Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pembelajaran Berbasis TIK. Integrated Learning Systems (ILS): Definition and Characteristics ILS adalah sistem yang menyediakan instruksi dan sumber daya.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pembelajaran Berbasis TIK. Integrated Learning Systems (ILS): Definition and Characteristics ILS adalah sistem yang menyediakan instruksi dan sumber daya."— Transcript presentasi:

1 Pembelajaran Berbasis TIK

2 Integrated Learning Systems (ILS): Definition and Characteristics ILS adalah sistem yang menyediakan instruksi dan sumber daya lain yang keduanya berbasis komputer, dilengkapi dengan penyajian laporan kemajuan siswa dan semuanya itu terkoneksi dalam jaringan. ILS diperkenalkan pada tahun 1970-an dan beroperasi hanya dalam lingkup jaringan satu sekolah. ILS pada masa sekarang mampu menyediakan kurikulum online. ILS ibaratnya “one-stop shopping” dalam menyediakan software yang artinya ILS dapat menyajikan beragam software functions.

3 Bailey dan Lumney (1991) menyebutkan karakteristik ILS sebagai berikut: 1. Tujuan instruksional yang dibuat lebih spesifik dengan materi pelajaran yang melekat pada tujuan tersebut. 2. Semua materi pelajaran yang terintegrasi dalam kurikulum standar. 3. Software yang menjangkau semua level kelas secara menyeluruh. 4. Suatu sistem manajemen yang mengumpulkan dan mencatat hasil kinerja siswa.

4 Guru awalnya memberikan tugas-tugas yang kemudian dikerjakan menggunakan ILS. Guru memonitor kemajuan siswa melalui laporan dari ILS, dan menyajikan instruksi lanjutan pada saat dibutuhkan. Ketika setiap siswa login pada komputer yang terhubung dengan server atau Internet, server file akan mengirimkan atau mendownload tugas-tugas siswa dan software ke pusat (station) dan kemudian menyimpan catatan mengenai apa yang dikerjakan mahasiswa selama bekerja dengan sistem.

5 ILS Components Komponen Software ILS  Aktifitas instruksional yang tersedia pada suatu ILS beragam mulai dari drill-and-practice yang sederhana hingga tutorial yang ekstensif.  Banyak ILS berkembang menjadi sistem tutorial yang lengkap dan bahkan sengaja dibuat menggantikan posisi guru dalam urusan penyampaian seluruh materi.

6 Komponen Sistem Manajemen ILS  Kemampuan ILS yaitu menekankan pada instruksi yang terkait erat dengan catatan kemajuan siswa sebagai seorang individu seperti: - Materi pelajaran dan tes yang sudah diselesaikan. - Pertanyaan yang terlewatkan pada masing-masing materi ditinjau dari nomor soal maupun persentase (%) - Jumlah jawaban yang benar dan berapa kali percobaan jawaban yang salah. - Waktu lamanya mengerjakan untuk setiap materi dan setiap tes. - Data pre-test dan post-test

7 Criteria for Selecting ILS Cakupan kurikulum yang baik. Strategi pedagogis yang baik. Adanya format laporan kemajuan siswa yang beragam. Adanya laporan kemajuan siswa yang mudah dibaca dan dipahami. Satu cara untuk memastikan penggunaan ILS yang cocok yaitu dengan menjalani proses mengkaji yang cermat dan terencana dan dengan melibatkan para guru dan pejabat sekolah.

8 Benefits of ILS Memiliki keuntungan dari semua software functions, (drill-and-practice, tutorial, simulation, instructional games, dan problem-solving) tergantung pada aktifitas/functions mana yang digunakan. Mudah dalam hal mengakses secara online. Memiliki keseluruhan kurikulum pada satu sumber. Instruksi yang bersifat personal cocok dengan kebutuhan siswa sebagai individu. Ringkasan data kemajuan siswa dapat membantu guru atau bahkan dinas pendidikan setempat meningkatkan tanggung-jawabnya atas pendidikan anak.

9 Limitations and Problems Related to ILS Biaya ILS yang cenderung mahal dan seharusnya sebanding dengan dampak positif yang ditimbulkannya. Software yang bersifat personal/individual memiliki dampak yang kurang dibandingkan dengan software pilihan guru yang fungsinya melengkapi instruksi- instruksi guru itu sendiri. Kurangnya keterlibatan guru dalam penggunaan ILS dapat menyebabkan koordinasi yang tidak tepat antara aktifitas dalam kelas dan aktifitas yang berbasis komputer.

10


Download ppt "Pembelajaran Berbasis TIK. Integrated Learning Systems (ILS): Definition and Characteristics ILS adalah sistem yang menyediakan instruksi dan sumber daya."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google