Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Teori Ekonomi 11 TEORI EKONOMI MIKRO EKSTERNALITAS.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Teori Ekonomi 11 TEORI EKONOMI MIKRO EKSTERNALITAS."— Transcript presentasi:

1 Teori Ekonomi 11 TEORI EKONOMI MIKRO EKSTERNALITAS

2 Manfaat (Benefit) dan/atau Biaya (Cost) yang tidak dapat diperhitungkan secara langsung dalam proses produksi barang/jasa …………. harga atas barang/jasa sulit/ tidak dapat ditentukan oleh pasar (market)

3 EKSTERNALITAS MELIPUTI (Mishan, 1990). : 1. External effects 2. Neighboorhood effects 3. Side effects 4. Spillover effects Bentuknya (+) atau (-) dan bisa terjadi secara bersamaan (simultan) KONSEKUENSI ADANYA EKSTERNALITAS : 1. Inefisiensi pasar (market in-efficient) 2. Munculnya pemanfaat luar (free rider)

4 JENIS-JENIS EKSTERNALITAS PRODUSEN KONSUMEN

5 BENTUK EKSTERNALITAS Baumol dan Oates (1975) Eksternalitas yang bisa habis (deplatable externality): yaitu suatu dampak eksternal yang mempunyai ciri barang privat. Jika barang tersebut dikonsumsi oleh seseorang individu, barang itu tidak bisa dikonsumsi oleh orang lain. Eksternalitas yang tidak habis (undeplate externality): yaitu efek eksternal yang mempunyai ciri barang publik (public goods). Konsumsi seseorang terhadap barang tersebut tidak akan mengurangi konsumsi bagi yang lainnya.

6 Teori Ekonomi 16 Efisiensi Pasar – Kegagalan Pasar Recall that: Adam Smith’s “invisible hand” of the marketplace leads self- interested buyers and sellers in a market to maximize the total benefit that society can derive from a market. But market failures can still happen.

7 Teori Ekonomi 17 Kegagalan Pasar: Eksternalitas u Ketika outcome dari suatu pasar lebih mempengaruhi pihak lain daripada pembeli dan penjual yang ada dalam pasar, side-effects yang ditimbulkan disebut eksternalitas. u Eksternalitas menyebabkan pasar menjadi tidak efisien, dan selanjutnya gagal untuk memaksimumkan total surplusnya.

8 Teori Ekonomi 18 Munculnya eksternalitas… ketika seseorang terlibat dalam suatu aktivitas yang mempengaruhi kesejahteraan, meskipun tidak secara langsung dan belum membayar maupun belum menerima kompensasi atas dampak tersebut.

9 Teori Ekonomi 19 Kegagalan Pasar: Eksternalitas u Ketika pengaruhnya terhadap lingkungan kurang baik, eksternalitas disebut sebagai eksternalitas negatif. u Ketika pengaruhnnya pada lingkungan mendatangkan manfaat, eksternalitas disebut sebagai eksternalitas positif.

10 JENIS-JENIS EKSTERNALITAS Efek atau dampak satu produsen terhadap produsen lain (effects of producers on other producers). Efek atau dampak samping kegiatan produsen terhadap konsumen (effects of producers on consumers) Efek atau dampak dari suatu konsumen terhadap konsumen lain (effects of consumers on consumers) Efek akan dampak dari suatu konsumen terhadap produsen (effects of consumers on producers)

11 JENIS (1): Produsen  Produsen Lain Aktivitas yang mengakibatkan terjadinya perubahan atau penggeseran fungsi produksi dari produsen lain Contoh: Dampak atau efek dalam bentuk biaya pemurnian atau pembersihan air yang dipakai (eater intake clean-up cost) oleh produsen hilir (downstream producers) yang terkena pencemaran air (water polution) akibat dari produsen hulu (upstream producers).

12 Aktivitas yang merubah/ menggeser fungsi utilitas/ pemanfaatannya oleh rumah tangga (konsumen). Contoh Polusi. 1.Polusi suara (noise) 2.Menurunnya daya tarik alam (amenity) karena pertambangan 3.Bahaya radiasi JENIS (2): Produsen  Konsumen

13 Aktivitas seseorang atau kelompok tertentu mempengaruhi/ mengganggu fungsi utilitas konsumen yang lain. Contoh: 1.Pembakaran sampah oleh tetangga 2.Bising suara radio atau televisi tetangga 3.Asap rokok bagi orang lain. JENIS (3): Konsumen  Konsumen lain

14 Aktivitas konsumen mengganggu fungsi produksi suatu produsen atau kelompok produsen tertentu. Contoh: Limbah rumahtangga yang dibuang ke sungai sehingga mengganggu usaha tertentu yang memanfaatkan air tersebut. Misalnya usaha perikanan (nelayan), perusahaan air bersih JENIS (4): Konsumen  Produsen

15 Teori Ekonomi 115 u Automobile exhaust u Cigarette smoking u Barking dogs (loud pets) u Loud stereos in an apartment building Contoh lain Eksternalitas Negatif

16 Teori Ekonomi 116 u Immunizations u Restored historic buildings u Research into new technologies Contoh Lain Eksternalitas Positif

17 Teori Ekonomi 117 The Market for Aluminum... Quantity of Aluminum 0 Price of Aluminum Q MARKE T Demand (private value) Supply (private cost) Equilibrium

18 Teori Ekonomi 118 The Market for Aluminum and Welfare Economics Kuantitas yang diproduksi dan dikonsumsi dalam keadaan keseimbangan pasar adalah efisien dalam arti surplus produsen dan konsumen mencapai konsdisi maksimum.

