Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

DEVI IMA MULYANINGRUM, 7101406086 Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Mata Diklat Teori Kejuruan Administrasi Perkantoran pada Siswa Kelas.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "DEVI IMA MULYANINGRUM, 7101406086 Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Mata Diklat Teori Kejuruan Administrasi Perkantoran pada Siswa Kelas."— Transcript presentasi:

1 DEVI IMA MULYANINGRUM, Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Mata Diklat Teori Kejuruan Administrasi Perkantoran pada Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah 1 Weleri Kabupaten Kendal

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : DEVI IMA MULYANINGRUM - NIM : PRODI : Pendidikan Ekonomi (Pendidikan Administrasi Perkantoran) - JURUSAN : Pendidikan Ekonomi - FAKULTAS : Ekonomi - devi_ima pada domain ymail.com - PEMBIMBING 1 : Dra. Harnanik, M.Si - PEMBIMBING 2 : Drs. Ketut Sudharma, MM. - TGL UJIAN :

3 Judul Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Mata Diklat Teori Kejuruan Administrasi Perkantoran pada Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah 1 Weleri Kabupaten Kendal

4 Abstrak Prestasi belajar siswa mengenai mata diklat teori kejuruan administrasi perkantoran dipengaruhi faktor internal (faktor yang berasal dari dalam diri siswa sendiri) dan faktor eksternal (faktor yang berasal dari luar). Permasalahan dalam penelitian ini adalah: Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi prestasi belajar mata diklat Teori Kejuruan Administrasi Perkantoran Pada Kelas X SMK Muhammadiyah 1 Weleri Kabupaten Kendal. Tujuan dari penelitian ini adalah: Untuk mengetahui dan menganalisis faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi prestasi belajar mata diklat Teori Kejuruan Administrasi Perkantoran Pada Kelas X SMK Muhammadiyah 1 Weleri Kabupaten Kendal. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa jurusan administrasi perkantoran kelas X di SMK Muhammadiyah 1 Weleri Kabupaten Kendal berjumlah 40 siswa yang terkonsentrasi pada jurusan administrasi perkantoran. Variabel yang digunakan sebanyak 20 item. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang di gunakan adalah analisis factor dan analisis deskriptif persentase. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 10 faktor yang mempengaruhi prestasi belajar yaitu (1) Faktor kemampuan dan minat (33,44%), (2) Faktor psikologi siswa (9,26%), (3) F aktor metode pembelajaran (6,51%), (4) Faktor metode mengajar guru (5,54%), (5) Faktor lingkungan masyarakat (5,12%), (6) Faktor keluarga (4,72%), (7) Faktor kesehatan (4,43%), (8) Faktor gedung dan pendukung belajar (4,00%), (9) Faktor hubungan sosial den gan masyarakat (3,64%), (10) Faktor lingkungan belajar (3,21%). Faktor yang memberikan kontriusi paling besar yaitu faktor kemampuan dan minat sebesar 33,44% dan faktor dengan kontribusi paling kecil yaitu faktor lingkungan belajar sebesar 3,21%. Hal yang perlu dilakukan oleh pihak sekolah, guru, siswa dan orang tua yaitu perluya keluarga menciptakan suasana rumah yang tenang dan nyaman agar siswa dapat berkonsentrasi dalam belajar, serta mengawasi siswa agar dapat membagi waktu antara belajar dengan kegiat an siswa dalam masyarakat, perlunya menyusun kurikulum sekolah yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa agar siswa dapat mempelajari materi dengan mudah dan perlunya menciptakan suasana kelas yang nyaman bagi siswa agar proses belajar mengajar mudah dilaksa nakan.

5 Kata Kunci Prestasi Belajar, Mata Diklat Teori Kejuruan Administrasi Perkantoran

6 Referensi Anni, Catharina Tri.2004.Psikologi Belajar.Semarang: IKIP Semarang Press Arikunto, Suharsimi.2006.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.Jakarta: PT. Rineka Cipta Diaz, Antonia Lozano.2006.”Personal, Family, Academic Factors Affecting Low Achievmentin Secondary School”.Dalam Electronic Journal of Research in Educationalpsychology and Psychopedagogy 1. Almeira: University of the Almeira Dimyati, Mudjiono.2006.Belajar dan Pembelajaran.Jakarta: PT.Rineka Cipta Djaali.2007.Psikologi Pendidikan.Jakarta: PT.Bumi Aksara Ghozali, Imam.2006.Aplikasi Analisis Multivariat Dengan Program SPSS.Semarang:Badan Penerbit UNDIP Gie, The Liang.2000.Administrasi Perkantoran Modern.Yogyakarta: Liberty Hamalik, Oemar.2003.Proses Belajar Mengajar.Jakarta:Bumi Aksara Kirmani, Nighat Sana.2008.”Identification And Analysis of the Factors Student Aceivment in Higher Education”.Dalam Journal of Education.Lahore: University of the Punjab Midzakir, Ahmad, Joko Sutrisno Psikologi Pendidikan.Bandung: CV.Pustaka Setia Slameto.2003.Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya.Jakarta: PT. Rineka Cipta Subedi, Bidya Raj.2009.”Factors Influencing Hight School Student Achievment In Nepal”.Dalam International Education Journal Vol.4 No.2.Nepal: Florida State University Sukmadinata, Nana Syaoidih.2005.Metode Penelitian Pendidikan.Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Supranto, J.2004.Analisis Multivariat Arti dan Prestasi.Jakarta: PT. Rineka Cipta Syah, Muhibbin.2004.Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya Tu’u, Tulus.2004.Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa.Jakarta: PT. Grasindo Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

7 Terima Kasih


Download ppt "DEVI IMA MULYANINGRUM, 7101406086 Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Mata Diklat Teori Kejuruan Administrasi Perkantoran pada Siswa Kelas."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google