Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Sel Hewan Addiena Saniscara (01) Aisyah Rahadi Safitri (02) Amalia Citra Kusumawati(04) Ehga Ayodya Rahmawati (09) Fatima Salsabila Dhata (10) Laela Dewi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Sel Hewan Addiena Saniscara (01) Aisyah Rahadi Safitri (02) Amalia Citra Kusumawati(04) Ehga Ayodya Rahmawati (09) Fatima Salsabila Dhata (10) Laela Dewi."— Transcript presentasi:

1 Sel Hewan Addiena Saniscara (01) Aisyah Rahadi Safitri (02) Amalia Citra Kusumawati(04) Ehga Ayodya Rahmawati (09) Fatima Salsabila Dhata (10) Laela Dewi Maharani (13) Gilang zanu Ardhianto (26) Kenjee (27)

2 Daftar Isi : Perbedaan Sel Hewan dan Tumbuhan Sel Hewan Sistem EndomembranPerkembangbiakan Sel

3 Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

4

5 Membran Sel Bagian sel yang paling luar yang membatasi isi sel dan sekitarnya. Penyususun : Lemak dan Protein  Lipoprotein Sifat : Semipermeabel atau selektif permeable Fungsi : 1.Melindungi sel 2.Mengatur keluar masuk dan keluar zat dari sel  Menerima rangsangan dari luar ( reseptor )  Tempat terjadinya beberapa reaksi kimia

6 Sitoplasma Sitoplasma merupakan cairan sel yang terdapat dalam sel,kecuali di inti dan organel sel Sifat : koloid Sifat dari koloid antara lain terjadi = 1. Gerak Brown, ( gerak acak,zig-zag,tidak teratur ). 2. Efek Tyndall, ( memantulkan cahaya ). 3. Elektroforesis, ( menghantarkan arus listrik ). 4. Gerak Rotasi, ( memutari vakuola ). 5. Siklosis, (berupa arus yang melingkar,banyak air).

7 Koloid dalam sitoplasma dapat mengalami perubahan dari fase sol ke gel atau sebaliknya. Fase sol  kosentrasi air tinggi Fase gel  kosentrasi air rendah Fungsi : 1.Tempat penyimpanan bahan kimia ( enzim,ion,protein,gula,lemak). 2.Tempat metabolisme sel. 3.Pertukaran zat ( transport sel )

8 Nukleus Penyusun : Lipoprotein (lemak dan protein) Di dalam inti terdapat : 1.Nukleolus ( anak inti) Berfungsi menyintesis berbagai macam molekul RNA yang digunakan dalam perakitan ribosom 2. Nukleoplasma (cairan inti) Merupakan zat yang tersusun dari protein

9 3. Butiran kromatin  Terdapat dalam nukleoplasma  Butiran kromatin yang menebal menjadi struktur seperti benang yang disebut kromosom.  Kromosom mengandung DNA yang berfungsi menyampaikan informasi genetic melalui sintesis protein. Fungsi :  Mengendalikan seluruh kegiatan sel, contoh : metabolisme.  Mengatur pembelahan sel.  Mengeluarkan RNA dan unit ribosom dari inti sel ke sitoplasma.  Membawa informasi genetik (DNA).

10 Mitokondria Merupakan tempat pembentukan sumber energi. Umumnya dimiliki semua sel hidup, karena fungsinya yang sangat penting, yaitu menghasilkan energi melalui proses respirasi sel (reaksi antara bahan makanan dengan oksigen dan menghasilkan energi) Terdiri dari dua lapis membrane : 1.Membrane luar  dapat dilalui molekul kecil dan tidak dapat dilalui protein dan membrane besar

11 2. Membrane dalam Dibagi menjadi dua ruang,yaitu: 1. Ruang Intermembran - Ruangan diantara membrane luar dan membrane dalam 2. Matriks Mitokondria - Merupakan ruang yang diselubungi oleh membrane dalam - Matriks juga banyak mengandung protein dan DNA, ribosom, dan beberapa jenis RNA

12 Lisosom Merupakan organel berbentuk oval atau bundar yang dibatasi oleh membran tunggal dan berisi sejumlah enzim pencernaan. Lisosom berfungsi juga untuk mencernakan organel-organel sel yang telah rusak atau sudah tua. Kemudian tempat organel yang dicernakan tadi akan diisi oleh organel baru.

13 Peroksisom  merupakan suatu organel yang mirip dengan lisosom tetapi biasanya berukuran lebih kecil, mengandung banyak enzim yang berhubungan dengan metabolisme H2O2. Salah satu contohnya adalah enzim katalase.

14 Ribosom Ribosom adalah organel kecil dan padat dalam sel yang berfungsi sebagai tempat sintesis protein. Ribosom berdiameter sekitar 20 nm serta terdiri atas 65% RNA ribosom (rRNA) dan 35% protein ribosom (disebut Ribonukleoprotein atau RNP). Organel ini menerjemahkan mRNA untuk membentuk rantai polipeptida (yaitu protein) menggunakan asam amino yang dibawa oleh tRNA pada proses translasi. Di dalam sel, ribosom tersuspensi di dalam sitosol atau terikat pada retikulum endoplasma kasar, pada membran inti sel.