19 Teori Ekonomi 119 The Market for Aluminum and Welfare Economics Jika pabrik aluminum menghasilkan polusi (negatif eksternalitas), kemudian biaya sosial dalam memproduksi aluminum lebih besar daripada biaya produksinya.

20 Teori Ekonomi 120 The Market for Aluminum and Welfare Economics Untuk setiap unit aluminum yang diproduksi, social cost termasuk biaya yang dikeluarkan oleh produsen plus biaya yang ditanggung oleh masyarakat lingkungan yang terkena polusi.

21 Teori Ekonomi 121 Q MARKE T Pollution and the Social Optimum... Quantity of Aluminum 0 Price of Aluminum Demand (private value) Supply (private cost) Social cost Q optimum Cost of pollution Equilibrium Optimum

22 Teori Ekonomi 122 Negative Externalities in Production Perpotongan kurva permintaan dan kurva social-cost menunjukkan tingkat output optimal. u Tingkat output optimal secara sosial adalah lebih kecil dari kuantitas keseimbangan pasar.

23 Teori Ekonomi 123 Achieving the Socially Optimal Output Internalisasi eksternalitas memasukkan insentif perubahan dengan demikian melibatkan orang-orang dalam proses produksinya.

24 Teori Ekonomi 124 Achieving the Socially Optimal Output Pemerintah dapat melakukan internalisasi suatu eksternalitas dengan mengenakan keringanan pajak terhadap produsen untuk yang berhasil mengkonversikan kuantitas keseimbangan kedalam kuantitas keseimbangan secara sosial.

25 Teori Ekonomi 125 Positive Externalities in Production Ketika manfaat eksternalias dirasakan oleh lingkungan, maka eksternalitas positif terjadi. u Biaya sosial dari proses produksi lebih kecil dari biaya yang dikeluarkan oleh produsen dan konsumen.

26 Teori Ekonomi 126 Positive Externalities in Production Technology spillover adalah salah satu type eksternalitas positif yang terjadi ketika inovasi yang dilakukan oleh perusahaan tidak hanya bermanfaat bagi perusahaan, tetapi menambah khasanah pengetahuan dan bermanfaat bagi masyarakat secara umum.

27 Teori Ekonomi 127 Positive Externalities in Production... Quantity of Robots 0 Price of Robot Q OPTIMUM Demand (private value) Supply (private cost) Social cost Q MARKET Value of technology spillover Equilibrium Optimum

28 Teori Ekonomi 128 Positive Externalities in Production Perpotongan kurva permintaan dan kurva social-cost menunjukkan tingkat output optimal. u Tingkat output optimal lebih besar darikuantitas keseimbangan. u Pasar menyediakan kuantitas lebih sedikit daripada yang diinginkan oleh masyarakat. u Biaya sosial dari produksi lebih kecil dari biaya yang dikeluarkan oleh produsen dan konsumen.

29 Teori Ekonomi 129 Internalisasi Eksternalitas: Subsidi Pemerintah seringkali menggunakan subsidi sebagai metode utama untuk mencoba meng-internalisasi-kan eksternalitas positif.

30 Teori Ekonomi 130 Kebijakan Teknologi Intervensi pemerintah dalam perekonomian bertujuan untuk memperkenalkan technology-enhancing dalam industri disebut sebagai tkebijakan teknologi.

31 Teori Ekonomi 131 Kebijakan Teknologi u Patent laws merupakan suatu bentuk kebijakan teknologi yang memberikan perlindungan hak paten pada individu atau perusahaan yang menghasilkan penemuan. u Hak paten ini kemudian disebut sebagai internalisasi eksternalitas.

32 Teori Ekonomi 132 Internalisasi Eksternalitas Produksi u Pajak merupakan alat utama yang digunakan untuk internalisasi eksternalitas negatif. u Subsidi merupakan alat utama yang digunakan untuk internalisasi eksternalitas positif.

33 Teori Ekonomi 133 Consumption Externalities... Quantity of Education 0 Price of Education Q MARKET Demand (private value) Social value Q OPTIMUM (b) Positive Consumption Externality Supply (private cost) Quantity of Alcohol 0 Price of Alcohol Q MARKET Demand (private value) Supply (private cost) Social value Q OPTIMUM (a) Negative Consumption Externality

34 Teori Ekonomi 134 Eksternalitas dan Inefisiensi Pasar u Eksternalitas Negatif dalam produksi atau konsumsi mengarahkan pasar untuk memproduksi lebih banyak dari yang diinginkan. u Eksternalitas Positif dalam produksi dan konsumsi mengarahkan pasar untuk memproduksi lebih banyak dari yang diinginkan.

