Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

3 AFEKSI EMOSI PERASAAN  Afeksi adalah gejala jiwa yang bersifat subjektif dan dialami dalam kualitas senang atau tidak senang dalam berbagai derajat.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "3 AFEKSI EMOSI PERASAAN  Afeksi adalah gejala jiwa yang bersifat subjektif dan dialami dalam kualitas senang atau tidak senang dalam berbagai derajat."— Transcript presentasi:

1

2

3 3 AFEKSI EMOSI PERASAAN

4  Afeksi adalah gejala jiwa yang bersifat subjektif dan dialami dalam kualitas senang atau tidak senang dalam berbagai derajat.  Jika afeksi dialami dalam derajat yang lemah atau sedang disebut PERASAAN sedangkan jika derajatnya kuat atau tinggi disebut sebagai EMOSI. Pengertian Afeksi

5 EMOSI Emosi adalah Suatu keadaan perasaan yang hebat dan meluap-luap untuk menggerakkan seseorang bertindak lebih jauh, seperti gembira, takut, benci dkk.

6 FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EMOSI  TIDAK ADANYA UMPAN BALIK TENTANG LINGKUNGAN SEKITAR, (LINGKUNGAN YANG TIDAK SESUAI)  TIDAK ADANYA KOMITMEN TERHADAP NILAI DAN NORMA  TIDAK MEMILIKI KEPERCAYAAN DIRI  KREATIVITAS BEKU  INSTABILITAS ORGANISASI  PRODUKTIVITAS MINIMUM  KETIDAKPUASAN KERJA  HARGA DIRI RENDAH

7 CONTOH EMOSI  EMOSI KENIKMATAN : Bahagia, gembira, puas, riang, senang, terhibur, bangga, takjub, rasa terpesona, rasa puas, rasa terpenuhi, kegirangan, senang, mania.  EMOSI CINTA : Penerimaan, persahabatan, kepercayaan, kebaikan hati, rasa dekat, bakti, hormat, kasmaran, kasih.

8 EMOSI MALU : Rasa salah, malu hati, kesal hati, sesal, hina, aib, dan hati hancur lebur. EMOSI JENGKEL : Hina, jijik, mual, benci, tidak suka, mau muntah. EMOSI TERKEJUT : Terkesiap, terpana, takjub.

9 EMOSI KESEDIHAN : Pedih, sedih, muram, suram, melankolis, mengasihani diri, kesepian, ditolak, putus asa, depresi. EMOSI RASA TAKUT : Cemas, takut, gugup, khawatir, was-was, waspada, tidak tenang, ngeri, panic, dsb

10  EMOSI AMARAH : Beringas, mengamuk, benci, marah besar, kesal hati, terganggu, berang, tersinggung, bermusuh

11 PERASAAN. Perasaan merupakan gejala psikis yang bersifat subjektif yang umumnya berhubungan dengan gejala mengenal dan dialami dalam kualitas senang atau tidak senang dalam berbagai taraf. (Sumardi Suryabrata, Psikologi Pendidikan, PT. Grafindo Graha Persada), Perasaan merupakan suatu keadaan kerohanian atau peristiwa kejiwaan yang dialami dengan senang atau tidak senang dalam hubungan dengan peristiwa mengenal dan bersifat subjektif. ( Abu Ahmadi dan M. Umar, Psikologi umum edisi revisi, PT. Bina Ilmu, Surabaya:1992. hal 59) Menurut Prof. Hukstra, Perasaan adalah suatu fungsi jiwa untuk dapat mempertimbangkan dan mengukur sesuatu menurut rasa senang dan tidak senang. (Agus Sujanto, Psikologi Umum. Bumi Aksara, Jakarta:1979. hal 75) Jakarta:2006. hal.66)

12 PERBEDAAN PERASAAN DAN EMOSI Dialami dalam derajat lemah atau sedang; Tidak / jarang disertai gejala Fisik sehingga sulit diketahui oleh orang lain; Dapat berlangsung dalam waktu yang lama; Pada saat berlangsung, rasio masih tetap berfungsi PERASAAN: Dialami dalam derajat yang kuat; Selalu disertai dengan gejala fisik sehingga dapat diketahui oleh orang lain; Berlangsungnya tidak lama; Pada saat berlangsung, rasio menjadi tidak atau kurang berfungsi EMOSI :

13 PERANAN AFEKSI DALAM PERILAKU Memperkuat semangat, apabila orang merasa senang atau puas atas hasil yang telah dicapai. Suasana emosional yang diterima dan dialami individu semasa kecilnya akan mempengarui sikapnya dikemudian hari, baik terhadap dirinya sendiri maupun terhadap orang lain. (Yusuf, 2004 : 115) Menjadi tujuan seseorang dalam bertingkah laku

14


Download ppt "3 AFEKSI EMOSI PERASAAN  Afeksi adalah gejala jiwa yang bersifat subjektif dan dialami dalam kualitas senang atau tidak senang dalam berbagai derajat."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google