Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PRINSIP KERJA KOMPUTER. Pokok bahasan Prinsip Kerja Komputer CPU reset Power-On-Self-Test (POST) Disk Boot.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PRINSIP KERJA KOMPUTER. Pokok bahasan Prinsip Kerja Komputer CPU reset Power-On-Self-Test (POST) Disk Boot."— Transcript presentasi:

1 PRINSIP KERJA KOMPUTER

2 Pokok bahasan Prinsip Kerja Komputer CPU reset Power-On-Self-Test (POST) Disk Boot

3 Cara kerja Komputer Setiap kali sebuah komputer diaktifkan sebuah proses yang disebut booting akan terjadi. Ada 3 tahapan proses booting, yaitu : CPU reset Power-On-Self-Test (POST) Disk Boot

4 CPU reset CPU reset merupakan proses yang dilakukan PC pertama kali, untuk memulai semua aktivitas. CPU reset biasanya dipicu oleh tombol power, namun bisa juga dilakukan darijaringan atau sistem lain. Setelah CPU akttif maka basic input output System (BIOS) juga akan aktif.

5 Power-On-Self-Test (POST) Akan melakukan testing terhadap komponen dasar dari komputer. Ketika CPU mengaktifkan BIOS, program POST dijalankan. Pertama kali yang akan diperiksa oleh POST adalah integritas CPU dan program POST itu sendiri. Selebihnya program POST akan memeriksa disk drive, monitor, RAM dan Keyboard Pada saat BIOS sudah aktif dan POST belum selesai dilakukan. Anda dapat menginterupsi proses booting dan melakukan konfigurasi CMOS

6 Cont’d CMOS merupakan memori kecil untuk menyimpan BIOS beserta konfigurasi pentingnya seperti media yang melakukan booting, pengaturan processor, memori, dan banyak lagi. Disini juga disimpan waktu dan penanggalan yang akurat untuk komputer. CMOS dilengkapi dengan baterai khusus agar data-data di dalamnya tidak hilang.

7 Disk Boot Dibutuhkan setelah POST selesai karena komputer telah siap menjalankan sistem operasi yang sangat berguna untuk menghubungkan manusia dengan komputer. Untuk melanjutkan penggunaan komputer, disk boot mutlak harus ada apapun medianya. Pengaturan media mana yang akan menjadi disk boot bisa anda lakukan di dalam BIOS. setelah semuanya selesai, anda sudah siap untuk menggunakan komputer

8 LOADING SISTEM OPERASI Setelah 3 proses awal dilewati maka komputer akan dikendalikan menggunakan sistem operasi. 3 hal yang penting yang harus dimengerti tentang sistem operasi adalah cara kerja sistem operasi itu sendiri (kernel), file system dan user interface (shell) dan aplikasi yang berjalan diatasnya.

9 BIOS Program BIOS (Basic Input Output System) adalah program komputer standar ysng terpasang dalam motherboard. Program ini disimpan dalam chip IC yang disebut ROM (Read Only Memory) dan selalu bekerja mengontrol hardware yang terpasang pada motherboard meskipun komputer tidak dipakai (dimatikan). Hal ini dimungkinkan oleh adanya baterai kecil yang terpasang pada motherboard.

10 Cont’d BIOS (Basic Input Output System) adalah kode untuk fungsi-fungsi fundamental PC seperti mengumpulkan ketukan tombol dari keyoard atau meletakkan pixel ke layar. Program kecil ini bekerja dibalik layar, menerjemahkan perintah windows yang people-friendly menjadi angka nol dan satu yang hanya dimengrti oleh hardware.

11 Utilitas Setup Jika BIOS adalah bawah sadar PC maka utilitas setup merupakan pondasi untuk membangun karakter PC. Utilitas tersebut memiliki setting untuk mengontrol harddisk, memori, kartu grafis, power saving, port USB, dan hardware lainnya. Karena utilitas dibuat oleh pembuat BIOS dan berada dalam chip yang sama dengan BIOS, ini sering disebut utilitas BIOS setup. Karena utilitas ini menyimpan settingnya di chip clock /calander – chip cemplementary metal-oxide semicondutor, atau CMOS maka sering pula disebut sebagai program setup CMOS.

12 Teknis setup BIOS Hal pertama yang perlu anda ingat sebelum melakukan setup BIOS adalah jangan sampai merusak. Ketika bekerja dengan utilitas setup PC, gunakan petunjuk praktis yang diajarkan pada bedah awal bedah otak : “ Bila anda tidak tahu apa yang sedang anda lakukan,lebih baik jangan berurusan dengannya.” Kecerobohan mengubah wait state atau setting lainnya dapat menurunkan kinerja atau bahkan menyebabkan sistem mengalami crash.

13 Apa yang dicari? Setting bervariasi menurut manufaktur dan model dan anda seharusnya menemukan di hampir semua PC : 1. Optimalisasi dan kompatibilitas setting 2. Setting Harddisk 3. Floppy Disk 4. Urutan booting

14 Cont’d 5. Proteksi Password 6. Setting IRQ 7. Setting port paralel 8. Kipas RPM dan temperatur CPU

15 Bantuan hardware Offline Internet salah satu cara untuk menemukan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan seputar hardware, tetapi menyelidiki situs-situs web untuk mendapatkan jawaban yang bisa dipercaya akan menghabiskan waktu. Kadangkala cara tercepat untuk mendapat jawaban adalah : Dengan buku referensi yang baik. Di bawah ini adalah dua referensi yang cukup baik :

16 Cont’d 1. Upgrading and Repairing PCs (www.upgradingandrepairing.com) karya Scott Mueller merupakan buku klasik yang mencakup segala sesuatu yang anda butuhkan tentang PC dan hal-hal yang mungkin anda tidak ketahui.www.upgradingandrepairing.com

17 Cont’d PC hardware in a Nutshell (www.oreilly.com/catalog/pchardnut2) oleh barbara Fritchman thompson dan robert bruce thompson merupakan panduan prkatis yang bagus untuk membeli dan menggunakan PCwww.oreilly.com/catalog/pchardnut2

18 Daftar pustaka Daulay Syafrizal Melwin.2007.Mengenal Hardware-Software dan pengelolaan instalasi komputer. Andi; Yogyakarta.

19 TERIMA KASIH


Download ppt "PRINSIP KERJA KOMPUTER. Pokok bahasan Prinsip Kerja Komputer CPU reset Power-On-Self-Test (POST) Disk Boot."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google