Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

APLIKASI TES IQ DENGAN MENGGUNAKAN JAVA 2 MICRO EDITION PADA PERANGKAT MOBILE 1. PENDAHULUAN.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "APLIKASI TES IQ DENGAN MENGGUNAKAN JAVA 2 MICRO EDITION PADA PERANGKAT MOBILE 1. PENDAHULUAN."— Transcript presentasi:

1 APLIKASI TES IQ DENGAN MENGGUNAKAN JAVA 2 MICRO EDITION PADA PERANGKAT MOBILE 1. PENDAHULUAN

2 1.1 LATAR BELAKANG MASALAH Teknologi perangkat bergerak (mobile) berkembang sangat pesat. Pengguna telepon genggam ingin menambahkan aplikasi hiburan dan permainan pada perangkatnya. Aplikasi tes IQ mobile yang dibuat dengan Java 2 Micro Edition, memudahkan pengguna untuk mengetahui seberapa besar tingkat kecerdasan mereka kapan saja dan dimana saja.

3 1.2 RUANG LINGKUP Aplikasi tes IQ mobile yang dibuat dengan Java 2 Micro Edition, berjalan baik pada telepon genggam yang memiliki : -layar yang beresolusi 240 x 320 pixels; -J2ME profile MIDP-1.0 dan MIDP-2.0; dan -J2ME configuration CLDC-1.1.

4 1.3 TUJUAN PENULISAN Pembuatan aplikasi tes IQ mobile ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kecerdasan dengan : -cepat; -akurat; -tanpa ikut program tes IQ di dalam ruangan; -setiap saat (kapan saja dan dimana saja); -freeware alias gratis; dan -tidak terhubung internet (offline).

5 1.4 METODE PENELITIAN Perangkat keras yang dibutuhkan : satu unit komputer yang berspesifikasi -minimum OS Windows XP SP3; -processor 800 MHz Intel Pentium III; -RAM 512 MB; dan -memori penyimpanan bebas 750 MB. Perangkat lunak yang dibutuhkan : -Java Development Kit (JDK) minimum versi 6; -NetBeans minimum versi 6; dan -CorelDRAW Graphic Suite.

6 1.5 SISTEMATIKA PENULISAN Bab 1 : Pendahuluan (latar belakang masalah, ruang lingkup, tujuan penulisan, metode penelitian, dan sistematika penulisan). Bab 2 : Tinjauan Pustaka (teori dasar pendukung). Bab 3 : Rancangan dan Implementasi (cara pembuatan aplikasi). Bab 4 : Penutup (kesimpulan dan saran).

7 APLIKASI TES IQ DENGAN MENGGUNAKAN JAVA 2 MICRO EDITION PADA PERANGKAT MOBILE 2. TINJAUAN PUSTAKA

8 2.1 PENGENALAN JAVA Bersemboyan “ Write Once, Run Anywhere ” Mempunyai tiga buah platform : - J2SE (Java 2 Standard Edition)  [stand-alone] - J2EE (Java 2 Enterprise Edition)  [jaringan] - J2ME (Java 2 Micro Edition)  [perangkat mobile]

9 2.1.1 J2ME (JAVA 2 MICRO EDITION) J2ME Configuration : CLDC (Connected Limited Devices Configuration) CDC (Connected Devices Configuration) Profile : MIDP (Mobile Information Device Profile) Wallet Garden Application  interaksi sumber data tanpa jaringan Network Aware Application  interaksi sumber data melalui jaringan

10 2.1.1 J2ME (JAVA 2 MICRO EDITION) J2ME - MIDlet Siklus MIDlet

11 2.1.1 J2ME (JAVA 2 MICRO EDITION) J2ME - MIDlet User Interface pada MIDlet

12 2.1.1 J2ME (JAVA 2 MICRO EDITION) J2ME - Display (fungsi-fungsi untuk manajemen layar) -Screen (interaksi antara pengguna dengan perangkat mobile) -TextBox (media penerima masukan teks dari keypad pengguna) -List (media penerima masukan pilihan pada layar) -Alert (informasi kecil pada layar sebelum berpindah screen) -Form (tampilan komponen/item dalam satu layar) -Image (peletakkan objek gambar pada layar) -NetBeans (salah satu editor bahasa pemrograman Java) Visual MIDlet ( salah satu fitur pada NetBeans )

13 2.2 PENGENALAN FLOWCHART Flowchart adalah penggambaran secara grafik dari langkah-langkah dan urutan-urutan prosedur pada suatu program. Contoh : Mulai Input Nama Laki- laki ? X

14 2.2 PENGENALAN FLOWCHART Simbol-simbol standar pada flowchart : Manual InputPenghubung ProsesAnak Panah KeputusanTampilan Terminal Points Konektor antar halaman Input/Output

15 2.3 STRUKTUR NAVIGASI Struktur Navigasi berfungsi untuk menggambarkan dengan jelas hubungan dan rantai kerja seluruh elemen yang akan digunakan dalam aplikasi. Jenis struktur navigasi : Linear (rangkaian terurut, tidak boleh bercabang ) Hirarki (struktur bercabang, terdapat master & slave page) Non Linear (rangkaian terurut, boleh bercabang ) Campuran (gabungan dari struktur navigasi diatas)

16 APLIKASI TES IQ DENGAN MENGGUNAKAN JAVA 2 MICRO EDITION PADA PERANGKAT MOBILE 3. PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI

