Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PARAGRAF. Paragraf adalah satuan informasi yang memiliki pikiran utama. Setiap paragrf merrpakan bagian dari seluruh karangan secara utuh. Manfaat paragraf.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PARAGRAF. Paragraf adalah satuan informasi yang memiliki pikiran utama. Setiap paragrf merrpakan bagian dari seluruh karangan secara utuh. Manfaat paragraf."— Transcript presentasi:

1 PARAGRAF

2 Paragraf adalah satuan informasi yang memiliki pikiran utama. Setiap paragrf merrpakan bagian dari seluruh karangan secara utuh. Manfaat paragraf adalah untuk memudahkan pembaca memahami gagasan penulis. Kalimat dalam satu paragraf saling terkait secara utuh dan padu sehingga terbentuk satu kesatuan pikiran.

3 Sebuah paragraf terdiri dari dan. Sebuah paragraf terdiri dari isi dan bentuk. Dari segi isi, paragraf mensyaratkan adanya kesatuan pikiran, sedangkan dari segi bentuk mensyaratkan adanya kepaduan. Dari segi isi, paragraf mensyaratkan adanya kesatuan pikiran, sedangkan dari segi bentuk mensyaratkan adanya kepaduan.

4 Syarat-syarat Paragraf 1. Kesatuan pikiran Dalam satu paragraf hanya berisi satu pikiran. Dalam satu paragraf hanya berisi satu pikiran. Kalimat-kalimat pada sebuah paragraf harus merupakan satu kesatuan. Kalimat-kalimat pada sebuah paragraf harus merupakan satu kesatuan.

5 Contoh paragraf (1) yang tanpa kesatuan pikiran: Toksoplasma adalah penyakit yang diakibatkan oleh parasit toksoplasma gondii. Kucing merupakan binatang mamalia, dan dalam tinja kucing biasanya terdapat parasit tersebut. Oleh karena itu jangan memelihara kucing, karena kucing juga memakan tikus yang dapat menyebabkan penyakit pes. Penyakit tersebut juga berbahaya bagi manusia. Toksoplasma adalah penyakit yang diakibatkan oleh parasit toksoplasma gondii. Kucing merupakan binatang mamalia, dan dalam tinja kucing biasanya terdapat parasit tersebut. Oleh karena itu jangan memelihara kucing, karena kucing juga memakan tikus yang dapat menyebabkan penyakit pes. Penyakit tersebut juga berbahaya bagi manusia.

6 Bandingkan dengan paragraf berikut Toksoplasma adalah penyakit yang diakibatkan oleh parasit toksoplasma gondii. Penyakit tersebut dapat ditularkan oleh kucing dan oleh semua jenis satwa termasuk burung, ikan, kelinci, anjing, babi, kambing dan mamalia lain. Parasit ini juga dapat ditemukan pada daging setengah matang, telur setengah matang, buah-buahan, atau sayuran yang tercemar tinja hewan peliharaan yang mengandung oosit toksoplasma, salah satu bentuk toksoplasma yang dapat menimbulkan infeksi. Toksoplasma adalah penyakit yang diakibatkan oleh parasit toksoplasma gondii. Penyakit tersebut dapat ditularkan oleh kucing dan oleh semua jenis satwa termasuk burung, ikan, kelinci, anjing, babi, kambing dan mamalia lain. Parasit ini juga dapat ditemukan pada daging setengah matang, telur setengah matang, buah-buahan, atau sayuran yang tercemar tinja hewan peliharaan yang mengandung oosit toksoplasma, salah satu bentuk toksoplasma yang dapat menimbulkan infeksi.

7 2. Kepaduan Paragraf dinyatakan padu apabila dibangun dengan kalimat-kalimat yang berhubungan logis. Kepaduan paragraf dapat dibangun dengan repetisi kata kunci atau sinonim, kata ganti, kata transisi, dan kesejajaran.

