Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

TEORI KEPEMIMPIN Sumber: Ara Hidayat, M.Pd & Imam Machali, M.Pd Pengelolaan Pendidikan, (Bandung: Pustaka Educa, 2010), hal. 86-88 Rangkuman Kartini Kartono.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "TEORI KEPEMIMPIN Sumber: Ara Hidayat, M.Pd & Imam Machali, M.Pd Pengelolaan Pendidikan, (Bandung: Pustaka Educa, 2010), hal. 86-88 Rangkuman Kartini Kartono."— Transcript presentasi:

1 TEORI KEPEMIMPIN Sumber: Ara Hidayat, M.Pd & Imam Machali, M.Pd Pengelolaan Pendidikan, (Bandung: Pustaka Educa, 2010), hal Rangkuman Kartini Kartono dari GR Terry

2 T EORI O TOKRATIS DAN P EMIMPIN O TOKRATIS Kepemimpinan dalam teori ini didadarkan pada perintah2, paksaan dan tindakan2 yang arbitrer (sbg wasit) Ciri2: 1. Pengawasan ketat 2. Berorientasi pada struktur organisasi dan tugas2 3. Pemain orkes tunggal 4. Berambisi merajai situasi (otokrat keras) & kaku 5. Tidak mendelegasikan otoritasnya 6. Prinsip: business is business, waktu adalah uang, untuk bisa makan orang hrs kerja.

3 T EORI P SIKOLOGIS Fungsi pemimpin adalah memunculkan dan mengembangkan sistem motivasi terbaik untuk merangsang kesediaan bekerja para pengikut dan anak buah. Pemimpin ini mementingkan aspek2 psikis seperti pengakuan, martabat, status sosial dll

4 TEORI SOSIOLOGIS Kepemimpinan dianggap sebagai usaha2 melancarkan antar relasi dalam organisasi dan sebagai usaha untuk menyelesaikan konflik organisatoris antara pengikutnya. Agar tercapai kerjasama yang baik, pemimpin menetapkan tujuan2 dengan menyertakan para pengikut dalam pengambilan keputusan terakhir.

5 TEORI SUPORTIF Para pengikut harus berusaha sekuat mungkin dan bekerja penuh gairah, sedangkan pemimpin akan membimbing dengan sebaik-baiknya melalui policy tertentu. Maka, pemimpin menciptakan lingkungan kerja yang menyenangkan. Teori ini dikenal dengan teori partisipatif atau kepemimpinan demokratis

6 TEORI LAISEZ FAIRE Kepemimpinan ditampilkan seorang tokoh”ketua dewan” yang sebenarnya tidak mampu mengurus dan dia menyerahkan tanggungjawab serta pekerjaan kepada bawahan/semua anggota. Pemimpin adalah seorang “ketua” yang bertindak sebagai simbol. Pemimpin semacam ini tidak memiliki keterampilan teknis.

7 TEORI SITUASI Munculnya pemimpin bersamaan masa pergolakan, kritis seperti revolusi, pemberontakan, dll. Pada saat itu muncul pemimpin yang mampu mengatasi persoalan2 yg nyaris tdk dpt diselesaikan oleh org2 biasa. Pemimpin semacam ini sbg penyelamat dan cocok untuk situasi ttt. Sprt: Satrio Piningit, Imam Mahdi

8 TEORI HUMANISTIK/POPULISTIK Fungsi kepemimpinan adalah merealisir kebebasan manusia dna memenuhi kebutuhan insani yang dicapai melalui interaksi pemimpin dengan rakyat. Maka, perlu organisasi baik, pemimpin baik, yg mau memperhatikan kepentingan dan kebutuhan rakyat.

9 G REAT M AN T HEORY Teori ini dilandasi oleh keyakinan bahwa pemimpin merupakan orang yang memiliki sifat-sifat luar biasa, dia dilahirkan dengan kualitas istimewa yang dibawa sejak lahir, dia ditakdirkan untuk menjadi pemimpin. Dia memiliki kualtias luar biasa yang tidak dimiliki orang lain. Seperti: Nabi Muhammad, Gandhi, Mandela, Sukarno, dll

10 TEORI SIFAT (TRAIT THEORY) Teori ini menempatkan sejumlah sifat atau kualitas yang dikaitkan dengan keberadaan pemimpin, yang memungkinkan pekerjaan atau tugas kepemimpinannya akan sukses dan efektif. Seperti memiliki sifat keberanian, kemauan kuat, percaya diri, empati, dll

11 P ENDEKATAN K EKUATAN DAN P ENGARUH (P OWER AND INFLUENCE A PPROACH ) Teori ini menekankan adanya power untuk mempengaruhi orang lain. Sebagamana definisi kepemimpinan Leadership is ability to influence individual and groups to work toward attaining organizational objectives. Power is the ability to influence the behavior of others.

