Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KOMUNITAS & ORGANISASI Monika S.Y., S.Sos., M.Si..

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KOMUNITAS & ORGANISASI Monika S.Y., S.Sos., M.Si.."— Transcript presentasi:

1 KOMUNITAS & ORGANISASI Monika S.Y., S.Sos., M.Si.

2 Nobar Final Piala Eropa 2012 Pada Juli 2012, dunia menyaksikan pertandingan final Piala Eropa antara Spanyol dan Italia. Solopos mengadakan nobar pertandingan tersebut di halaman Griya Solopos yang dihadiri warga masyarakat umum secara gratis. Kegiatan nobar tersebut dimeriahkan dengan adanya doorprize. Apa manfaat yang didapat masyarakat dengan kegiatan ini??

3 Prinsip Community Relations Pada dasarnya, prinsip community relations dalam organisasi adalah seperti hidup bertetangga dalam lingkungan masyarakat. Ungkapan klasik  ‘tetangga yang baik akan memberikan kail, bukan ikan’. Mengapa “kail” dan bukan “ikan”??

4 Komunitas dalam PR Hallahan (dalam Irintara, 2007: 22) Komunitas merupakan salah satu bagian dari publik dalam kegiatan PR (publik eksternal) Perry (2000) dari Komunitas adalah: 1.Sekelompok orang yang tinggal dalam lingkup geografis yang sama 2.Sekelompok orang yang saling berhubungan karnea nilai & kepentingan mereka.

5 Hubungan Organisasi & Komunitas Hubungan organisasi dengan komunitas seperti halnya menjaga keharmonisan hidup “bertetangga”. –Caritatif –Prioritas Namun, dalam konteks komunitas sebagai sekelompok orang yang saling berhubungan karena nilai & kepentingan, maka hubungan organisasi dengan komunitas lebih tepat dipandang sebagai wujud tanggung jawab sosial.

6 Hubungan Organisasi & Komunitas Tanggung jawab sosial organisasi muncul di tahun 1960-an sebagai respon dari perubahan nilai sosial (Buchholz dalam Daugherty, 2003). Perubahan nilai-nilai sosial apa yang terjadi saat itu? Ekspektasi publik terhadap organisasi (bisnis) agar memiliki akuntabilitas sosial makin meningkat, misal: class action dari warga terhadap PT Power Steel Mandiri Tangerang dengan tuntutan ganti rugi senilai Rp. 1,761 triliun (Awaludin, 2012).

7 Tahap Perkembangan Konsep Tanggung Jawab Sosial Organisasi Bisnis Create profit inc. (dalam Iriantara, 2007: 27) menyebutkan ada 3 tahapan perkembangan konsep tanggung jawab sosial organisasi bisnis, yaitu: –‘60-’70an  Community relations dan pemberian sumbangan sebagai respon atas kebutuhan/ tekanan lokal dan manajemen senior/ CEO –’80-’90an  Community relations “model kewarganegaraan korporat”, berdasar isu etis –99-an  aliansi strategis yang berkaitan dengan tujuan organisasi

8 Faktor yang Mempengaruhi Perubahan Hubungan Organisasi dengan Komunitas Menurut Godeke (dalam Iriantara, 2007: 28) ada 5 faktor yang mempengaruhi perubahan hubungan organisasi dengan komunitas, yaitu: –Globalisasi –Peningkatan harapan –Menguatnya masyarakat madani dan LSM –Meningkatnya gerakan lingkungan –Pasar untuk tenaga kerja berbakat

9 Peran komunitas bagi keberhasilan organisasi Membangun dan membina hubungan Mengembangkan kemitraan

10 Referensi Daugherty, E. (2003). Service-Learning Integration in a Public Relations Program Pedagogy for Enhanced Learning. Teaching Public Relations, No.58, Winter diakses dari 10 Okt 2012, WIB. Iriantara, Y. (2007). Community Relations: Konsep dan Aplikasinya. Bandung: Simbiosa Rekatama. Awaludin. (2012).Terkait Gugatan Class Action, Ribuan Warga Ancam Kepung PN Tengerang. Okezone.com: News Entertainment - OkeJogja. diakses dari terkait-gugatan-class-action-ribuan-warga-ancam-kepung-pn- tengerang. 10 Oktober 2012, pukul WIB. Stewart, P. (2000). Economic Literacy: Getting to know Community Economic Development. Ontario Health Promotion E- Bulletin, OHPE Bulletin 162, Volume 2000, No

11 Tugas Individu Buatlah makalah mengenai “komunitas, publik, dan kerumunan massa dalam perannya terhadap kemajuan organisasi” Makalah berisi: Penjelasan konsep komunitas, publik, dan kerumunan massa Penjabaran peran ketiga konsep tersebut dalam kemajuan organisasi Pandangan kritis/ tanggapan mahasiswa mengenai topik tersebut (bobot nilai paling besar) Ketentuan pengerjaan tugas Tugas diketik, dikumpulkan minggu depan (ke pak Mawar) dalam bentuk print out. Cantumkan nama dan NIM, tidak perlu menggunakan cover dan tidak perlu dijilid, cukup distaples saja. Cantumkan referensi yang dipakai dalam mengerjakan tugas.


Download ppt "KOMUNITAS & ORGANISASI Monika S.Y., S.Sos., M.Si.."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google