15 Retikulum Endoplasma Retikulum Endoplasma merupakan bagian sel yang terdiri atas sistem membran. Di sekitar Retikulum Endoplasma adalah bagian sitoplasma yang disebut sitosol. Retikulum Endoplasma sendiri terdiri atas ruangan- ruangan kosong yang ditutupi dengan membran dengan ketebalan 4 nm (nanometer, 10-9 meter). Membran ini berhubungan langsung dengan selimut nukleus atau nuclear envelope.

16 Retikulum Endoplasma dibagi menjadi 2,yaitu: 1.Retikulum Endoplasma Kasar Kegunaan : untuk mengisolir dan membawa protein tersebut ke bagian- bagian sel lainnya. Kebanyakan protein tersebut tidak diperlukan sel dalam jumlah banyak dan biasanya akan dikeluarkan dari sel. Contoh protein tersebut adalah enzim dan hormon. 2. Retikulum Endoplasma Kasar Kegunaan : untuk membentuk lemak dan steroid. Sel-sel yang sebagian besar terdiri dari Retikulum Endoplasma Halus terdapat di beberapa organ seperti hati.

17 Badan Golgi Badan Golgi (disebut juga aparatus Golgi, kompleks Golgi atau diktiosom) adalah organel yang dikaitkan dengan fungsi ekskresi sel, dan struktur ini dapat dilihat dengan menggunakan mikroskop cahaya biasa. Organel ini terdapat hampir di semua sel eukariotik dan banyak dijumpai pada organ tubuh yang melaksanakan fungsi ekskresi, misalnya ginjal. Setiap sel hewan memiliki 10 hingga 20 badan Golgi, sedangkan sel tumbuhan memiliki hingga ratusan badan Golgi

18 Sentriol Sentriol adalah sebuah organel berbentuk tabung yang biasa ditemukan Hewan Bersel Eukariot. Dinding sel di tiap sentriol biasanya terdiri dari Sembilan 3 pasang Mikrotubulas(Protein Sitoskeleton). Sentrosom merupakan wilayah yang terdiri dari sepasang sentriol yang terjadi ketika pembelahan sel, dimana nantinya tiap sentriol ini akan bergerak ke bagian kutub-kutub sel yang sedang membelah. Pada siklus sel di tahapan interfase, terdapat fase S yang terdiri dari tahap duplikasi kromoseom, kondensasi kromoson, dan duplikasi sentrosom. Sentriol merupakan bagian dari sentrosom. Sentriol akan berubah menjadi sentrosom ketika suatu sel akan membelah. Perubahan ini ditandai dengan pembentukan sentriol yang saling berpasangan. Sentriol yang berpasangan, diatur secara tegak lurus dan diselimuti oleh gumpalan besar tidak terbentuk yang terbuat dari material-material padat(Biasanya diketahui sebagai Material Pericentriolar) mendasari struktur persenyawaan yang biasa diketahui sebagai sentrosom.

19

20 Sitoskeleton Sitoskeleton atau kerangka sel adalah jaring berkas- berkas protein yang menyusun sitoplasma dalam sel. Dengan adanya sitoskeleton, sel dapat memiliki bentuk yang kokoh, berubah bentuk, mampu mengatur posisi organel, berenang, serta merayap di permukaan. Sitoskeleton eukariota terdiri dari tiga tipe dasar, yaitu mikrofilamen, mikrotubulus, dan intermediat filamen. Ketiga filamen ini terhubung satu sama lain dan saling berkoordinasi.

21 Pengertian Sistem Endomembran Adalah himpunan membran yang membentuk unit fungsional dan perkembangan tunggal, baik yang terhubung bersama-sama secara langsung, atau bertukar materi melalui transportasi vesikel.

22  Terdiri dari membran yang berbeda yang tersuspensi dalam sitoplasma dalam sel eukariotik. Membran ini membagi sel ke kompartemen fungsional dan struktural, atau organel.  Yang termasuk sistem endomembran; 1. Selubung Nukleus 2. Retikulum Endoplasma 3. Badan Golgi 4. Lisosom 5. Membran Plasma

23 Fungsi Sintesis dan modifikasi protein serta transpor protein ke membran dan organel atau ke luar sel, sintesis lipid, dan penetralan beberapa jenis racun.

24

25 Terimakasih

26 PERTANYAAN... 1.Citra : apa reaksi kimia yang terjadi di membran? 2.Aulia : mRNA itu apa? 3.Marda : selektif permeable dan semi permeable itu apa? 4.Galuh : proses translasi itu apa yaaa? 5. Nada : transportasi vesicle itu apa?


Download ppt "Sel Hewan Addiena Saniscara (01) Aisyah Rahadi Safitri (02) Amalia Citra Kusumawati(04) Ehga Ayodya Rahmawati (09) Fatima Salsabila Dhata (10) Laela Dewi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google