17 3.1 RANCANGAN STRUKTUR NAVIGASI Struktur Navigasi berjenis Campuran

18 3.2 DIAGRAM ALUR (Flowchart) Flowchart Halaman Pembuka (SplashScreen) Flowchart Halaman Mulai Tes Flowchart Halaman Menu Flowchart Halaman Pembuka, Menu dan Mulai Tes

19 3.2 DIAGRAM ALUR (Flowchart) Flowchart Halaman Petunjuk Flowchart Halaman Tentang Flowchart Halaman Alert Keluar Flowchart Halaman Petunjuk, Tentang dan Alert Keluar

20 3.3 RANCANGAN ANTARMUKA Disain Halaman Pembuka Disain Halaman Menu Disain Halaman Input Nama Disain Alert Petunjuk Tes Disain Tes Disain Halaman Pembuka, Menu, Input Nama, Alert Petunjuk Tes dan Tes

21 3.3 RANCANGAN ANTARMUKA Disain Alert Hasil Nilai IQ Disain Halaman Petunjuk Disain Halaman Tentang Disain Alert Keluar Disain Halaman Alert Hasil Nilai IQ, Petunjuk, Tentang dan Alert Keluar

22 3.4 IMPLEMENTASI Membuat project baru Pemberian nama pada project baru Langkah-langkah pembuatan aplikasi tes IQ pada NetBeans : # 1

23 3.4 IMPLEMENTASI Pemilihan platform pada project baru Pembuatan Visual MIDlet Langkah-langkah pembuatan aplikasi tes IQ pada NetBeans : # 2

24 3.4 IMPLEMENTASI Pemberian nama pada Visual MIDlet Pembuatan SplashScreen, List Menu dan Form pada Visual MIDlet Langkah-langkah pembuatan aplikasi tes IQ pada NetBeans : # 3

25 3.4 IMPLEMENTASI Tampilan SplashScreen, List Menu dan Form pada Visual MIDlet Tampilan program pada Visual MIDlet Langkah-langkah pembuatan aplikasi tes IQ pada NetBeans : # 4

26 3.5 UJI COBA PROGRAM Tampilan Run project pada NetBeans Tampilan Run project pada Ktoolbar Tampilan Run project pada emulator NetBeans dan KToolbar

27 3.5 UJI COBA PROGRAM Emulator NetBeans Emulator KToolbar Sony Ericsson W810i PDA HTC Dual Touch PDA O2 Atom IMO W8000 Uji Coba Halaman Pembuka (SplashScreen)

28 3.5 UJI COBA PROGRAM Emulator NetBeans Emulator KToolbar Sony Ericsson W810i PDA HTC Dual Touch PDA O2 Atom IMO W8000 Uji Coba Halaman Menu

29 3.5 UJI COBA PROGRAM Emulator NetBeans Emulator KToolbar Sony Ericsson W810i PDA HTC Dual Touch PDA O2 Atom IMO W8000 Uji Coba Halaman Input Nama

30 3.5 UJI COBA PROGRAM Emulator NetBeans Emulator KToolbar Sony Ericsson W810i PDA HTC Dual Touch PDA O2 Atom IMO W8000 Uji Coba Halaman Alert Petunjuk Tes

31 3.5 UJI COBA PROGRAM Emulator NetBeans Emulator KToolbar Sony Ericsson W810i PDA HTC Dual Touch PDA O2 Atom IMO W8000 Uji Coba Halaman Tes

32 3.5 UJI COBA PROGRAM Emulator NetBeans Emulator KToolbar Sony Ericsson W810i PDA HTC Dual Touch PDA O2 Atom IMO W8000 Uji Coba Halaman Alert Nilai Tes IQ

33 3.5 UJI COBA PROGRAM Emulator NetBeans Emulator KToolbar Sony Ericsson W810i PDA HTC Dual Touch PDA O2 Atom IMO W8000 Uji Coba Halaman Petunjuk

34 3.5 UJI COBA PROGRAM Emulator NetBeans Emulator KToolbar Sony Ericsson W810i PDA HTC Dual Touch PDA O2 Atom IMO W8000 Uji Coba Halaman Tentang

35 3.5 UJI COBA PROGRAM Emulator NetBeans Emulator KToolbar Sony Ericsson W810i PDA HTC Dual Touch PDA O2 Atom IMO W8000 Uji Coba Halaman Alert Keluar

36 APLIKASI TES IQ DENGAN MENGGUNAKAN JAVA 2 MICRO EDITION PADA PERANGKAT MOBILE 4. PENUTUP

37 4.1 KESIMPULAN Dengan dibuatnya aplikasi tes IQ mobile ini pengguna telepon genggam dapat dimudahkan untuk mengetahui tingkatan kecerdasan yang dimilikinya dengan cepat, akurat, gratis, setiap saat, kapan saja dan dimana saja.

38 4.2 SARAN Aplikasi tes IQ mobile ini masih sederhana, saran untuk pengembang dan penyempurna selanjutnya adalah penambahan database untuk menampilkan nilai IQ tertinggi pengguna dan pengaturan volume suara.


Download ppt "APLIKASI TES IQ DENGAN MENGGUNAKAN JAVA 2 MICRO EDITION PADA PERANGKAT MOBILE 1. PENDAHULUAN."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google