Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

YOGI FAJAR PRIYANTO, 6301405553 Pandangan Siswa Tentang Ekstrakurikuler Olahraga Bola Basket Di SMA Negeri 2 Kendal Kabupaten Kendal Tahun Pelajaran 2008/2009.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "YOGI FAJAR PRIYANTO, 6301405553 Pandangan Siswa Tentang Ekstrakurikuler Olahraga Bola Basket Di SMA Negeri 2 Kendal Kabupaten Kendal Tahun Pelajaran 2008/2009."— Transcript presentasi:

1 YOGI FAJAR PRIYANTO, Pandangan Siswa Tentang Ekstrakurikuler Olahraga Bola Basket Di SMA Negeri 2 Kendal Kabupaten Kendal Tahun Pelajaran 2008/2009

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : YOGI FAJAR PRIYANTO - NIM : PRODI : Pendidikan Kepelatihan Olahraga - JURUSAN : Ilmu Kepelatihan Olah Raga - FAKULTAS : Ilmu Keolahragaan - tempepenyet pada domain yahoo.co.id - PEMBIMBING 1 : Drs. Margono, M.Kes - PEMBIMBING 2 : Moh. Senoadji Karyadi, S.Pd - TGL UJIAN :

3 Judul Pandangan Siswa Tentang Ekstrakurikuler Olahraga Bola Basket Di SMA Negeri 2 Kendal Kabupaten Kendal Tahun Pelajaran 2008/2009

4 Abstrak Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana minat siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler olahraga bolabasket di SMA N 2 Kendal Kabupaten Kendal tahun pengajaran 2008 / Subjek penelitian ini adalah siswa/siswi SMA N 2 Kendal. Sedangkan populasinya adalah seluruh siswa/siswi kelas X dan XI SMA N 2 Kendal. Sampel diambil sebanyak 100 siswa/siswi yang terdiri dari 40 siswa/siswi kelas X dan 60 siswa/siswi kelas XI SMA N 2 Kendal. Objek penelitian ini adalah minat siswa yang diukur dengan menggunakan instrumen sikap; keinginan; kesenangan; dan dorongan. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif yang bersifat eksploratif yaitu menggambarkan keadaan yang sebenarnya tentang minat siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler olahraga bolabasket. Data yang diperoleh melalui instrumen yang dituangkan dalam bentuk angket/daftar pertanyaan, kemudian hasil angket tersebut akan diolah dan disajikan dalam bentuk prosentase. Sikap siswa SMA N 2 Kendal terhadap kegiatan ekstrakurikuler olahraga bolabasket mempunyai kategori Baik (74,52%). Hal ini disebabkan karena dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler olahraga bolabasket, siswa selalu mengikuti dengan sungguh- sungguh. Selain itu, siswa selalu mendengarkan anjuran atau masukan-masukan pelatih. Keinginan terhadap kegiatan ekstrakurikuler olahraga bolabasket dalam kategori cukup (71,76%). Hal ini dikarenakan bahwa siswa mempunyai alasan-alasan tersendiri dalam melakukan kegiatan olahraga bolabasket, yaitu dengan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler olahraga siswa mempunyai harapan untuk bisa berolahraga bolabasket, siswa mempunyai keinginan untuk membentuk dan mengembalikan tubuh yang lebih baik, siswa mempunyai keinginan untuk lebih maju, serta siswa mempunyai keinginan untuk berprestasi. Kesenangan siswa mengikuti kegiatan ekstrakurikuler olahraga bolabasket di SMA N 2 Kendal mempunyai kategori cukup (71,16%). Kesenangan mengikuti ekstrakurikuler olahraga bolabasket ini disebabkan adanya hobi siswa sendiri untuk mengikuti olahraga bolabasket, kesenangan siswa lebih mendalami olahraga bolabasket. Dorongan diperoleh kategori cukup (69,64%). Kondisi ini dikarenakan selama ini dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler olahraga bolabasket, siswa belum memperoleh perhatian penuh dari orang tua. Sedangkan hasil penelitian mengenai minat siswa sendiri diperoleh kategori cukup (72,06%). Hal ini dikarenakan siswa SMA N 2 Kendal memahami bahwa dengan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler olahraga bolabasket di sekolah, siswa dapat menyalurkan keinginan mereka untuk berolahraga bolabasket. Selain itu kegiatan ekstrakurikuler olahraga bolabasket juga dapat menciptakan kesenangan pada siswa, karena siswa dapat menyalurkan hobi berolahraga mereka dengan baik.

5 Kata Kunci Minat, Ekstrakurikuler, Olahraga, Bolabasket

6 Referensi Andi. Mappiare Psikologi Remaja. Malang: Usaha Offset. Goleman, Daniel Kecerdasan Emosional. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Hurlock, B. Elizabeth Psikologi Perkembangan, Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga. Shapiro, L Mengajarkan Emosional Inteligence Pada Anak. Terjemahan Alex Tri Kantjono. Jakarta: Buana Printing. Soeparwoto, dkk Psikologi Perkembangan. Cetakan Pertama. Semarang: UPT MKK Universitas Negeri Semarang. Sugiono, 2007, Statistika Untuk Penelitian, Bandung: CV. Alfabeta Suharsimi Arikunto Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta

7 Terima Kasih


Download ppt "YOGI FAJAR PRIYANTO, 6301405553 Pandangan Siswa Tentang Ekstrakurikuler Olahraga Bola Basket Di SMA Negeri 2 Kendal Kabupaten Kendal Tahun Pelajaran 2008/2009."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google