12 P ENDEKATAN K EKUATAN DAN P ENGARUH (P OWER AND INFLUENCE A PPROACH ) Power ada dua (Bass dan Etzioni) yaitu: Position Power dan Personal Power. Position Power: Power yang dimiliki pemimpin karena memiliki posisi sbg pemimpin yang sah (legitimate). Personal Power: kelebihan2 sifat pribadi, : kejujuran, sifat terpuji.

13 T EORI P ERILAKU (B EHAVIORIST T HEORY ) Teori ini menekankan pada bagaimana aktual pemimpin berperilaku dalam mempengaruhi orang lain. Pendekatan ini menghasilkan dua kontras perilaku kepemimpinan yaitu, pendekatan human relationship dan task oriented. Human Relationship lebih efektif.

14 KEPEMIMPINAN SITUASIONAL ( SITUATIONAL LEADERSHIP) Teori ini muncul sbg reaksi teori perilaku yang menempatkan 2 kategori; perilaku autokratis dan demokratis. Teori situasi menyatakan bahwa keefektifan kepemimpinan tidak ditentukan oleh bagaimana pemimpin berperilaku, tetapi tergantung pd ketepatan pemimpin dlm perilaku/gaya tertentu dlm situasi ttt.

15 KEPEMIMPINAN SITUASIONAL ( SITUATIONAL LEADERSHIP) Slogan: On the right place, the right time, and fulfill the needs, and expectation of the follower. Gaya X (autokratis) efektif untuk militer (apalagi situasi darurat), gaya Y (demokratis) efektif untuk organisasi keagamaan/sosial.

16 T EORI K ONTINGENSI ( CONTINGENCY T HEORY ) Teori ini pengembangan dari teori Situasional. Dikembangkan Fiedler Teori Kontingensi: Keefektifan kepemimpinan ditentukan paling tidak 3 variabel: 1. Gaya Pemimpin 2. Keadaan Pengikut. 3. Situasi dimana kepemimpinan diterapkan.

17 T EORI K HARISMATIK (C HARISMATIC T HEORY ) Kepemimpinan Kharismatik a/. Para pengikut punya keyakinan bahwa pemimpin mereka memiliki kemampuan luar biasa dan tidak dimiliki orang lain/Anugrah Tuhan. Dia lebih tahu mengenai apa yang akan terjadi kemudian hari. ( orang yang wicaksana, ngerti sakdurunge winarah )

18 T EORI K HARISMATIK (C HARISMATIC T HEORY ) Robert House, indikator Pemimpin Kharismatik: 1. Percaya Diri yang tinggi (extreme high confidence) 2. Dominan dlm segala hal. (sifat2 pribadi unggul, terpuji, dpt dipercaya) 3. Punya pengaruh yg kuat (strong convictions) shg pengikutnya terbuai.

19 K EPEMIMPINAN T RANSAKSIONAL (C ONTINGENCY L EADERSHIP ) Kepemimpinan Transaksional menggunakan pendekatan transaksi untuk disepakati bersama antar pemimpin dan karyawan. Pemimpin menawarkan bbrp bentuk pemuasan kebutuhan karyawan (kenaikan gaji, promosi, dll) tapi karyawan jg hrs kerja keras untuk meningkatkan produktivitas.

20 K EPEMIMPINAN T RANSFORMASIONAL (T RANSFORMASIONAL L EADERSHIP ) Untuk menjadi pemimpin sukses, dia harus membangkitkan komitmen pengikutnya dan kesadaran membangun nilai2 organisasi. 2 tugas Pemimpin Transformasional: 1. Membangun kesadaran pengikutnya akan pentingnya bekerja keras untuk meningkatkan produktivita

21 K EPEMIMPINAN T RANSFORMASIONAL (T RANSFORMASIONAL L EADERSHIP ) 2. Mengembangkan komitmen berorganisasi dgn mengembangan kesadaran ikut memiliki organisasi (sense of belonging), kesadaran bertanggung jawab menjaga keutuhan dan kehidupan organisasi serta berusaha memelihara dan memajukan organisasi (sense of responsibility)


Download ppt "TEORI KEPEMIMPIN Sumber: Ara Hidayat, M.Pd & Imam Machali, M.Pd Pengelolaan Pendidikan, (Bandung: Pustaka Educa, 2010), hal. 86-88 Rangkuman Kartini Kartono."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google