Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

19 April 201519 April 201519 April 20151 APLIKASI KOMPUTER BAB I. PENDAHULUAN Oleh: IR ENDY SJAIFUL ALIM, MT UNIVERSITAS MUH PROF DR HAMKA.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "19 April 201519 April 201519 April 20151 APLIKASI KOMPUTER BAB I. PENDAHULUAN Oleh: IR ENDY SJAIFUL ALIM, MT UNIVERSITAS MUH PROF DR HAMKA."— Transcript presentasi:

1 19 April April April APLIKASI KOMPUTER BAB I. PENDAHULUAN Oleh: IR ENDY SJAIFUL ALIM, MT UNIVERSITAS MUH PROF DR HAMKA

2 2010 Sejarah Perkembangan Komputer (APLIKOMP) 2 PERKENALAN ENDY SJAIFUL ALIM, ST. MT. S1 TEKNIK ELEKTRO UMM S2 MAGISTER MIKROELEKTRONIK JL NATUNA NO 9 BLOK U1, SEKTOR 14-5 BSD, TANGERANG WEB :

3 2010 Sejarah Perkembangan Komputer (APLIKOMP) 3 Pendahuluan Komputer yang pertama adalah manusia! Komputer pada awalnya adalah nama jabatan/pekerjaan. Digunakan untuk menggambarkan orang (umumnya wanita) yang pekerjaannya melakukan perhitungan berulang-ulang seperti menghitung tabel posisi planet untuk almanak astronomi, tabel navigasi untuk pelayaran.

4 2010 Sejarah Perkembangan Komputer (APLIKOMP) 4 Lukisan “counting tables”

5 19 April April April DEFINISI KOMPUTER Asal kata: Computer (Inggeris) to compute = menghitung Computare (Latin) Menurut J. C. Keegel: Komputer yaitu suatu mesin elektronik yang dipakai untuk mengolah data, memecahkan masalah, memperlihatkan operasi atau perlakuan tertentu terhadap data dan memberikan hasil dari operasi tersebut. Menurut Edward Humby: Komputer yaitu suatu mesin elektronik yang bisa dipakai untuk mengolah data dengan menggunakan program yang tersedia.

6 19 April April April DEFINISI KOMPUTER (lanjutan) Menurut Robert H. Blissmer: Komputer yaitu suatu mesin elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut: - Menerima input - Memproses input sesuai dengan tugasnya - Menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahan - Menyediakan output dalam bentuk informasi

7 19 April April April DEFINISI KOMPUTER (lanjutan) Menurut Donald H. Sanders: Komputer yaitu suatu sistem elektronik untuk memanipulasi data dengan cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output di bawah pengawasan suatu langkah- langkah instruksi-instruksi program yang tersimpan di memori (stored program).

8 19 April April April DEFINISI KOMPUTER (lanjutan) Pengertian Komputer Secara Umum: Komputer yaitu suatu mesin elektronik yang dapat dipakai untuk mengolah data dengan menggunakan program yang tersedia dan dapat memberikan hasil dari pengolahan tersebut.

9 19 April April April SEJARAH PERKEMBANGAN KOMPUTER Tahun ….. SM: Batu Kerikil digunakan sebagai alat bantu dalam berhitung. Bahasa Latin batu kerikil yaitu: Calculus Dari kata Calculus orang Inggeris menyebut menghitung dengan to calculate. Tahun SM: Tulang dipakai sebagai alat bantu untuk berhitung

10 19 April April April SEJARAH PERKEMBANGAN KOMPUTER Tahun – SM: Petroglyphs yaitu batu karang dipakai untuk berhitung Tahun SM: Lempengan tanah liat yang dipakai untuk berhitung Tahun SM: Abacus dipakai sebagai alat bantu untuk berhitung Di Jepang disebut Soraban, di Cina Suan Pan atau Cipoa, di Indonesia Sempoa, di Yunani Abakion, Sovyet Schyoty

11 19 April April April SEJARAH PERKEMBANGAN KOMPUTER (lanjutan) Tahun 400 SM: Lempengan Kayu dan Kulit Binatang digunakan sebagai alat bantu dalam berhitung. Tahun 1150 M: Kertas pertama kali dipakai sebagai alat bantu untuk menulis dan tempat berhitung

12 19 April April April SEJARAH PERKEMBANGAN KOMPUTER (lanjutan) Tahun 1340 M: Orang Italy menemukan Book Keeping Machine dan disempurnakan tahun 1494 M oleh Luca Pacialo Tahun 1642 M: Blaise Pascal dari Perancis menemukan Adding Machine yaitu alat hitung yang hanya bisa menjumlah Tahun 1673 M: Gottfriez Wilhelm Von Leibnitz dari Jerman menciptakan mesin hitung yang menjumlah dan mengali.

13 19 April April April SEJARAH PERKEMBANGAN KOMPUTER (lanjutan) Tahun 1801 M: Joseph Marie Jacquard dari Perancis membuat Punched Card Machine yang digunakan untuk mengontrol benang pada mesin tenun. Tahun 1812 M: Charles P. Babbage dari Inggeris menemukan Difference Engine untuk berhitung dan disempurnakan tahun 1833 menjadi Analytical Engine yang bisa dipakai untuk berhitung dan menyimpan data, sehingga dianggap sebagai nenek moyang komputer.

14 19 April April April SEJARAH PERKEMBANGAN KOMPUTER (lanjutan) Tahun 1896 M: Dr. Herman Hollerith dari Amerika Serikat membuat alat hitung yang bernama Tabulating Machine untuk keperluan sensus penduduk. Alat ini laris terjual dan Dr. H. Hollerith mendirikan perusahaan yang disebut Tabulating Machine Company. Tahun 1924 perusahaan ini disebut International Business Machine (IBM). Tahun 1911 M: James Powers dari AS membuat mesin penyortir dan mesin pelobang yang disebut Punching Machine.