35 Teori Ekonomi 135 Private Solutions to Externalities Tindakan pemerintah tidak selalu dibutuhkan untuk mengatasi masalah eksternalitas.

36 Teori Ekonomi 136 Type-type dari Private Solutions untuk Eksternalitas u Moral codes and social sanctions u Charitable organizations u Integrating different types of businesses u Contracting between parties

37 Teori Ekonomi 137 The Coase Theorem Coase Theorem: jika perusahaan dapat melakukan penawaran tanpa mengeluarkan biaya untuk alokasi sumberdaya, maka pasar akan selalu dapat mengatasi masalah eksternalitas dengan sendirinya dan mengalokasikan sumberdaya secara efisien.

38 Teori Ekonomi 138 Transactions Costs Transaction costs biaya-biaya yang dikeluarkan pihak-pihak yang terlibat dalam proses transaksi.

39 Teori Ekonomi 139 Kenapa Private Solution Tidak Selalu Berhasil ….karena biaya transaksi dapat menjadi terlalu tinggi.

40 Teori Ekonomi 140 Kebijakan Publik Terhadap Eksternalitas Ketika eksternalitas secara nyata terjadi dan solusi privat tidak ada, pemerintah mungkin mencoba untuk mengatasi masalah dengan cara...  kebijakan command-and-control.  kebijakan market-based.

41 Teori Ekonomi 141 Kebijakan Command-and-Control u Seringkali berbentuk peraturan pemerintah: u Melarang perilaku tertentu. u Memerintahkan perilaku tertentu. u Misalnya: u Perintah imunisasi untuk murid SD. u Penetapan standar emisi gas buang dengan mengacu pada standar internasional (Euro 2).

42 Teori Ekonomi 142 Kebijakan Market-Based u Pemerintah menggunakan pajak dan subsidi untuk memberikan insentif terhadap perusahaan yang melakukan efisiensi secara sosial. u Pigovian taxes: pajak yang ditujukan untuk mengkoreksi dampak eksternalitas negatif.

43 Regulasi: Misalnya EPA (Environmental Protection Agency) mewajibkan semua pabrik untuk mengurangi limbahnya hingga 300 ton per tahun. Pajak Pigovian: EPA mengenakan pajak sebesar Rp untuk setiap ton limbah yang dibuang oleh setiap pabrik. Corporate Social Responsibility (Tanggungjawab Sosial Perusahaan) MENGATASI EKSTERNALITAS NEGATIF

44 Penerapan Teorema Coase Pelaku-pelaku ekonomi pribadi/swasta, dapat mengatasi sendiri masalah eksternalitas yang muncul diantara mereka melalui negosiasi sehingga efisien bagi kedua pihak Ijin polusi yang dapat diperjual belikan Asuransi PENERAPAN PRINSIP EKSTERNALITAS

45 Teori Ekonomi 145 Kebijakan Market-Based u Tradable pollution permits: pengalihan ijin polusi secara sukarela dari satu perusahaan ke perusahaan lain. u Pasar untuk ijin ini secepatnya dibangun. u Perusahaan yang dapat mengurangi polusi pada tingkat biaya lebih rendah mungkin lebih suka menjual ijin yang dimilikinya ke perusahaan yang hanya dapat mengurangi polusi pada tingkat biaya lebih tinggi.

46 Teori Ekonomi 146 The Equivalence of Pigovian Taxes and Pollution Permits... Quantity of Pollution 0 Price of Pollution P Q Demand for pollution rights Pigovian tax (a) Pigovian Tax 2....which, together with the demand curve, determines the quantity of pollution. 1. A Pigovian tax sets the price of pollution... Quantity of Pollution 0 Q Demand for pollution rights Supply of pollution permits (b) Pollution Permits Price of Pollution P 2....which, together with the demand curve, determines the price of pollution. 1. Pollution permits set the quantity of pollution...

47 Teori Ekonomi 147 Ringkasan u Ketika satu transaksi antara pembeli dan penjual mempengaruhi secara langsung pihak ketiga, dampak itu disebut sebagai eksternalitas. u Eksternalitas Negatif menyebabkan kuantitas yang optimal secara sosial dalam pasar menjadi lebih kecil daripada kuantitas keseimbangan. u Eksternalitas Positif menyebabkan kuantitas yang optimal secara sosial dalam satu pasar lebih besar daripada kuantitas keseimbangan.

48 Teori Ekonomi 148 Ringkasan u Sebagian dampak eksternalitas kadang- kadang dapat terselesaikan sendiri oleh perusahaan. u The Coase theorem menyatakan bahwa jika orang-orang dapat menawar tanpa keluar biaya, maka mereka dapat selalu mencapai kesepakatan dimana sumberdaya dialokasikan secara efisien.

49 Teori Ekonomi 149 Ringkasan u Ketika perusahaan tidak dapat mengatasi eksternalitas, maka pemerintah akan mengambil tindakan. u Pemerintah dapat mengatur perilaku atau melakukan internalisasi eksternalitas dengan menggunakan Pigovian taxes.


Download ppt "Teori Ekonomi 11 TEORI EKONOMI MIKRO EKSTERNALITAS."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google