Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

CITRA SATRYA ILMU KELAUTAN – FPIK UNIVERSITAS BRAWIJAYA Alat Selam Dasar dan SCUBA.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "CITRA SATRYA ILMU KELAUTAN – FPIK UNIVERSITAS BRAWIJAYA Alat Selam Dasar dan SCUBA."— Transcript presentasi:

1 CITRA SATRYA ILMU KELAUTAN – FPIK UNIVERSITAS BRAWIJAYA Alat Selam Dasar dan SCUBA

2 SKIN DIVING Masker Snorkel Fins

3 MASKER Untuk menutupi sebagian muka terlebih daerah mata serta hidung Manfaatnya adalah membuat kantong hawa pada mata serta hidung penyelam sehingga penyelam tetap bisa melihat dengan jelas dan air tidak masuk kedalam hidung

4 SNORKEL Pipa yang terbuat dari silicon dengan panjang 12 hingga 14 inch Manfaatnya untuk alat survival untuk menolong penyelam untuk bernafas dipermukaan air tanpa mengangkat kepala serta lihat panorama di bawah permukaan air Memiliki bentuk semi-fleksibel dengan tak berpenutup di bagian atasnya.

5 FINS Manfaatnya memberikan kemampuan pada kaki serta suatu perangkat penggerak untuk berenang dengan capat di perairan. Dengan memakai alat ini kekuatan renang kita jadi tambah 10 kali lebih besar.

6 Masalah Umum Skin Diving 1) Masker Berembun 2) Air Masuk Kedalam Masker 3) Air Masuk Snorkel 4) Masker Menekan Muka 5) Kram 6) Hipotermia 7) Dehidrasi

7 SCUBA DIVING Wetsuit Weight Belt BCD Regulator Tabung

8 Wetsuit Bahan: foam neoprene wet suit terbuat dari karet neoprene yang memiliki gelembung – gelembung busa berudara. Bahan ini tak menyerap air serta di buat dalam beragam ukuran ketebalan bahan.

9 Weightbelt Alat ini dipakai untuk mnengatur daya apung penyelam. Tiap-tiap penyelam memiliki daya apung yang tidak sama. Weight belt mesti dibekali dengan quick release buckle yakni satu gesper pengancing yang bisa dilepaskan dengan cara cepat.

10 Tabung Selam Tabung selam adalah botol hawa yang bertekanan tinggi di buat untukmenampung hawa yang dimampatkan dengan cara aman. Tabung – tabung saat saat ini di buat dari bahanbaja atau mungkin campuran alumunium serta didapat dalam sebagian ukuran. Pada tabung umum ada tulisan – tulisan DOT 3 AA 2250, H , Tulisan itu artinya, tabung ini sudah mempunyai lisensi dari Department of Transportation (DOT) cap ini umumnya adalah product buatan amerika. 3 AA mempunyai makna tabung memakai kelas serta jenis logam penahan tekanan tinggi (Chromenolybdenum stell – 4130) adalah tekanan kerja maksimum pada tabung dalam unit Psi, tetapi bisa di isi sampai 2475 Psi. H adalah nomor seri tabung serta adalah tanggal pengujian. Adapun jenis – jenis type tabung :

11 Regulator Regulator yaitu satu alat yang simpel untuk merubah hawa bertekanan tinggi dari suatu tabung scuba jadi hawa bertekanan rendah seperti dengan keperluan penyelam serta cuma berikan hawa yang dibutuhkan seperti dengan tekanan sekelilingnya.

12 BCD Berupa seperti suatu rompi yang didalamnya ada air cell. Air cell pada suatu BCD berperan untuk mengatur buoyancy (daya apung) sang penyelam. Komponen lain dari suatu BCD salah satunya yaitu inflator/deflator serta dump valve.

13 Pisau Selam Adalah alat serbaguna, dipergunakan untuk membantu, menggali, juga untuk alat pengukur. Terbuat dari logam antikarat, bergerigi pada matanya serta yang lain bisa bermanfaat memotong tali didalam air. Di gunakan pada betis sebelah dalam untuk hindari tersangkut pada rumput dsb. Tulisan SS. 320 atau mungkin SS. 420 artinya SS. 320 memiliki kandungan carbon lebih sedikit dibanding SS. 420.

14 Sarung Tangan Peralatan ini adalah penambahan baju selam. Bermanfaat membuat perlindungan anggota badan yakni sisi dari tangan dari goresan tangan dsb. Tangan penyelam bakal jadi lembut bila terendam dalam air serta jika tergores benar-benar susah untuk menghentikan pendarahan.

15 Senter Senter dipakai untuk selam malam, untuk penanda, serta dalam penyelaman gua. Bila menyelam dikerjakan pada sore hari atau mungkin pada cuaca yang kurang bersahabat persiapkanlah senter.

16 Jam Selam Dalam penyelaman tiap-tiap penyelam mesti membawa jam atau mungkin alat pengukur saat yang lain. Hal semacam ini untuk tahu waktu-waktu dalam penyelaman. Jam sepanjang tak hanya bisa lihat saat, ada juga yang digabungkan dengan depth mtr. serta kompas. Hal semacam ini mempermudah penyelaman. Cermati batas water resistant. Untuk penyelaman yg tidak melebihi 7 mtr. bisa digunakan jam yang mempunyai water resistant 10 bar (contoh Q&Q).

17 BAG Benar-benar berperan untuk menaruh beberapa barang bernilai atau mungkin alat komunikasi yang tidak barangkali di tinggal sepanjang penyelaman. Sebelum saat memakai teliti apakah bag bocor atau mungkin tak. Cermati warna dari bag, warna yang terlampau mengkilat bakal menarik ikan-ikan yang barangkali bisa menghadirkan bahaya.


Download ppt "CITRA SATRYA ILMU KELAUTAN – FPIK UNIVERSITAS BRAWIJAYA Alat Selam Dasar dan SCUBA."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google