8 Paragraf dengan pengulangan kata kunci Parasit toksoplasma kebanyakan berkembang biak dalam sel darah putih, jaringan parenkim, dan sel endotel dengan cara membelah diri. Setelah berkembang biak, parasit ini kemudian membentuk kista. Parasit yang berbentuk kista inilah akan berdiam diri di dalam jaringan saraf mata, otot jantung, alat pencernaan, dan lain sebagainya. Parasit tersebut mampu berkembang biak secara lengkap pada saluran pencernaan hewan sebangsa kucing,

9 Kepaduan juga dpt dibentuk dengan penggunaan kata ganti, pronominal, atau padanan. 0ppie Andaresta memilih melahirkan normal di dalam air awal Juli lalu. Pilihannya didasari oleh keinginan melahirkan serba alamiah dan jauh dari stres. Penyanyi balada ini melahirkan di Klinik Bumi Sehat di Mas Ubud, Bali. Sebelum persalinan, ia mengisi kegiatan setiap hari dengan yoga, meditasi, latihan napas, dan berjalan-jalan di pantai Kuta. Saat memasuki bukaan keenam, artis tersebut dimasukkan ke dalam kolam persalinan.

10 Kepaduan dpt dibentuk dng kesejajaran (bentuk kata yang sama) Menjelang Presiden Soeharto lengser dari jabatan, para mhs melakukan unjuk rasa besar-besaran di depan gedung DPR. Mereka berunjuk rasa menuntut diadakannya reformasi, bukan hanya reformasi ekonomi, tetapi juga reformasi politik, reformasi hukum, dan yang paling penting adalah reformasi moral.

11 Penggunaan bentuk-bentuk yang sama Sejak 1998, pelaksanaan reformasi hukum belum menunjukkan tanda-tanda yang serius. Menurut Presiden Megawati, pelaksanaan tersebut justru terhambat oleh para penegak hukum di lapangan. Sementara itu, para investor dan pengusaha berharap agar penegakan hukum tersebut dipercepat. Jika berhasil, pencapaian keadilan dan kemakmuran masyarakat segera terwujud.

12 3. Kelengkapan Sebuah paragraf terdiri dari kalimat topik dan kalimat-kalimat penjelas utk menunjang kejelasan kalimat topik. Contoh paragraf yang tidak memenuhi syarat kelengkapan. Tidak banyak wanita Indonesia yang mengetahui terutama dalam mengatur jumlah dan jarak kehamilan. Tidak banyak wanita Indonesia yang mengetahui manfaat masa subur dalam merencanakan keluarga terutama dalam mengatur jumlah dan jarak kehamilan.

13 Contoh paragraf yang lengkap Tidak banyak wanita Indonesia yang mengetahui. Padahal dengan seorang wanita dapat mengatur kapan ingin hamil atau menunda kehamilan. Hal tersebut bisa dilakukan dengan mudah jika tidak ada masalah anatomi pada wanita. Wanita yang mengalami masa subur, pada umumnya terjadi perubahan fisiologis. … Tidak banyak wanita Indonesia yang mengetahui manfaat masa subur dalam merencanakan keluarga. Padahal dengan mengetahui kapan datangnya masa subur, seorang wanita dapat mengatur kapan ingin hamil atau menunda kehamilan. Hal tersebut bisa dilakukan dengan mudah jika tidak ada masalah anatomi pada wanita. Wanita yang mengalami masa subur, pada umumnya terjadi perubahan fisiologis. …

14 Jenis Paragraf 1) Berdasarkan tujuan, paragraf dapat dibedakan menjadi paragraf pembuka, paragraf penghubung, dan paragraf penutup. Paragraf pembuka Paragraf penghubung Paragraf penutup

