Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI - B PERTEMUAN - 5. PERINTAH DASAR LINUX Proses untuk masuk ke sistem Linux disebut login (logging in), logging on atau sign.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI - B PERTEMUAN - 5. PERINTAH DASAR LINUX Proses untuk masuk ke sistem Linux disebut login (logging in), logging on atau sign."— Transcript presentasi:

1 PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI - B PERTEMUAN - 5

2 PERINTAH DASAR LINUX Proses untuk masuk ke sistem Linux disebut login (logging in), logging on atau sign on. Tujuan login adalah :  Sistem akan melakukan pengecekan berhak tidaknya pemakai menggunakan sistem  Sistem akan melakukan berbagai pengaturan environment yang sesuai dengan pemakai (misalnya shell yang digunakan) Sebelum melakukan proses login, pemakai harus terlebih dahulu mengetahui nama pemakai (user name) atau nama login (login name) yang digunakan. Nama tersebut dibuat oleh system administrator (orang yang bertanggung jawab terhadap administrasi sistem). Proses masuk ke sistem dapat dilakukan pada saat terminal menampakkan prompt berikut : ubuntu login :_ Huruf kapital dan huruf kecil mempunyai makna yang berbeda misalnya user1 berbeda dengan User1 maupun USER1. Ketik nama login dan passwordnya. Contoh : ubuntu login : user1 password : (nama password)

3 Password yang diketik pemakai tidak tidak ditampilkan dilayar. Ini semata-mata untuk menjaga rahasia agar tidak diketahui orang lain. Jika nama login dan password benar maka pemakai berhak memakai sistem. Seluruh sintaks dalam Linux adalah case sensitive, artinya antara huruf besar dan huruf kecil memiliki arti yang berbeda, misalnya ls akan dianggap berbeda dengan LS. Secara umum, perintah- perintah Linux memiliki sintaks sebagai berikut : perintah [option…] [argumen…]  Option, merupakan pilihan yang dapat kita gunakan untuk memberikan hasl tertentu dari suatu perintah  Argumen, merupakan sesuatu yang akan diproses oleh perintah, misalkan nama file atau direktori  Menunjukkan bahwa baik option maupun argumen dapat lebih dari satu

4 MAN Perintah untuk memunculkan online help, mirip dengan perintah help pada sistem operasi MS- DOS. Syntax : $ man Contoh : $ man ls (untuk keluar menu tekan tombol q) CLEAR Perintah clear ini mirip dengan cls pada DOS yang gunanya membersihkan layar Syntax : $ clear DATE Melihat tanggal dari system Syntax : $ date WHO dan WHOAMI Perintah ini bermanfaat untuk mengetahui mereka yang sedang memakai sistem Syntax : $ who $ whoami PS Perintah ini digunakan untuk melihat setiap proses yang dijalankan di dalam mesin beserta nomor prosesnya. Syntax : $ ps [option] KILL Perintah kill (mematikan) sesuai namanya adalah berfungsi untuk mengirimkan signal ke suatu proses. Sehingga bisa memerintahkan apakah suatu proses ditunda, dihentikan atau dilanjutkan. Tetapi paling sering digunakan untukmematikan proses yang sedang berjalan. Syntax : $ kill

5 LS Perintah ini sama seperti dir pada DOS yaitu berfungsi untuk menampilkan isi dari suatu directory beserta atribut-atribut filenya. Syntax : ls [option] /directory Option : -aMenampilkan semua file atau direktori, termasuk yang berawalan dengan titik. Pada Linux, file yang berawalan dengan titik dianggap sebagai hidden (disembunyikan) dan tidak akan terlihat -lMenampilkan file dan direktori dalam tampilan lengkap, yaitu terdiri dari nama file, ukuran, tanggal dimodifikasi, pemilik, group dan mode atributnya -RJika terdapat direktori, isi direktori itu akan ditampilkan juga Contoh : ls /home (melihat isi direktori home) MKDIR (make directory) Perintah mkdir ekivalen dengan md (make directory) pada DOS yang berguna untuk membuat sebuah directory. Syntax : $ mkdir Contoh : mkdir latihan (membuat direktori dengan nama latihan)

