Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Tujuan Belajar : Setelah mempelajari bab ini, mahasiswa diharapkan mampu : Menjelaskan pengertian angka indeks. Menyebutkan berbagai macam angka indeks.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Tujuan Belajar : Setelah mempelajari bab ini, mahasiswa diharapkan mampu : Menjelaskan pengertian angka indeks. Menyebutkan berbagai macam angka indeks."— Transcript presentasi:

1

2 Tujuan Belajar : Setelah mempelajari bab ini, mahasiswa diharapkan mampu : Menjelaskan pengertian angka indeks. Menyebutkan berbagai macam angka indeks. Menghitung berbagai macam angka indeks dan menginterpretasikannya. Menguji angka indeks dan mendeflasikan data berkala.

3 Pengertian Angka Indeks Angka Indeks atau sering disebut indeks saja, pada dasarnya merupakan suatu angka yang dibuat sedemikian rupa sehingga dapat dipergunakan untuk melakukan perbandingan antara kegiatan yang sama dalam waktu yang berbeda.

4 Tujuan pembuatan angka indeks : Untuk mengukur kuantitatif terjadinya perubahan dalam dua waktu yang berlainan. Untuk kepentingan pemantauan atau evaluasi.

5 Dalam angka indeks dikenal dua jenis periode, yaitu : Waktu Dasar Periode yang dipakai sebagai dasar dalam membandingkan kegiatan tersebut. Waktu dasar biasanya dinyatakan dalam angka indeks, sebesar 100. Waktu Berjalan / Bersangkutan Periode yang dipakai yang sedang berjalan atau periode yang diperbandingkan dalam kegiatan tersebut.

6 Perumusan tentang jenis data Dalam merumuskan macam data yang akan dibuat, angka indeks hendaknya sesuai dengan tujuan penggunaan angka indeks tersebut serta harus menggunakan ukuran yang sama.

7 Pemilihan Waktu Dasar Dalam pemilihan waktu dasar, ada beberapa hal yang perlu mendapatkan perhatian, yaitu : Waktu dasar hendaknya merupakan waktu yang mempunyai keadaan perekonomian relatif mantap atau stabil. Waktu dasar jangan terlalu jauh dari waktu-waktu yang dibandingkan, usahakan paling lama 10 tahun dan lebih baik kurang dari 5 tahun. Untuk keperluan tertentu, waktu dasar tidak perlu ditetapkan, sebab telah ditetapkan dari tujuan penggunaan angka indeks bersangkutan. Waktu dimana terjadinya peristiwa penting, misal jika suatu perusahaan dalam membuat indeks produksi atau hasil penjualan menggunakan waktu dasar pada saat direktur produksi yang baru diangkat. Waktu dimana tersedia data untuk keperluan timbangan.

8 Indeks Harga Relatif Sederhana dan Indeks Agregatif. Indeks Harga Relatif Sederhana ialah indeks yang terdiri dari satu macam barang saja, baik untuk indeks produksi maupun indeks harga. Indeks Agregatif merupakan indeks yang terdiri dari beberapa barang.

9 Rumus Indeks Harga Relatif Sederhana : I t,0 = indeks harga pada waktu t dengan waktu dasar 0 P t = harga pada waktu t P 0 = harga pada waktu 0 Rumus untuk menghitung indeks produksi sama seperti untuk menghitung indeks harga, hanya notasi p diganti dengan notasi q.

10 Indeks Agregatif Tidak Tertimbang Indeks Agregatif tidak tertimbang digunakan untuk unit- unit yang mempunyai satuan yang sama. Indeks ini diperoleh dengan jalan membagi hasil penjumlahan harga pada waktu yang bersangkutan dengan hasil penjumlahan harga pada waktu dasar. Rumus Indeks Agregatif Tidak Tertimbang :

11 Indeks Agregatif Tertimbang Indeks agregatif tertimbang ialah indeks yang dalam pembuatannya telah dipertimbangkan faktor-faktor yang akan mempengaruhi naik turunnya angka indeks tersebut. Timbangan yang akan dipergunakan untuk pembuatan indeks biasanya : 1.Kepentingan relatif 2.Hal-hal yang ada hubungannya atau ada pengaruhnya terhadap naik turunnya indeks tersebut.

12 Kelemahan indeks harga agregatif tidak tertimbang ini ialah : Satuan atau unit harga barang sangat mempengaruhi indeks harga. Tidak memperhitungkan kepentingan relatif barang-barang yang tercakup dalam pembuatan indeks.

13 Indeks Rata-rata Harga Relatif Indeks rata-rata harga relatif dinyatakan oleh persamaan berikut : Dimana, n adalah banyaknya jenis barang.

14 Rumus-rumus Angka Indeks Tertimbang Rumus Laspeyres Indeks Harga Agregatif Tertimbang Indeks Produksi Agregatif Tertimbang L= Laspeyres p t = harga waktu t p 0 = harga waktu 0 q t = produksi waktu 0 q 0 = produksi waktu 0

15 Rumus Paasche Indeks Harga Agregatif Tertimbang Indeks Produksi Agregatif Tertimbang


Download ppt "Tujuan Belajar : Setelah mempelajari bab ini, mahasiswa diharapkan mampu : Menjelaskan pengertian angka indeks. Menyebutkan berbagai macam angka indeks."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google