVNÊY MILU'ÎM

9 IV. UKURAN DAN BAHAN TABERNAKEL Tabernakel merupakan empat persegi panjang dengan panjang sekitar 14 meter (dengan asumsi bahwa satu hasta adalah 45 sentimeter), lebar dan tinggi sekitar 5 meter. Kedua sisi dan ujung sebelah barat terbuat dari papan kayu penaga beralaskan tembaga, sebelah timur terbuka. * Keluaran 26:22, "Untuk sisi belakang Kemah Suci, pada sebelah barat, haruslah kaubuat enam papan."

10 V. TUTUP TABERNAKEL

11 Tabernakel ditutup dengan empat jenis penutup berturut-turut:  Tutup yang pertama : Lenan halus dengan gambar kerubium dijahit dari kain ungu tua, ungu muda, dan kirmizi dan mungkin pula dengan benang emas. (Keluaran 26:1)  Tutup yang kedua : Bulu kambing terletak di atas lenan halus dan terdiri atas sebelas tenda (Keluaran 26:7)  Tutup yang ketiga: Kulit domba jantan dicelup merah. (Keluaran 26:14) Tutup yang keempat (terakhir): Kulit lumba-lumba. Lumba-lumba, Ibrani: TAKHÂSY diperkirakan sejenis hewan air yang mirip tetapi bukan lumba-lumba. (Keluaran 26:14)

12 VI. TIRAI TABERNAKEL

13 TIRAI TABERNAKEL : Bagian dalam dibagi pula oleh satu tirai menjadi dua bagian, yang sebelah luar disebut ruang kudus atau tempat kudus dan yang sebelah dalam disebut ruang maha kudus. * Keluaran 26:33, "Haruslah tabir itu kaugantungkan pada kaitan penyambung tenda itu dan haruslah kaubawa tabut hukum ke sana, ke belakang tabir itu, sehingga tabir itu menjadi pemisah bagimu antara tempat kudus dan tempat maha kudus."

14 VII. PINTU TABERNAKEL (Keluaran 27:16; 38:18, 19)

15 1. Pintu Gerbang Pelataran Keluaran 27:16, "tetapi untuk pintu gerbang pelataran itu tirai dua puluh hasta dari kain ungu tua dan kain ungu muda, kain kirmizi dan dari lenan halus yang dipintal benangnya— tenunan yang berwarna-warna—dengan empat tiangnya dan empat alas tiang itu."

16  2. Pintu Ruang Kudus Ruang Kudus dipisahkan dari halaman dengan suatu tirai, yang digantung atas lima tiang tegak pada sisi timur tabernakel dan merupakan pintu masuk. * Keluaran 36:37 "Haruslah kaubuat lima tiang dari kayu penaga untuk tirai itu dan kausalutlah itu dengan emas, dengan ada kaitannya dari emas, dan untuk itu haruslah kautuang lima alas dari tembaga."

17  3. Pintu Ruang Maha Kudus Tabir ini memisahkan ruang kudus dengan ruang maha kudus: Ruang Kudus dan Ruang Maha Kudus dibuat dari papan bersalut emas. * Keluaran 26:15, "Haruslah engkau membuat untuk Kemah Suci papan dari kayu penaga yang berdiri tegak,"

18 Pintu Ruang Maha Kudus

19 VIII. RUANG KUDUS/MAHA KUDUS  Ruang Maha Kudus (Ibrani: 'qodesy haqodâsyïm') berbentuk kubus 10 hasta berisikan tabut perjanjian yang di dalamnya terdapat dua loh batu, manna dan tongkat Harun yang berbunga. Ruang Kudus ada di sebelah barat dan merupakan ruang yang lebih besar dari ruang Maha Kudus.  Di dalam ruang kudus (Ibrani: 'haqodesy') ditempatkan meja roti sajian, kandil, dan mezbah pembakaran ukupan.

20 Ruang Maha Kudus Ruang Kudus

21 IX. MEJA ROTI SAJIAN, SYULKHÂN  Meja roti sajian ditempatkan di sebelah kanan dari ruang kudus, di sisi utara. Panjangnya sekitar satu meter (dua hasta dengan asumsi satu hasta yaitu ukuran sepanjang lengan bawah dari siku hingga ujung jari tengah adalah 45 cm), lebar setengah meter dan tinggi tiga perempat meter. Terbuat dari kayu penaga bersalut emas. * Keluaran 25:23, "Lagi haruslah engkau membuat meja dari kayu penaga, dua hasta panjangnya, sehasta lebarnya dan satu setengah hasta tingginya."