6 CD (change directory) Syntax : $ cd Penjelasan : Perintah cd ekivalen dengan cd (make directory) pada DOS yang berguna untuk membuka sebuah directory. Contoh : cd latihan (masuk ke dalam direktori latihan) RM dan RMDIR Perintah rm adalah perintah untuk menghapus file. Untuk directory dapat digunakan rmdir Syntax : $ rm $ rmdir Contoh : rmdir latihan2 (menghapus direktori latihan2) PWD Digunakan untuk mengetahui di direktori mana sekarang berada. Syntax : $ pwd FIND Dari namanya sudah dapat diterka bahwa perintah ini berfungsi untuk mencari file ataupun directori. Syntax : $ find /path [option]

7 REDIRECTION Fasilitas redirection memungkinkan kita untuk dapat menyimpan output dari sebuah proses untuk disimpan ke file lain (Output Redirection) atau sebaliknya menggunakan isi dari file sebagai input dalam suatu proses (Input redirection). Komponen-komponen dari redirection adalah, > Untuk lebih jelas nya akan di berikan contoh untuk masing-masing redirection : Output Redirection Syntax : $ cat > (namafile) Contoh : Membuat File dengan nama biodata $ cat biodata Nama : Yudi Irawan Tempat/Tgl.Lahir : Jakarta, April 1975 Alamat : Depok ^D Melihat isi file biodata $ cat biodata Penambahan untuk file biodata $cat >> biodata Telepon : ^D Disini kita melihat bahwa output dari perintah cat akan di belokkan (redirect) ke sebuah file dengan nama biodata.

8 Pipeline Pipeline ( | ) adalah fasilitas di shell UNIX yang berfungsi untuk memberikan input dari suatu proses dari output proses yang lain. Misalnya : Sebelum kita gunakan pipeline $ find * biodata latihan latihan2 latihan2/latihan Setelah kita gunakan pipeline $ find * | grep biodata biodata Pada contoh pipeline di atas, mempunyai arti bahwa output dari perintah find menjadi input dari perintah grep yang kemudian hanya mengambil kata "biodata" dari output find.

9 Shell (bash command) Shell adalah sebuah program yang membaca input standar yaitu keyboard. Ketika kita mengetikkan sesuatu di keyboard maka shell akan menafsirkan apa yang kita ketikkan. Sebagai contoh apabila kita ketikkan ls pada shell dan ls ternyata merupakan program yang dapat di eksekusi maka shell akan menjalankan program tersebut. Misal : $ ls biodata latihan latihan2 latihan2/latihan $ hello bash: hello: command not found Kita dapat melihat bahwa ketika ls kita ketikkan maka program ls dijalankan, sedangkan apabila kita jalankan hello dan karena memang tidak ada program hello maka shell tidak dapat mengeksekusinya.

10 CAT (concatenate) Penjelasan : Menampilkan isi dari suatu file teks. Perintah ini juga dapat digunakan untuk membuat sebuah file teks. Untuk menyimpan file tekan CTRL+D. Syntax : cat namafile cat > namafile Contoh :  cat biodata (melihat isi file teks biodata)  cat > dosen.txt (membuat file teks dosen.txt. Untuk menyimpan file tekan CTRL+D) WC Penjelasan : Menghitung baris, kata dan karakter suatu file teks Syntax : wc namafile Contoh :  wc biodata (melihat jumlah baris, kata dan karakter pada file biodata.txt)

11 SORT Penjelasan : Mengurutkan data suatu file teks Syntax : sort namafile Contoh : sort biodata (mengurutkan data pada file biodata) HEAD Penjelasan : Menampilkan bagian awal dari suatu data pada file teks Syntax : head [-jumlah] namafile Contoh : head -2 biodata (melihat dua kalimat awal pada file biodata) TAIL Penjelasan : Menampilkan bagian akhir dari suatu data pada file teks Syntax : tail [-jumlah] namafile Contoh : tail -1 biodata (melihat kalimat terakhir pada file biodata)


Download ppt "PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI - B PERTEMUAN - 5. PERINTAH DASAR LINUX Proses untuk masuk ke sistem Linux disebut login (logging in), logging on atau sign."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google