Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

AHMAD SHOLEH, 5201402023 Fakto-Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Siswa Kelas 2 TMO SMK Texmaco Semarang pada Mata Diklat Service Engine dan Komponen-Komponennya.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "AHMAD SHOLEH, 5201402023 Fakto-Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Siswa Kelas 2 TMO SMK Texmaco Semarang pada Mata Diklat Service Engine dan Komponen-Komponennya."— Transcript presentasi:

1 AHMAD SHOLEH, Fakto-Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Siswa Kelas 2 TMO SMK Texmaco Semarang pada Mata Diklat Service Engine dan Komponen-Komponennya Tahun Pelajaran 2008/2009

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : AHMAD SHOLEH - NIM : PRODI : Pendidikan Teknik Mesin - JURUSAN : Teknik Mesin - FAKULTAS : Teknik - ahada_aswaja pada domain yahoo.co.id - PEMBIMBING 1 : Drs. Pramono - PEMBIMBING 2 : Drs. Suratno - TGL UJIAN :

3 Judul Fakto-Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Siswa Kelas 2 TMO SMK Texmaco Semarang pada Mata Diklat Service Engine dan Komponen- Komponennya Tahun Pelajaran 2008/2009

4 Abstrak Keberhasilan suatu proses belajar mengajar tidak terlepas dari faktor-faktor yang secara tidak langsung ataupun tidak langsung berperan didalamnya. Upaya meningkatkan keberhasilan suatu proses pembelajaran melibatkan faktor intern dan ekstern siswa sebagai subjek belajar. Sinergi yang baik antara faktor intern dan ekstern akan memberikan dampak yang positif bagi peningkatan keberhasilan suatu proses pembelajaran yang dilakukan. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah faktor–faktor apa saja yang secara signifikan mempengaruhi keberhasilan siswa Kelas 2 TMO SMK Texmaco Semarang pada Mata Diklat Service Engine dan Komponen-komponennya Tahun Pelajaran 2008/2009. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas 2 TMO SMK Texmco Semarang Tahun Pelajaran 2008/2009 yang berjumlah 67 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik total sampling. Variabel dalam penelitian ini adalah faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan siswa pada mata diklat service engine dan komponen-komponennya. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan analisis multivariat berupa analisis faktor. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan siswa kelas 2 TMO SMK Texmaco pada Mata Diklat Service Engine dan Komponen-komponennya yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal terbagi dalam 5 sub faktor yaitu: 1). cara belajar dan penguasaan materi oleh siswa memberikan kontribusi sebesar %, 2) kemauan dan pemahaman siswa memberikan kontribusi sebesar %, 3). kedisiplinan dan minat memberikan kontribusi sebesar %, 4). usaha untuk menambah materi belajar memberikan kontribusi sebesar %, 5). motivasi dan kemampuan siswa memberikan kontribusi sebesar %. Sedangkan faktor eksternal terbagi dalam 5 sub faktor yaitu: 1). sarana prasana belajar memberikan kontribusi sebesar %, 2). guru dan pelaksanaan pembelajaran memberikan kontribusi sebesar %, 3). kelengkapan fasilitas dan kemampuan orang tua memberikan kontribusi sebesar %, 4). pemenuhan kebutuhan dan lingkungan sosial memberikan kontribusi sebesar %, 5). perhatian dan pantauan orang tua memberikan kontribusi sebesar %. Saran yang dapat diberikan dari hasil penelitian adalah semakin banyak pengulangan dalam tiap analisis faktor yang dilakukan dengan menggugurkan faktor yang tidak memenuhi kriteria, maka akan semakin tinggi pula nilai kontribusi masing-masing faktor dengan didapatkan faktor yang lebih sedikit. Pencapaian keberhasilan siswa akan optimal apabila didukung dengan adanya sinergi positif antara siswa (faktor intern) sebagai subyek belajar dengan komponen sekolah, orang tua, dan lingkungan sosial (faktor ekstern).

5 Kata Kunci Faktor-faktor, Keberhasilan, Mata Diklat.

6 Referensi Ahmadi, A. dan Prasetya. (2005). Strategi Belajar Mengajar. Bandung : CV Pustaka Setia. Ali Penelitian Kependidikan Prosedur dan Stategi. Bandung : Angkasa. BPP Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan. Jakarta : Debdikbud. Daeng Sudirwo Kurikulum dan Pembelajaran dalam Rangka Otonomi Daerah. Bandung : Andira. Depdiknas Pedoman Merancang Sumber Belajar. Jakarta. Misri Singaribun dan Sofian Efendi Metodologi Penelitian dan Survey. Jakarta : LP3ES. Muhibbin Syah Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung : Rosda. Nasution S Teknologi Pendidikan Teknik. Jakarta : Depdikbud Nita Lie Cooperative Learning. Jakarta : Grasindo. Oemar Hamanik Metode Belajar dan Kesulitan-kesulitan dalam belajar. Bandung : Tarsito. Passaribu IL dan Simanjuntak Proses Belajar Mengajar. Bandung : Tarsito. Pusat Bahasa Depdiknas Kamus Besar Bahasa Indonesia edisi III. Jakarta: Balai Pustaka. Sayoeti Soekamto dan Udin S.W Teori Belajar dan Mode-model Pembelajaran. Jakarta : Depdikbud. Soewalni, S. (2007). Team Teaching. Makalah Program Pelatihan Applied Approach 2007 di Lembaga Pengembangan Pendidikan UNAS. Sudjana Metode Statistika. Bandung : Tarsito. Suharsimi Arikunto Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT. Rineka Cipta. Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta. Winarto Surakhmat Pengantar Interaksi Belajar Mengajar. Bandung : Tarsito.

7 Terima Kasih


Download ppt "AHMAD SHOLEH, 5201402023 Fakto-Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Siswa Kelas 2 TMO SMK Texmaco Semarang pada Mata Diklat Service Engine dan Komponen-Komponennya."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google