15 Berdasarkan letak pikiran utama 1. Paragraf Deduktif Contoh: “Akibat krisis ekonomi, harga sebagian bahan pokok bergerak naik. Beras yang setahun lalu berharga Rp1.500,00/liter kini menjadi Rp 2000,00. Gula pasir yang semula Rp 3.000,00/kg melonjak menjadi Rp 4.500,00/kg. Minyak kelapa yang dulu Rp 2.000,00/kg kini berubah menjadi Rp 4.500,00/kg. Demikian juga bahan makanan pokok yang lain. Semua naik hampir mencapai 100%”

16 2. Paragraf Induktif Contoh: “Dalam kehidupan bermasyarakat, apa yang dibutuhkan seseorang belum tentu sama dengan apa yang dibutuhkan orang lain. Di samping itu, suatu kebutuhan yang bisa dicapai oleh seseorang belum tentu bisa dicapai orang lain. Dengan demikian, dari waktu ke waktu kenyataan seperti itu akan selalu ada, sehingga kemungkinan terjadinya konflik akibat perbedaan tersebut akan selalu ada.”

17 3. Paragraf Campuran Contoh: “Semua manusia pasti akan mati. Para penguasa yang disebut kaisar, sultan, raja, atau presiden meskipun hidup dengan fasilitas yang serba melimpah, mereka mati juga. Begitu pula para ahli bela diri yang setiap hari memperkekar otot-otot tubuhnya dengan macam-macam pelatihan dan menu makanan yang lengkap, akhirnya mati. Orang-orang suci mulai dari para nabi sampai kyai yang doanya selalu atau hampir dikabulkan Tuhan, tetapi doa untuk tidak mati tidak pernah terkabul. Jadi, manusia di dunia ini tidak ada yang bisa hidup abadi”.

18 4. Paragraf Deskriptif Contoh “Letak kampus universitas itu kurang lebih seratus meter dari sebuah bukit yang di sekitar kakinya terhampar pepohonan rindang. Tepat di tengah kampus itu menjulang gedung utama dengan gaya arsitektur khas Indonesia lama. Berhadapan dengan gedung itu adalah perpustakaan yang tampak dari luar seperti tanpa penghuni karena pengunjungnya asyik dengan bacaan masing-masing. Di setiap halaman gedung kuliah terdapat juga pohon- pohon rindang tempat mahasiswa bersantai”.

19 Metode Pengembangan Paragraf

20 1. Contoh Contoh: Pemerintah Indonesia yang dipimpin Presiden Habibie dinilai kalangan investor asing maupun lokal tidak kredibel. Habibie sebagaimana ditulis dalam media asing, dikenal sebagai Mr. Big Spender alias pemboros. Contoh yang paling nyata adalah pembangunan landasan pesawat terbang di Makasar yang di prakarsainya. Bandara Hang Nadim mempunyai landasan pesawat terpanjang di Asia, tetapi tidak banyak pesawat yang mendarat di landasan tersebut. Contoh lain adalah pembangunan jalan-jalan lain di Batam yang dibangun berdasarkan standar Amerika, padahal mobil yang lewat tidak banyak.

21 2. Klimaks dan Antiklimaks Bila posisi yang tertinggi itu ditempatkan pada bagian akhir disebut klimaks. Sebaliknya, bila penulis menulis rangkaian dengan posisi yang paling menonjol dan makin lama makin tidak menonjol disebut antiklimaks.

22 3. Paragraf Definisi Contoh “Etika mengkaji tindak-tanduk manusia yang dilakukan secara sadar, sengaja, dan bebas. Sadar artinya dalam keadaan jaga, tidak sedang mengigau, pingsan, atau lupa. Sengaja berarti direncanakan, bukan secara kebetulan. Bebas maksudnya dalam keadaan boleh memilih antara dilakukan atau tidak. Semua perilaku itu kemudian dinilai baik buruknya menurut norma yang berlaku dalam masyarakat. Dengan demikian, dapat didefinisikan bahwa etika adalah ilmu yang mempelajari tindak-tanduk manusia yang dilakukan secara sadar, sengaja, dan bebas untuk dinilai baik buruknya menurut norma yang berlaku dalam suatu masyarakat”.

