Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pencarian Bahan Berita  Bahan berita adalah data yang dikumpulkan wartawan dari berbagai sumber berita untuk diolah menjadi naskah berita.  Bahan berita.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pencarian Bahan Berita  Bahan berita adalah data yang dikumpulkan wartawan dari berbagai sumber berita untuk diolah menjadi naskah berita.  Bahan berita."— Transcript presentasi:

1 Pencarian Bahan Berita  Bahan berita adalah data yang dikumpulkan wartawan dari berbagai sumber berita untuk diolah menjadi naskah berita.  Bahan berita bisa diperoleh dari: 1.Masyarakat dengan inisiatif sendiri menyampaikan data kepada wartawan 2.Memonitor berita-berita media massa cetak dan elektronik dalam dan luar negeri. 3.Mengutip dari kantor berita dalam dan luar negeri (mis: Antara, UPI, AP, AFP, Reuter) 4.Meliput langsung ke sumber berita

2 Meliput langsung ke Sumber Berita  Peliputan langsung ke sumber berita dilakukan dengan cara menyaksikan peristiwa dan atau mewawancara sumber berita manusia.  Upaya pencarian dan pengumpulan bahan berita lebih populer dengan istilah:  Pemburuan berita (news hunting) atau pengumpulan berita (news gathering).  Di kalangan wartawan Indonesia sering disebut dengan peliputan berita atau pengadaan berita.

3 Bagan Alur Berita Bahan Berita Naskah Berita Copy Berita Peristiwa Terduga Tak Terduga Manusia Terlibat Peristiwa Menyaksikan Peristiwa Menangani Peristiwa Ahli tentang suatu hal Name makes news Sumber Berita Berita

4 Penjelasan Alur Berita  Reporter atau Koresponden menyaksikan peristiwa dan atau mewawancarai sumber berita manusia.  Reporter mengumpulkan bahan berita sebagaimana fakta sebagaimana yang disaksikan dan atau sebagaimana yang disampaikan oleh sumber berita.  Reporter menulis Naskah Berita berdasarkan Bahan Berita, lalu menyerahkan Naskah Berita itu ke Redaktur Bidang.  Redaktur menyunting (meng-edit) Naskah Berita tersebut menjadi Copy Berita, lalu menyerahkannya ke Bagian Layout (layoutman -pengatur tata letak).  Layoutman menempatkan Copy Berita itu dalam ruangan media massa, lalu hasil layout itu diserahkan ke percetakan untuk dicetak menjadi Berita.

5 Meliput Peristiwa  Setiap saat terjadi berbagai peristiwa di jagad raya, maka harus jeli mencari peristiwa yang layak diberitakan.  Reporter/Koresponden harus sedapat mungkin berusaha menyaksikan dan mengumpulkan fakta peristiwa secara langsung.  Reporter harus mampu mengumpulkan bahan berita yang memenuhi seluruh jawaban terhadap pertanyaan 5 W + 1 H (what, who, where, when, why, dan how).

6 Meliput Sumber Berita Manusia ⋆ Di dunia ini banyak manusia yang bisa dijadikan sumber berita. Ada yang baru mau mengemukakan pendapatnya kalau diminta (ditanya), ada juga yang menyampaikannya atas inisiatif sendiri. ⋆ Wartawan harus mampu mengumpulkan bahan berita dari siapa saja dan dimana saja, maka seorang wartawan harus mampu bergaul dengan beragam manusia dari berbagai etnis, agama, status sosial, tingkat pendidikan, dan sebagainya. ⋆ Namun tidak semua manusia layak dijadikan sumber berita, karena tidak semua pendapat (opini) manusia mengandung nilai berita (news value).

7 Waspadai Tiga Kecenderungan SB Manusia  Banyak manusia ingin menonjolkan diri, meski tidak tahu tapi dia akan sok tahu.  Banyak manusia yang cenderung menghindari resiko, meski dia tahu tapi kalau informasi itu akan mencelakakan dirinya maka dia akan menutupinya, bahkan membelokkannya.  Banyak manusia yang berusaha mengambil keuntungan dari suatu peristiwa atau situasi di sekitarnya. Jangan sampai kita dijadikan alat untuk mencapai tujuan pribadi sumber berita.


Download ppt "Pencarian Bahan Berita  Bahan berita adalah data yang dikumpulkan wartawan dari berbagai sumber berita untuk diolah menjadi naskah berita.  Bahan berita."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google