Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

POROS MARITIM INDONESIA HARAPAN DAN TANTANGAN tema Dr. Ir. Marcus Tukan, BSE., MT dirgahayu FATEK 45 Dies Natalis.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "POROS MARITIM INDONESIA HARAPAN DAN TANTANGAN tema Dr. Ir. Marcus Tukan, BSE., MT dirgahayu FATEK 45 Dies Natalis."— Transcript presentasi:

1

2 POROS MARITIM INDONESIA HARAPAN DAN TANTANGAN tema Dr. Ir. Marcus Tukan, BSE., MT dirgahayu FATEK 45 Dies Natalis

3 Pengertian Maritim Maritim Pelayaran Perdagangan Pertanyaannya apa itu poros maritim ? Poros Maritim adalah keunggulan Geo Strategis berbasis kekayaan bahari. Jalesveva Jayamahe = di laut kita jaya !

4 Pola Sea Trade – World GDP Sumber : Maritime Economics, Stopford, 2009.

5 PEMAHAMAN POROS MARITIM INDONESIA PERTAMA, Poros Maritime sebagai visi atau cita-cita mengenai Indonesia yang ingin dibangun dalam konteks ini, gagasan poros maritime merupakan sebuah seruan besar untuk kembali kejati diri Indonesia atau identitas nasional sebagai sebuah Negara Kepulauan, yang diwujudkan dalam bentuk Indonesia sebagai kekuatan maritime yang bersatu (unity), kemakmuran (prosperity), dan bermartabat (dignity) KEDUA, Poros Maritime juga dapat dipahami sebagai sebuah doktrin, yang memberi arahan mengenai tujuan bersama (a sense of common purpose). Sebagai doktrin, mengajak bangsa Indonesia melihat dirinya sebagai ”Poros Maritim Dunia, Kekuatan di antara dua samudra. Doktrin Ini menekankan realitas geografis, geostrategic dan geoekonomi Indonesia yang masa depannya tergantung, Dan pada saat bersamaan ikut mempengaruhi, dinamika di Samudra Hindia - Samudra Pasifik. KETIGA, Gagasan Poros Maritime tidak berhenti pada level abstraksi dan konseptualisasi. Tetapi gagasan itu menjadi operasional ketika akan memuat sejumlah agenda konkret yang ingin diwujudkan dalam pemerintahan Jokowi-JK ke depan. Misalnya, Rencana pembangunan” TOL LAUT ” untuk menjamin konektivitas antarpulau, Pengembangan industry perkapalan dan perikanan, Pembangunan Pelabuhan, Perbaikan transportasi laut, Serta focus pada keamanan maritime, mencerminkan keseriusan dalam mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim

6 Terminology “ Maritime ” Hanya yang berkaitan dengan permukaan laut utamanya transportasi ( kapal, jaringan, pelabuhan, lingkungan ), Sedangkan “Kelautan (Lebih luas)” Lebih focus kepada substansi sumber daya laut seperti ikan, biota lain, terumbu karang dan sebagainya, dan“ kepulauan” adalah gugusan beberapa buah pulau; kumpulan pulau.

7 OECD - Organisation for Economic Co-operation and Development

8

9 Sumber : pada tanggal 11 Juli 2014

10

11 Sumber : Asosiasi Logistik Indonesia dan berbagai Sumber yang diolah kembali

12 Rasio Anggaran Pembangunan Infrastruktur Maritim

13 SDM SEKTOR MARITIM SDM yang bekerja di sektor maritim dapat dikelompokkan dalam tujuh kategori, yaitu (1) sebagai pelaut kapal niaga domestik maupun asing (2) sebagai penangkap ikan di kapal domestik maupun asing (3) sebagai pelaut pada pelayaran rakyat (4) nelayan; (5) tenaga kerja pada eksplorasi laut lepas pantai; (6) karyawan yang bekerja di ekoturisme (7) karyawan di bidang kepelabuhanan. Ditaksir total pendapatan yang diperoleh dari seluruh kegiatan ini mencapai Rp 12,7 triliun.

14 PRODUK HUKUM YANG TERKAIT DENGAN POROS MARITIM Badan Keamanan Laut (Bakamla) sebagai pengganti Badan Koordinasi Keamanan Laut (Bakorkamla)berdasarkan Peraturan Presiden No. 178 Tahun Peraturan Presiden Nomor 2 Tahun 2015 tentang RPJMN , tertanggal 8 Januari 2015 PROGRAM STRATEGIS PRESIDEN JOKOWI. 13 Industri Luar Jawa  Maluku tidak tersentu Pelabuhan pendukung utama 'Tol Laut' antara lain Pelabuhan Kuala Tanjung, Pelabuhan New Tajung Priok, Pelabuhan Teluk Lamong Jatim, Pelabuhan New Makassar, dan Pelabuhan Sorong  Maluku tidak tersentu 24 pelabuhan sebagai pilar proyek infrastruktur Tol Laut  Maluku – Ambon. Tol Laut dapat menghabiskan Rp700 triliun, termasuk belanja pengadaan kapal Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kepres No8 Tahun 2010 erah SBY  Maluku tidak tersentu

15 TOL LAUT DALAM MENDUKUNG POROS MARITIM DUNIA

16 . Kinerja Pelabuhan Kawasan Timur Indonesia Tahun 2009 Sumber : Disertasi Doktor, Marcus Tukan, 2013 Kunjungan Kapal (Call) Produktivitas B/M dan BOR Volume B/M Barang

17 PEMODELAN JARINGAN TOL LAUT Type & Kwantitas Produck Historis Market Rekayasa Market Mapping Cargo TOL LAUT

18 Pemodelan Infrastruktur Transportasi Berbasis Model Ekonomi Kepulauan

19 Mapping CARGO & sebaran penduduk Penduduk 72,95% Penduduk 27,05 % Perikanan LQ < 1 Perikanan LQ > 1

20 PENUTUP Poros maritim dunia sebagai visi, cita-cita, doktrin bangsa Indonesia untuk menjadi bangsa yang maju dan sejahtera harus ditindaklanjuti dalam sebuah platform dan program yang kongkrit efisien-berkelanjutan dengan mengutamakan peningkatkan SDM. Pusat bisnis dalam konsep Poros Maritim didorong agar menyebar sehingga seluruh zona menjadi pusat produksi dan pasar-pasar baru yang bukan hanya beragam tapi juga memiliki kekuatan komoditas yang berimbang sesuai keunggulan komparatif wilayah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang berkeadilan.

21 Sekian & Terima kasih


Download ppt "POROS MARITIM INDONESIA HARAPAN DAN TANTANGAN tema Dr. Ir. Marcus Tukan, BSE., MT dirgahayu FATEK 45 Dies Natalis."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google