Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Physics Voltage Sources ( Sumber Tegangan Listrik) Pembimbing: Pak Hasan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Physics Voltage Sources ( Sumber Tegangan Listrik) Pembimbing: Pak Hasan."— Transcript presentasi:

1 Physics Voltage Sources ( Sumber Tegangan Listrik) Pembimbing: Pak Hasan

2 Kelompok I –Anggota: Abdul Basith Kamaludin( 01 ) Nur Rahma Fanania( 02) Azimah Nurin Nafilah( 09) Delvi Rizqi Ramadini( 10 )

3 Sumber Tegangan Listrik Gaya Gerak Listrik Suatu Sumber Tegangan Listrik Elemen Listrik Primer dan Elemen Sekunder Mengukur Beda Potensial Sumber Tegangan Listrik dan Alat Listrik

4 Elemen Listrik Primer Elemen Volta Elemen Leclanche Elemen Daniell Elemen kering ( Batu Baterai )

5 Pengertian Reaksi kimia Kelemahan Cara Mengalirkan Listrik

6 Pengertian Elemen Volta merupakan elemen listrik primer yang ditemukan oleh Alexandro Volta Elemen volta terdiri atas 2 lempeng logam yang terbuat dari tembaga sebagai Anode (+) dan seng sebagai katode (-). Penghantar yang digunakan adalah larutan asam sulfat.

7 Cara mengalirkan listriknya adalah dengan menghubungkan anode dan katode ke kawat penghantar dan lampu, sehingga arus akan mengalir dari lempeng seng (-) ke tembaga (+).

8 Reaksi Kimia Reaksi kimia antar lempeng-lempeng logam dan larutan elektrolit dapat menghasilkan arus yang dapat membuat lampu menyala Elemen Volta mengubah energi kimia menjadi energi listrik

9 Kelemahan Kelemahan elemen volta yaitu hanya dapat bekerja dalam waktu yang relatif singkat karena setiap terjadinya reaksi akan menimbulkan gelembung-gelembung gas hidrogen yang menutupi lempeng tembaga. Peristiwa ini disebut polarisasi. Terjadinya polarisasi meneybabkan elemen volta tidak cocok digunakan untuk keperluan sehari-hari. Dan untuk menghidupkan lampunya lagi, gelembung harus dibersihkan.

10 Thank You For Your Attention


Download ppt "Physics Voltage Sources ( Sumber Tegangan Listrik) Pembimbing: Pak Hasan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google