15 19 April April April SEJARAH PERKEMBANGAN KOMPUTER (lanjutan) Tahun 1944 M: Prof. Howard Aiken dari Haarvard University AS mengkombinasikan penemuan Dr. H. Hollerith dan James Powers, maka tercipta masin yang disebut Automatic Calculating atau Mark I. Mesin ini bisa melakukan solusi perhitungan dalam satu detik secara otomatis. Alat ini merupakan komputer Elektromekanik I. Tahun 1945 M: Hanya setahun setelah ditemukan komputer elektromekanik I, ditemukan pula komputer elektronik I yang bernama: Electro Numerical Integrator and Calculator (ENIAC) Tahun 1952 M: Ditemukan pula komputer Electronic Discrete Variable Automatic Computer (EDVAC) Tahun 1955 M: Dibuat komputer yang disebut Universal Automatic Computer (UNIVAC), merupakan komputer I memakai pita magnetik

16 19 April April April GENERASI KOMPUTER A. Generasi I (1945 – 1959): Alat Elektronik yang dipakai: Vacuum Tube atau Tabung Hampa Ciri-ciri: berat 30 ton, luas tempat 180 m2, dapat melakukan solusi atau perhitungan 300 operasi/detik. B. Generasi II (1959 – 1964): Alat Elektronik yang dipakai: Transistor Ciri-ciri: Fisik makin kecil dan ringan, kerja makin cepat (jutaan operasi/detik), memori makin besar, mulai pakai printer dan disket, sudah pakai bahasa FORTRAN dan COBOL.

17 19 April April April GENERASI KOMPUTER C. Generasi III (1964 – 1970): Alat Elektronik yang dipakai: Integrated Circuit (IC) Ciri-ciri: informasi yang disajikan sangat akurat, pengolahan data sangat cepat, bisa diperluas kemampuannya dengan munculnya unit-unit lain, bisa berkomunikasi D. Generasi IV (1970 – 1980an): Alat Elektroniknya: Microprocessor (microchip) yang merupakan kombinasi dari IC (Large Scale Integration = LSI dan Very Large Scale Integration = VLSI). Ciri-ciri: komputer sangat ringan, harga murah, kerja sangat cepat dan bermacam-macam.

18 19 April April April GENERASI KOMPUTER E. G enerasi V (1980an – Sekarang) Yaitu dimulainya pembuatan personal computer (PC) sejak tahun 1981 yang dipelopori oleh Bill Gates. Komputer ini dikenal dengan IBM-PC menggunakan prosesor Intel 8088 dan Teknologi yang dipakai disebut Josephson Junction menggantikan Microchip yang mempunyai kemampuan memproses data triliunan operasi/detik. F. G enerasi Masa Depan Diduga akan menggunakan Biochip yaitu prosesor yang terbuat dari protein sintetis, sehingga komputer teersebut mampu melihat, mendengar, berbicara dan berfikir seperti manusia.

19 19 April April April KLASIFIKASI KOMPUTER A.Menurut Jenis Data yang Diolah: 1. Komputer Digital, untuk mengolah data secara kuantitatif. Contoh: calculator, cash register, computer 2. Komputer Analog, untuk mengolah data secara kualitatif dan diubah menjadi kuantitatif. Contoh: thermometer, barometer, speedometer 3. Komputer Hibrid, merupakan gabungan antara komputer digital dengan analog. Contoh: komputer pada pompa bensin, komputer pada timbangan

20 19 April April April KLASIFIKASI KOMPUTER (lanjutan) B. Menurut Tujuan Pemakaian: 1. Special Purpose Computer, yaitu komputer yang dipakai untuk tujuan tertentu, biasanya hanya mengerjakan satu bidang tertentu saja. Contoh: komputer pemeriksa orang sakit, pencatat absensi, penembakan rudal, dan sebagainya. 2. General Purpose Computer, yaitu komputer yang digunakan untuk melakukan bermacam-macam pekerjaan. Contoh: komputer yang biasa dipakai sehari-hari (desk top dan laptop)

21 19 April April April KLASIFIKASI KOMPUTER (lanjutan) C. Menurut Ukuran dan Kemampuannya: 1. Super Computer, yaitu komputer yang dapat dipakai oleh ribuan orang dalam waktu yang sama. Komputer ini telah dikekmbangkan sejak 20an tahun yang lalu. Kemampuannya sangat tinggi. Contoh: Cray Computer 2. Large Computer, yaitu komputer yang juga dapat digunakan banyak orang dalam waktu yang sama, tetapi kemampuannya di bawah Super Computer. Contoh: Mainframe Computer

22 19 April April April KLASIFIKASI KOMPUTER (lanjutan) C. Menurut Ukuran dan Kemampuannya: 3. Medium Computer, yaitu komputer mainframe yang lebih kecil 4. Small Computer, komputer mainframe yang paling kecil 5. Mini Computer, yaitu komputer kecil yang mempunyai beberapa terminal 6. Micro Computer, yaitu komputer personal (PC) Contoh: Desktop, Laptop/Notebook, Tablet, Pocket, PDA (Personal Data Assistant)

23 19 April April April SEKIAN TERIMA KASIH


Download ppt "19 April 201519 April 201519 April 20151 APLIKASI KOMPUTER BAB I. PENDAHULUAN Oleh: IR ENDY SJAIFUL ALIM, MT UNIVERSITAS MUH PROF DR HAMKA."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google