Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

OLEH BUDI UTAMI,S.Pd.M.Pd. Strategi belajar mengajar atau strategi instruksional berhubungan dengan masalah pemilihan kegiatan belajar mengajar yang paling.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "OLEH BUDI UTAMI,S.Pd.M.Pd. Strategi belajar mengajar atau strategi instruksional berhubungan dengan masalah pemilihan kegiatan belajar mengajar yang paling."— Transcript presentasi:

1 OLEH BUDI UTAMI,S.Pd.M.Pd

2 Strategi belajar mengajar atau strategi instruksional berhubungan dengan masalah pemilihan kegiatan belajar mengajar yang paling efektif dan efisien dalam memberikan pengalaman belajar siswa untuk mencapai tujuan pengajaran yang telah ditetapkan.

3 Strategi belajar mengajar adalah kegiatan guru bersama-sama dengan siswa dalam proses belajar mengajar dan guru memberikan kemudahan atau fasilitas kepada siswa agar dapat mencapai tujuan pengajaran yang telah ditetapkan.

4 Dalam mengatur strategi belajar mengajar guru dapat memilih berbagai metode atau teknik yang sesuai dengan tujuan yang akan dicapai dan biasanya ditunjang dengan media. Dalam interaksi belajar mengajar guru harus dapat menciptakan situasi agar anak dapat belajar. Sebab sebenarnya proses belajar mengajar belum dapat dikatakan berakhir kalau anak belum mengalami perubahan tingkah laku. Perubahan tingkah laku tersebut merupakan hasil belajar meliputi aspek kognitif, psikomotor dan afektif.

5 Strategi pembelajaran mencakup jawaban atas pertanyaan : a. siapa melakukan apa dan menggunakan alat apa dalam proses belajar mengajar. Kegiatan ini menyangkut peranan sumber belajar serta penggunaan bahan dan alat bantu mengajar/media. b. bagaimana melaksanakan tugas belajar yang telah diidentifikasikan (hasil analisis) sehingga tugas tersebut dapat memberikan hasil belajar yang optimal. Kegiatan ini menyangkut metode dan teknik. c. kapan dan dimana kegiatan belajar mengajar dilaksanakan serta berapa lama kegiatan tersebut dilaksanakan. Kegiatan ini menyangkut uraian tentang jadwal kegiatan, tempat pelaksanaan kegiatan belajar mengajar, format dan lama waktu pertemuan.

6 Strategi pembelajaran mencakup delapan unsur perencanaan tentang : a. Komponen-komponen sistem yaitu guru/dosen, siswa/mahasiswa baik dalam ikatan kelas/kelompok maupun perorangan yang akan terlibat dalam kegiatan belajar mengajar. b. Jadwal pelaksanaan, format dan lama kegiatan telah disiapkan. c. Tugas-tugas belajar yang akan dipelajari dan yang telah diidentifikasikan. d. Materi/bahan belajar, alat pelajaran dan alat bantu mengajar yang disiapkan dan diatur. e. Masukan dan karakteristik siswa yang telah diidentifikasikan. f. Bahan pengait yang telah direncanakan. g. Metode dan teknik pengajaran yang dipilih, misalnya metode ceramah, diskusi, kerja kelompok, main peran, karyawisata dan lain- lain. h. Media yang akan digunakan misalnya OHP, komputer dan LCD, kaset video, VCD, slide dan film.

7 PENDEKATAN PEMBELAJARAN Suatu tinjauan awal terhadap kondisi dan situasi pembelajaran Suatu usaha mengenali karakteristik mata pelajaran, materi, siswa dan lingkungan Suatu upaya mengorganisasi segala komponen dan aspek belajar-mengajar Suatu sudut pandang terhadap proses pembelajaran (student centered learning- teacher centered learning)

8 METODE PEMBELAJARAN Cara yang digunakan guru dalam pembelajaran sehingga siswa mudah belajar Cara mengajar

9 MODEL PEMBELAJARAN Suatu kerangka konseptual, prosedural, sistematis yang berfungsi sebagai pedoman pembelajaran yang dapat dilaksanakan dalam PBM Suatu kerangka konseptual, prosedural, sistematis yang berfungsi sebagai pedoman pembelajaran yang dapat dilaksanakan dalam PBM

10 4 KONSEP YANG SALING TERKAIT DALAM MODEL PEMBELAJARAN BELAJAR PEMBELAJARAN MENGAJAR KURIKULUM

11 Belajar adalah refleksi sistem kepribadian siswa yang menunjukkan perilaku dan kemampuan yang terkait dengan tugas kegiatan yang dipelajari di lingkungannya Mengajar adalah refleksi sistem kepribadian guru yang bertindak secara profesional dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya Pembelajaran adalah suatu sistem sosial yang mampu mengubah dan menjadikan perubahan ke situasi belajar dengan mudah, senang dan bermakna Kurikulum adalah suatu sistem sosial yang terencana dan terprogram untuk mendesain/merancang pembelajaran secara bertahap dan berkesinambungan

12 Peranan utama guru dalam proses belajar mengajar di sekolah : Guru sebagai pendidik Guru sebagai pengajar Guru sebagai pembimbing Guru sebagai administrator


Download ppt "OLEH BUDI UTAMI,S.Pd.M.Pd. Strategi belajar mengajar atau strategi instruksional berhubungan dengan masalah pemilihan kegiatan belajar mengajar yang paling."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google