Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

FARMASEUTIK DASAR.  Suspensi adalah sediaan yang mengandung bahan obat padat dalam bentuk halus dan tidak larut, terdispersi dalam cairan pembawa. 

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "FARMASEUTIK DASAR.  Suspensi adalah sediaan yang mengandung bahan obat padat dalam bentuk halus dan tidak larut, terdispersi dalam cairan pembawa. "— Transcript presentasi:

1 FARMASEUTIK DASAR

2  Suspensi adalah sediaan yang mengandung bahan obat padat dalam bentuk halus dan tidak larut, terdispersi dalam cairan pembawa.  Zat yang terdispersi harus halus, tidak boleh cepat mengendap, dan bila dikocok endapan tersebut harus dapat terdispersi kembali.  Suspensi adalah sediaan yang mengandung bahan obat padat dalam bentuk halus dan tidak larut, terdispersi dalam cairan pembawa.  Zat yang terdispersi harus halus, tidak boleh cepat mengendap, dan bila dikocok endapan tersebut harus dapat terdispersi kembali.

3 Suspensi berdasarkan penggunaannya terdiri dari : Suspensi oral Suspensi Topikal Suspensi parenteral. Suspensi berdasarkan penggunaannya terdiri dari : Suspensi oral Suspensi Topikal Suspensi parenteral. Sedangkan tipe-tipe suspensi dibagi menjadi dua yaitu supensi terflokulasi dan suspensi terdeflokulasi.

4 1.Bahan aktif / Obat. 2.Bahan pembasah 3.Bahan Pendispersi 4.Bahan Pemflokulasi 5.Bahan Pendapar 6.Bahan Pewarna 7.Bahan Pengaroma 8.Bahan pemanis. 9.Bahan Pengawet 1.Bahan aktif / Obat. 2.Bahan pembasah 3.Bahan Pendispersi 4.Bahan Pemflokulasi 5.Bahan Pendapar 6.Bahan Pewarna 7.Bahan Pengaroma 8.Bahan pemanis. 9.Bahan Pengawet KOMPOSISI SUSPENSI

5 PEMBASAHAN PARTIKEL Dalam pembuatan suspensi, pembasahan partikel dari serbuk yang tidak larut didalam cairan pembawa adalah langkah yang sangat penting. Kadang-kadang adalah sukar mendispersi serbuk, karena adanya udara, lemak dan lain-lain kontaminan. Serbuk biasanya tidak dapat segera dibasahi, walaupun BJnya besar mereka mengambang pada permukaan cairan. Pada serbuk yang halus mudah kemasukan udara dan sukar dibasahi meskipun ditekan dibawah permukaan dari suspensi medium. Mudah dan sukar terbasahinya serbuk dapat dilihat dari sudut kontak yang dibentuk serbuk dengan permukaan cairan Sudut kontak

6 Serbuk dengan sudut kontak + 90 akan menghasilkan serbuk yang terapung keluar dari cairan. Sedangkan serbuk yang mengambang di bawah cairan mempunyai sudut kontak yang lebih kecil dan bila tenggelam, menunjukkan tidak adanya sudut kontak. Serbuk yang sulit dibasahi oleh air, disebut hidrofob, seperti sulfur, carbon adsorben, Magnesii Stearas dan serbuk yang mudah dibasahi oleh air, disebut hidrofil seperti toluene, Zinci oxydi, Magnesii Carbonas. Serbuk dengan sudut kontak + 90 akan menghasilkan serbuk yang terapung keluar dari cairan. Sedangkan serbuk yang mengambang di bawah cairan mempunyai sudut kontak yang lebih kecil dan bila tenggelam, menunjukkan tidak adanya sudut kontak. Serbuk yang sulit dibasahi oleh air, disebut hidrofob, seperti sulfur, carbon adsorben, Magnesii Stearas dan serbuk yang mudah dibasahi oleh air, disebut hidrofil seperti toluene, Zinci oxydi, Magnesii Carbonas. Dalam pembuatan suspensi penggunaan surfaktan (wetting agent) adalah sangat berguna dalam penurunan tegangan antarmuka anatara partikel padat dan cairan pembawa. Sebagai akibat turunya tegangan antarmuka akan menurunkan sudut kontak, dan pembasahan akan dipermudah. Gliserin akan berguna dalam penggerusan zat yang tidak larut karena akan memindahkan udara di antara partikel-partikel hingga bila ditambahkan air dapat menembus dan membasahi partikel karena lapisan gliserin pada permukaan partikel mudah bercampur dengan air. Maka itu pendispersian partikel dilakukan dengan mengerus dulu partikel dengan gliserin, propilenglikol, koloid gom baru diencerkan dengan air.. Dalam pembuatan suspensi penggunaan surfaktan (wetting agent) adalah sangat berguna dalam penurunan tegangan antarmuka anatara partikel padat dan cairan pembawa. Sebagai akibat turunya tegangan antarmuka akan menurunkan sudut kontak, dan pembasahan akan dipermudah. Gliserin akan berguna dalam penggerusan zat yang tidak larut karena akan memindahkan udara di antara partikel-partikel hingga bila ditambahkan air dapat menembus dan membasahi partikel karena lapisan gliserin pada permukaan partikel mudah bercampur dengan air. Maka itu pendispersian partikel dilakukan dengan mengerus dulu partikel dengan gliserin, propilenglikol, koloid gom baru diencerkan dengan air..

7 PEMBUATAN SUSPENSI Suspensi dapat dibuat dengan cara : 1.Metode dispersi 2.Metode pengendapan yang terdiri dari 3 macam yaitu :  Pengendapan dengan pelarut organic  Pengendapan dengan perubahan pH dari medium  Pengendapan dengan dekomposisi rangkap. Suspensi dapat dibuat dengan cara : 1.Metode dispersi 2.Metode pengendapan yang terdiri dari 3 macam yaitu :  Pengendapan dengan pelarut organic  Pengendapan dengan perubahan pH dari medium  Pengendapan dengan dekomposisi rangkap.


Download ppt "FARMASEUTIK DASAR.  Suspensi adalah sediaan yang mengandung bahan obat padat dalam bentuk halus dan tidak larut, terdispersi dalam cairan pembawa. "

Presentasi serupa


Iklan oleh Google