Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

OPNAME FISIK BARANG MILIK NEGARA Disampaikan pada Diklat Sistem Akuntansi Barang Milik Negara di Palembang Oleh: Drs. AHMAD THONTHOWI Departemen Agama.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "OPNAME FISIK BARANG MILIK NEGARA Disampaikan pada Diklat Sistem Akuntansi Barang Milik Negara di Palembang Oleh: Drs. AHMAD THONTHOWI Departemen Agama."— Transcript presentasi:

1

2 OPNAME FISIK BARANG MILIK NEGARA Disampaikan pada Diklat Sistem Akuntansi Barang Milik Negara di Palembang Oleh: Drs. AHMAD THONTHOWI Departemen Agama Balai Pendidikan dan Pelatihan Keagamaan Palembang

3 SISTEM ADMINISTRASI BMN PERENCANAAN DAN PENENTUAN KEBUTUHAN PENGHAPUSAN PEMELIHARAAN PENGANGGARAN PENYIMPANANDANPENYALURAN PENGADAAN PENGENDALIANDANINVENTARISASI

4 PENGERTIAN OPNAME FISIK BMN OPNAME FISIK BMN : Suatu kegiatan untuk melakukan penghitungan, pencatatan, pendaftaran dan penilaian terhadap semua BMN berdasarkan ketentuan yang berlaku.

5 TUJUAN OPNAME FISIK BMN 1.Mendapatkan data barang sesuai realisasi yang sebenarnya. 2.Melacak barang-barang yang keberadaannya tidak diketahui. 3.Menciptakan tertib administrasi BMN. 4.Mengetahui aset negara yang sebenarnya. 5.Merencanakan penghapusan BMN. 6.Efektivitas dan efisiensi pengendalian dan pengawasan BMN.

6 TINDAK LANJUT HASIL OPNAME FISIK BMN 1.Penatausahaan BMN secara tertib. 2.Pencarian barang-barang yang tidak ditemukan 3.Perencanaan penghapusan BMN. 4.Peningkatan efektivitas pengendalian dan pengawasan BMN. 5.Pemberian kode barang.

7 TAHAPAN OPNAME FISIK BMN PERSIAPAN PELAKSANAAN PELAPORAN

8 PERSIAPAN OPNAME FISIK BMN 1.Membentuk tim opname fisik. 2.Membuat rencana kerja tim. 3.Mengumpulkan data yang ada/ pernah ada. 4.Mencatat nomor kode registrasi barang yang lama. 5.Membuat denah ruangan yang akan diadakan opname fisik BMN.

9 PELAKSANAAN OPNAME FISIK BMN 1.Penghitungan barang. 2.Penilaian kondisi dan nilai barang. 3.Pemberian nomor urut pendaftaran BMN. 4.Pengumpulan dan pendaftaran barang yang rusak berat. 5.Membuat daftar barang yang tidak ditemukan.

10 PELAPORAN HASIL OPNAME FISIK BMN 1.PEMBUATAN LAPORAN 2.PENYAMPAIAN LAPORAN 3.PENGEVALUASIAN LAPORAN 4.TINDAK LANJUT

11 LAPORAN HASIL OPNAME FISIK BMN Mengetahui,(………………………..)NIP. NOKODELOKASIRUANGKERJANAMABARANGKODEBARANGIDENTIFIKASIJUMLAHBARANGJUMLAHHARGAKONDISI CARA DAN TAHUN PEROLEHAN/ PEMBELIANHIBAH NO URUT PENDAFTARAN KET MERKTIPEBRRSLAMABARU UNIT KERJA: HARI: TANGGAL: UA KPB : TIM INVENTARIS


Download ppt "OPNAME FISIK BARANG MILIK NEGARA Disampaikan pada Diklat Sistem Akuntansi Barang Milik Negara di Palembang Oleh: Drs. AHMAD THONTHOWI Departemen Agama."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google