Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Object-Oriented Oleh : Nur Hayatin, S.ST Teknik Informatika – UMM 2011.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Object-Oriented Oleh : Nur Hayatin, S.ST Teknik Informatika – UMM 2011."— Transcript presentasi:

1 Object-Oriented Oleh : Nur Hayatin, S.ST Teknik Informatika – UMM 2011

2 Tujuan Mahasiswa mampu : – Mengidentifikasi real-world object – Memahami konsep software object – Memahami konsep class – Memahami dan mengimplementasikan class diagram – Mengidentifikasi software object

3 Sub Topik Object Class Class diagram

4 OBJECT Object-Oriented

5 Object Memahami Object adalah kunci untuk memahami Object-Oriented Programming.

6 Real World Object Setiap object di dunia memiliki 2 karakter: state(sifat, ciri, karakteristik, atribut, yg melekat pada obyek) dan behavior(tingkah laku). Kata Kunci : BEHAVIORSTATE OBJECT

7 Contoh : Real-world Object Object = Kucing – State = warna bulu, nama, kaki, ekor dll. – Behavior = mencakar, mengeong, mengibaskan ekor, memakan, berjalan, bergulung, dll.

8 Contoh Lain: Object : Sepeda State = gear, speed behavior = ganti gear, kecepatan bertambah, rem Object : Circle State = jari-jari behavior = keliling lingkaran, luas lingkaran

9 Team Work! Amati object yang ada di sekitar anda. Tentukan state dan behavior yang dimiliki masing-masing obyek tersebut.  1 Kelompok = 1 Object

10 Software Object Software Object = Real World Object. Field = attribut = variabel Method = fungsi (u/ bahasa pemrograman lain) Real-worldSoftware StateField BehaviorMethod

11 Software Object Kalau kita sudah mampu mengidentifikasi object yang ada di dunia nyata maka relatif akan lebih mudah untuk me- representasikannya kedalam bentuk software. Caranya ???

12 CLASS Object-Oriented

13 Real-world Terdapat object yang memiliki kesamaan behavior dan state. Contoh : Semua kucing memiliki 4 kaki, ekor, mengeong, bulu, dll. Walaupun jenis mereka berbeda namun terdapat kesamaan state & behavior. Kenapa bisa sama? Blueprint (cetakan).

14 Class Class : blueprint dari object yang dibentuk. Object : hasil instansiasi/bentukan dari class. Jadi sebelum kita membuat object perlu dibuat class terlebih dahulu. CLASS object

15 Dari Class ke Object Ketika kita sudah mengidentifikasi real-world object, maka tinggal dibuat class-nya. Dari class tersebut kita bisa membuat object sampai jumlah yang tak terbatas. Untuk memudahkan pembuatan class dari kondisi nyata maka kita bisa menggunakan class diagram.

16 Class Diagram Dari real-world object menjadi class dibutuhkan class diagram. Real-world Object CLASS

17 Class Diagram Class diagram : merepresentasi kondisi nyata kedalam bentuk diagram untuk memudahkan pengubahan ke bentuk class (kode program). CLASS DIAGRAM Real-world Object CLASS

18 Struktur Class Diagram NAMA CLASS - States - Behaviors

19 Contoh Class Diagram (1) KUCING - nama - kaki - warna bulu - ekor -Mencakar() -Berjalan() -Bergulung() -Makan()

20 Contoh Class Diagram (2) SEPEDA - gear - speed - merek -gantiGear() -kecepatanBertambah() -rem() -keadaanSepeda()

21 Team Work! Buatlah class diagram dari object yang telah anda amati!

22 Syntax Class class nama_class { //data-field....... //method....... }

23 Syntax Object Pembentukan Object : Contoh : Sepeda bike = new Sepeda(); nama_class nama_object = new nama_class();

24 Pengaksesan field/method Untuk mengakses field/method dapat dilakukan dari object. Dengan cara menggunakan tanda titik (.) setelah nama object.

25 Syntax Akses Field Contoh : bike1.speed; //perintah yang ditulis untuk mengakses field speed melalui object bike1 nama_object.nama_field;

26 Syntax Akses Method Contoh : bike1.gantiGear(2); //perintah yang ditulis untuk mengakses method gantiGear melalui object bike1 nama_object.nama_method();

27 Tomorrow  what? Siapkan 1 game berbasis desktop. Install game tersebut di salah satu komputer anggota kelompok.


Download ppt "Object-Oriented Oleh : Nur Hayatin, S.ST Teknik Informatika – UMM 2011."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google