23 4. Klasifikasi Contoh: Dalam kegiatan menulis, seseorang dituntut memiliki beberapa kemampuan, antara lain kemampuan yang berhubungan dengan kebahasaan dan kemampuan mengembangkan tulisan. Kemampuan kebahasaan antara lain kemampuan menerapkan ejaan, tanda baca, kosa kata, dan kalimat, sedangkan yang dimaksud dengan kemampuan pengembangan ialah kemampuan menata paragraf, kemampuan mengembangkan pokok bahasan, sub pokok bahasan, dan kemampuan membagi pokok bahasan dalam urutan yang sistematik.

24 5. Paragraf Perbandingan dan Pertentangan Contoh “Kedua orang itu selain memiliki persamaan, juga memiliki perbedaan. Aminah dan Hindun sama- sama menyukai olah raga bulu tangkis. Mereka juga sama-sama menyukai piknik ke pantai atau menonton film humor. Namun, dalam memilih warna pakaian mereka berbeda. Aminah lebih menyukai warna merah, sedangkan Hindun menyukai warna biru”.

25 7. Paragraf Analogi Contoh “Kehidupan manusia ibarat roda yang sedang berputar, kadang berada di atas kadang-kadang di bawah. Suatu waktu mungkin juga roda itu meluncur cepat tanpa goncangan sebab melaju di jalan tol. Pada waktu yang lain roda itu penuh goncangan karena berjalan melalui batu-batu dan lubang-lubang yang dalam. Adakalanya roda itu harus mendaki tanjakan yang sangat tajam, namun tidak jarang juga harus meluncuri turunan yang licin”.

26 8. Paragraf Sebab-Akibat Contoh “Banjir dapat disebabkan faktor-faktor berikut: (1) sungai- sungai yang makin sempit dan dangkal, (2) hutan-hutan yang makin kerdil, dan (3) sampah yang dibuang sembarangan. Semua faktor itu selalu ada kaitannya dengan ulah manusia. Faktor pertama merupakan akibat tepian sungai dijadikan permukiman. Faktor kedua merupakan akibat keserakahan dalam meraup keuntungan sehingga hutan ditebang sewenang-wenang. Faktor ketiga sebagai akibat rendahnya kesadaran lingkungan yang mungkin pula disebabkan kurangnya pendidikan”.

27 9. Paragraf Proses/Paragraf Kronologi Contoh: Proses kejadian manusia menurut ahli antropologi adalah sebagai berikut. Sejenis makhluk yang disebut primat, muncul pertama kali dari mamalia kira-kira tujuh puluh juta tahun yang lalu. Setelah berevolusi kurang lebih selama empat puluh juta tahun makhluk primat itu bercabang-cabang di antaranya sejenis cabang yang disebut hominoid. Setelah menempuh waktu selama lima belas juta tahun, dari hominoid itu lahirlah sejenis kera yang disebut pongid. Setelah menempuh kurun waktu lima belas juta tahun lagi, dari pongid lahirlah makhluk baru yang disebut hominid (manusia).

28 Praktik Menulis Paragraf yang Baik Buatlah paragraf dari topik berikut. Cinta sejati membutuhkan pengorbanan

29

30

31 Susunlah menjadi paragraf yang baik dan bena r 1. Salah satu kebudayaan daerah tersebut adalah pakaian adat 2. Pakaian adat ini juga merupakan karya seni yang indah 3. Setiap suku bangsa di Indonesia pasti memiliki kebudayaan daerah 4. Oleh karena itu, pakaian adat Jambi merupakan salah satu bentuk kebudayaan daerah 5. Suku Jambi misalnya, pakaian adat tersebut digunakan pada waktu penyelenggaraan upacara-upacara adat

32 Pemandangan di desa indah sekali


Download ppt "PARAGRAF. Paragraf adalah satuan informasi yang memiliki pikiran utama. Setiap paragrf merrpakan bagian dari seluruh karangan secara utuh. Manfaat paragraf."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google