Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

METODE DALAM SOSIOLOGI. Sebagai Ilmu, Apa Saja Metode Sosiologi? Metode kualitatif mengutamakan bahan yang sulit untuk diukur dengan angka-angka atau.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "METODE DALAM SOSIOLOGI. Sebagai Ilmu, Apa Saja Metode Sosiologi? Metode kualitatif mengutamakan bahan yang sulit untuk diukur dengan angka-angka atau."— Transcript presentasi:

1 METODE DALAM SOSIOLOGI

2 Sebagai Ilmu, Apa Saja Metode Sosiologi? Metode kualitatif mengutamakan bahan yang sulit untuk diukur dengan angka-angka atau dengan ukuran-ukuran lain yang exact, meskipun bahan- bahan itu terdapat dengan nyata di dalam masyarakat. Metode-metode kualitatif dalam istilah bahasa Jerman dapat dinamakan metode “vestehen”. Pemahaman secara detail dan mendalam sebagai dimensi dari vestehen merupakan ciri dari metode kualitatif (Soemarjan, 1964). Jenis metode kuantitatif sebaliknya mengutamakan bahan-bahan keterangan dengan angka-angka, sehingga gejala-gejala yang ditelitinya dapat diukur dengan menggunakan skala-skala, indeks-indeks, tabel-tabel dan formula-formula yang banyak menggunakan analisis statistik. Perkembangan metode ini juga sangat luas yang saat ini telah banyak dikembangkan soft ware untuk analisis data seperti SPSS, SAS, juga tools analisis lainnya.

3 Apa perbedaan keduanya ? Asumsi PertanyaanKuantitatifKualitatif Asumsi ontologiApa realitas itu ?Realitas adalah obyektif dan seragam, bagian dari peneliti Realitas adalah subyektif dan beragam sebagaimana yang dilihat oleh anggota dalam studi Asumsi epistemologi Apa hubungan antara peneliti dengan tineliti? Peneliti tidak tergantung pada yang diteliti Peneliti berinteraksi dengan yang diteliti Asumsi aksiologiapa peran dari nilai?Bebas nilai dan tidak bisaSarat nilai dan bisa Asumsi retorikaApa bahasa dari penelitian 1.Formal 2.Berdasar pada set definisi 3.Pendapat impersonal 4.Menggunakan kata-kata dari kuantitatif. 1.Informal 2.Melibatkan keputusan 3.Pendapat personal 4.Memakai kata-kata kualitatif Asumsi metodologi Apa proses penelitian?1.Proses deduktif 2.Sebab akibat 3.Desain tetap-kategori diisolasi sebelum studi 4.Kontek bebas 5.Generalisasi digunakan untuk memprediksi, eksplanasi, dan memahami 6.Akurat dan reliabel menggunakan validitas dan reliabilitas 1.Proses induktif 2.Hubungan yang serentak antar faktor-faktor 3.Desain rentan-kategori diindetifikasi selama penelitian 4.Kontek-ikatan 5.Pola-pola, teori dibangun untuk memahami 6.Akurat dan reliable melalui verifikasi Sumber: Jonh W. Creswell, 1995

4 Apa bedanya dengan metoda lain ? Pertama, jika mempelajari lingkungan fisik relatif tidak memberi reaksi balik sebagaimana mempelajari manusia. Seorang tineliti juga aktif memberi makna pada lingkungannya tidak seperti obyek fisik yang pasif. Kondisi lingkungan saat observasi sangat mempengaruhi dan dapat mengalami berbagai perubahan tidak sebagaimana kondisi fisik yang dapat dikontrol. Kedua, teori yang dirumuskan pada suatu tempat belum tentu berlaku untuk tempat lain demikian juga pada waktu tertentu belum tentu berlaku diwaktu lain. Ketiga, mempelajari sosiologi pada secara tidak sadar juga mempelajari dirinya sendiri sehingga dapat menimbulkan bias mulai dari observasi hingga proses interprestasi.

5 Lingkaran pendekatan ilmiah GENERALIZATION (research is used to generate theory) OBSERVATION (research) PREDICTION (research used to test theory) EXPLANATION


Download ppt "METODE DALAM SOSIOLOGI. Sebagai Ilmu, Apa Saja Metode Sosiologi? Metode kualitatif mengutamakan bahan yang sulit untuk diukur dengan angka-angka atau."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google