22 Ukuran : MEJA ROTI SAJIAN, SYULKHÂN  Panjang 2 hasta (90 cm)  Lebar 1 hasta (45 cm)  Tinggi 1.5 hasta (67.5 cm)

23  Di atas meja roti sajian ditempatkan dua belas buah roti bundar, masing-masing mewakili kedua belas suku bangsa Israel, diganti setiap minggu dengan roti yang baru dan menjadi makanan bagi para imam. * Imamat 24:5, "Engkau harus mengambil tepung yang terbaik dan membakar dua belas roti bundar dari padanya, setiap roti bundar harus dibuat dari dua persepuluh efa;"

24

25  Kandil terbuat dari emas murni seberat satu talenta (± 150 kilogram), terdiri atas alas (kaki), batang, enam cabang – masing- masing tiga sebelah-menyebelah – dan tujuh buah pelita. Batang dan cabang dilengkapi dengan kelopak, tombol, dan kembang. Ukurannya tidak ditulis di dalam Alkitab (Keluaran 25:31-40).  Fungsi utama kandil adalah sebagai alat penerangan bagi tabernakel, dinyalakan mulai sore hari hingga keesokan harinya. * Keluaran 30:8, "Juga apabila Harun memasang lampu-lampu itu pada waktu senja, haruslah ia membakarnya sebagai ukupan yang tetap di hadapan TUHAN di antara kamu turun-temurun." * Imamat 24:3, "Harun harus tetap mengatur lampu-lampu itu di depan tabir yang menutupi tabut hukum, di dalam Kemah Pertemuan, dari petang sampai pagi, di hadapan TUHAN. Itulah suatu ketetapan untuk selama-lamanya bagimu turun-temurun." * 1 Samuel 3:3, "Lampu rumah Allah belum lagi padam. Samuel telah tidur di dalam bait suci TUHAN, tempat tabut Allah."

26  Bait Allah yang dibangun oleh Salomo terdapat 10 Menorah : * 1 Raja-raja 7:49, "kandil-kandil dari emas murni, lima di sebelah kanan dan lima di sebelah kiri, di depan ruang belakang; kembang-kembangnya, lampu- lampunya dan sepit-sepitnya, dari emas;" lihat juga 2 Tawarikh 4:7

27  Namun, pada pembangunan Bait Allah ke-2 (zaman Ezra), Menorah hanya ada satu, karena mengikut Tabernakel Musa (Reff. Talmud Menachos 98b).  Dengan demikian Bait-Allah ke- 2 hanya terdapat 1 Menorah (Reff. Ben Sira 26:17);

28 XI. MEZBAH DUPA, MEZBAH PEMBAKARAN UKUPAN, MIZBAKH HAQETORET

29  Mezbah pembakaran ukupan atau mezbah dupa terbuat dari kayu penaga. * Keluaran 30:1, "Haruslah kaubuat mezbah, tempat pembakaran ukupan; haruslah kaubuat itu dari kayu penaga;"  Ukuran mezbah dupa adalah satu hasta (± 45 cm) panjang dan lebar, dan dua hasta (± 90 cm) tingginya. * Keluaran 30:2, "sehasta panjangnya dan sehasta lebarnya, sehingga menjadi empat persegi, tetapi haruslah dua hasta tingginya; tanduk-tanduknya haruslah seiras dengan mezbah itu." Mezbah dupa itu bersalut emas murni. * Keluaran 30:3, "Haruslah kausalut itu dengan emas murni, bidang atasnya dan bidang- bidang sisinya sekelilingnya, serta tanduk-tanduknya. Haruslah kaubuat bingkai emas sekelilingnya."

30 XII. TABUT PERJANJIAN – ARK OF THE COVENANT  Ukuran : P 2.5 x L 1.5 x T 1.5 hasta * Keluaran 25:10-22

31 XIII. PELATARAN TABERNAKEL - COURTYARD – KHATSER *Keluaran 27:9-19

32 XIV. BEJANA PEMBASUHAN – THE BRONZE LAVER - KIYOR NEKHOSYET (Keluaran 30:17-21; 40:7, 30-32)

33 BEJANA PEMBASUHAN – THE BRONZE LAVER - KIYOR NEKHOSYET

34 XV. MEZBAH KORBAN BAKARAN – THE ALTAR OF BURNT OFFERING (Keluaran 27:1-8, 40:6, 10, 29)

35 MEZBAH KORBAN BAKARAN – THE ALTAR OF BURNT OFFERING

36 XVI. PAKAIAN IMAM BESAR: PARASYAT TETZAVEH – THE GARMENT OF THE KOHEN HAGADOL ¹Ini adalah model imam besar, memperlihatkan GAMIS BIRU yang tepinya di gantungi giring-giring dan buah delima hiasan ¹ EFOD (baju yg lebih pendek) diikat dengan ikat pinggang. ¹PENUTUP DADA dan Urim & Thumim: penutup Dada dari emas murni dihiasi dengan 12 batu permata (jumlah suku Israel) digantung dengan rantai emas. ¹URIM & THUMIM, terletak didalam penutup dada, 2 benda melambangkan ‘ya’ dan ‘tidak’.

37

38 XVII. HAL-HAL YANG BERKAITAN DENGAN TABERNAKEL ¹1. MINYAK UNTUK LAMPU, ¹1. MINYAK UNTUK LAMPU, Keluaran 27: ¹2. Hal-hal lainnya yang berhubungan dengan peraturan ibadah. Lihat 613 MITSVOT tentang TENTANG BAIT ALLAH, RUANG KUDUS DAN BENDA-BENDA KUDUS, Mitsvot , di ?p=431#431

39


Download ppt "Presents... Kemah Suci ‘Tabernakel’"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google